5 Kota di Indonesia yang Pernah Terkena Tsunami

oleh wahyu
09:49 AM on Dec 9, 2014

Sebagai negara kepulauan, wilayah Indonesia dikelilingi oleh banyak lautan. Lokasi geografis Indonesia terletak pada lempeng bumi yang labil, di sisi barat Sumatra, di selatan Jawa ke timur Indonesia dan berputar ke utara melalui Nusa Tenggara, Maluku dan diteruskan ke Sulawesi. Lempeng bumi yang labil ini mempunyai potensi besar terjadinya gempa bumi pada dasar laut dalam yang memungkinkan terjadinya tsunami.

Potensi tersebut menjadi lebih besar lagi karena sebagian besar pusat gempa tektonik terletak di bawah dasar laut dalam yang posisinya relatif dekat dengan pantai terutama barat Sumatra dan pantai selatan Jawa, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Dalam 100 tahun terakhir, tidak kurang dari 100 tsunami terjadi di Indonesia. Beberapa di antaranya memakain korban manusia sampai ribuan orang. Berikut 5 kota di negara yang pernah porak poranda   akibat tsunami.

1. Aceh – Tragedi Yang Menghancurkan Hati Jutaan Orang

Tanggal 26 Desember 2004 tidak akan dilupakan oleh rakyat Aceh. Pada hari itu, pukul 7:58:53 WIB terjadi gempa bumi berkekuatan 9.1 skala Richter di dasar lautan, tepatnya di bujur 3.316° N 95.854° E, kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh. Gempa ini kemudian mengakibatkan tsunami setinggi 30 meter yang gelombangnya menyapu beberapa negara sekaligus, yaitu Indonesia, Sri lanka, India, Thailand, Maladewa dan pesisir timur benua Afrika.

Tsunami Aceh
Tsunami Aceh

Total, lebih dari 230 ribu nyawa melayang atau ribuan lainnya dinyatakan hilang. Jutaan lorang kehilangan tempat tinggal. Tragedi ini menjadi salah satu bencana terdahsyat di Abad ke-21.

Di Aceh sendiri, pemerintahan lumpuh total. Saluran telepon dan penerbangan terputus. Negeri Serambi Makkah seolah terputus dari peradaban. Tercatat lebih dari 126.000 orang meninggal. Paling banyak dari korban di Negara-negara lain. Puluhan gedung hancur oleh gempa, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh. Di Banda Aceh, sekitar 50 persen bangunan rusak terkena tsunami.

Untuk mengenang tragedi ini, di kota Aceh didirikan Museum Tsunami. Dari kejauhan, bentuknya seperti kapal api. Di salah satu dindingnya tertulis nama-nama korban dalam tragedi tersebut.

Selanjutnya: Pangandaran – Tsunami Menyapu Bersih Kehidupan

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA