Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia

Ini sekaligus bukti kalau Indonesia itu kaya akan sumber daya

oleh Arief Dian
16:21 PM on Aug 21, 2017

Bisa dibilang kemajuan dan kemakmuran sebuah kota, bisa menjadi acuan kelayakannya untuk dihuni. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang yang akan “berhijrah” ke kota-kota yang dianggap layak untuk mencari penghidupan baru. Istilahnya ingin mengubah nasib.

Masih soal kota layak huni, umumnya untuk menghitung makmur tidaknya sebuah daerah dilihat dari pendapatan perkapita. Dan di Indonesia, ternyata ada lima kota yang paling menonjol dengan pendapatannya yang luar biasa. Jangan kaget kalau nasib seseorang bisa saja berubah saat di sana. Kota mana sajakah itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Bontang kota terkaya di Indonesia

Rupanya predikat kota terkaya di Indonesia disandang oleh Bontang yang ternyata memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Padahal, kota ini hanya terdiri dari tiga kecamatan saja dengan jumlah penduduk sekitar 165 ribu jiwa saja. Namun apa yang membuat kota ini mendapatkan pendapatan perkapita tertinggi di Indonesia? Rupanya selain karena sumber dayanya, banyak pula investor besar luar negeri yang menanamkan saham dan membangun perusahaan di sana.

Kota Bontang [image source]
Misalnya Badak NGL sebuah Perusahaan Tambang Gas Alam LNG, Indominco Mandiri sebuah Perusahaan Tambang Batubara dan lain-lain. Jadi bukan hal yang aneh kalau pendapatan perkapita di sana mencapai nilai Rp.368,05 juta rupiah setiap tahunnya. Bisa beli mobil terus tiap tahun nih.

Mimika Papua juga jadi yang paling kaya

Bukan lagi hal yang aneh kalau pulau paling timur Indonesia sudah terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah. Jadi bukan hal yang aneh kalau salah satu kota di Papua masuk jajaran daerah paling kaya di Indonesia. Ya, rupanya Mimika menghasilkan pendapatan lebih tinggi ketimbang kota lain di Indonesia. Rupanya hal itu juga dipengaruhi dengan adanya perusahaan besar tambang yang ada di sana.

Mimika Papua [image source]
Ya, dengan adanya Freeport, bisa dibilang kalau memberikan sumbangsih besar pada Mimika. Jadi bukan hal yang aneh menurut data BPS 2010 kalau dalam satu tahun di sana bisa menghasilkan PDB Rp.295 juta. Salut deh buat Papua dan Mimika.

Kediri, tidak kalah dengan yang lain

Rupanya kota lain yang menyusul berasal dari jawa timur, tepatnya Kediri. Ya, dari kota ini kita bisa tahu ternyata kota ini memberikan sumbangsih besar pada negara. Dengan jumlah penduduknya yang mencapai 268 ribu jiwa, PDB Kediri menurut BPS masuk dalam angka yang luar biasa. Bayangkan dalam setahun rupanya kota Kediri menghasilkan sampai Rp 315 juta.

kota kediri [image source]
Hal itu merupakan prestasi yang besar terutama untuk kota yang buka merupakan Metropolitan. Rupanya penghasilan besar itu dipengaruhi oleh keberadaan perusahaan rokok besar Gudang Garam yang ada di sana.

DKI Jakarta yang tidak mau ketinggalan

Sebagai ibukota, rupanya Jakarta tidak mau sampai ketinggalan dalam memakmurkan para warganya. Ya, sebenarnya kota Jakarta sendiri berstatus sebagai sebuah provinsi karena pada dasarnya terdiri atas 5 kota dan satu kabupaten. Oleh sebab itu data dari BPS yang diambil adalah pendapatan per kapita provinsi.

DKI Jakarta [image source]
Dengan jumlah hampir 10 juta jiwa, rupanya Pendapatan domestik dari kota ini adalah sekitar Rp 174 juta. Bukan hal yang aneh mengingat jumlah penduduk yang ada di sana juga sangat banyak.

Cilegon, daerah yang kaya baja

Tidak bisa dipungkiri kalau daerah yang satu ini juga dibilang yang paling tajir se-Indonesia. Ya, rupanya dengan adanya industri baja yang ada di sana, kota ini mendapatkan penghasilan domestik yang lumayan besar ketimbang daerah lain. Bayangkan, pendapatan perkapita kota Cilegon bisa mencapai  Rp 173 ribu.

Kota Cilegon [image source]
Itu semua memang karena adanya sebuah pabrik dan industri baja yang ada di sana seperti PT Krakatau Steel dan lain-lain

Bagaimana? Apakah daerah mu masuk dalam jajaran kota-kota kaya itu? Dengan melihat kota-kota dengan pendapatan paling banyak itu kita bisa tahu, ternyata di Indonesia ini memang kaya akan sumber daya alam.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA