5 Kota Paling Sepi di Dunia yang Mungkin Kamu Tertarik untuk Jadi Satu-Satunya Penduduk di Sana

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 10, 2015

Pertumbuhan penduduk dunia makin signifikan saja tiap tahunnya. Di Indonesia sendiri jumlahnya diperkirakan hampir mencapai 250 jutaan. Nah, salah satu problem pelik yang muncul dari jumlah penduduk yang membludak ini adalah ketersediaan tempat tinggal. Indonesia pun memang benar-benar mengalami hal ini. Seperti yang kamu lihat, cukup banyak orang-orang yang tak punya tempat tinggal khususnya di perkotaan. Bahkan ada pula yang memanfaatkan fasilitas seperti kolong jembatan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 11 Kota Paling Sepi di Indonesia, Solusi Saat Suntuk dan Butuh Ketenangan

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Keadaan ini sangat timpang dengan beberapa kota di dunia seperti Tawergha di Libya, Varosha di Cyprus dan masih banyak lain. Percaya atau tidak hampir tak ada seorang pun yang tinggal di sana. Padahal bangunan-bangunannya berdiri megah serta punya fasilitas yang lengkap. Namun tentunya ada alasan tersendiri kenapa penduduk aslinya sampai harus pergi di kota kesayangannya itu.

Mungkin akan jadi pengalaman unik tersendiri mengunjungi kota-kota sepi penduduk ini. Bahkan di sana juga terdapat berbagai keunikan yang mungkin akan membuatmu betah menetap. Berikut ulasannya.

1. Tawergha, Libya

Terletak 38 kilometer dari kota Misrata, Tawergha dulunya merupakan salah satu kota indah di Libya. Tempat ini sangat nyaman terlebih dengan kondisi geografisnya yang lumayan dekat dengan lautan. Tawergha juga jadi kota penghasil kurma dan palem berkualitas tinggi. Konstuksi kotanya sendiri sangat rapi dengan bangunan berjajar apik. Namun keindahan kota ini akhirnya berakhir dongeng setelah beberapa tahun lalu Tawergha ikut menanggung dampak dari konflik Ghadaffi.

Sebenarnya kota ini layak dipakai lagi, seandainya tidak banyak ranjau yang berserakan di dalamnya [Image Source]
Sebenarnya kota ini layak dipakai lagi jika seandainya tidak banyak ranjau yang berserakan di dalamnya [Image Source]
Saat konflik pecah, pasukan anti Ghaddafi menempati kota ini dan mengultimatum sekitar 24 ribuan penduduknya untuk pergi atau dihadapkan dengan pembantaian. Alhasil, semua penduduk kota ini pun mengungsi dan menyisakan bangunan-bangunan sepi. Hingga saat ini belum ada satu pun penduduk yang kembali menempati rumah mereka dulu. Bagaimana tidak, kota ini ternyata sudah dipasangi ranjau yang tersebar di penjuru kota.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA