in

5 Kota Paling Aman di Dunia ini Bikin Penduduknya Seperti Hidup di Surga

Kota paling aman di dunia

Surga selalu digambarkan sebagai tempat yang tenang dan aman. Tempat di mana semua orang hidup nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan apa pun, lebih-lebih orang jahat yang ingin mencelakakan. Namun, tentu saja tempat seperti ini tidak benar-benar ada di dunia nyata. Mengingat pula aksi terorisme sekarang sudah juga tak lagi memandang tempat. Bahkan kota seaman Brussel pun jadi korban, seperti berita heboh beberapa waktu lalu itu.

Membicarakan kota paling aman seolah mengangkat tema mitos yang diragukan eksistensinya. Namun, siapa sangka jika tempat seperti yang kita pikir itu ternyata memang ada. Ya, sama seperti arti harfiah sebutannya, kota-kota ini sangat-sangat aman. Saking amannya, bahkan kita tak perlu khawatir barang hilang ketika lupa mengunci rumah.

Lalu, di manakah kota-kota paling aman di dunia yang berasa seperti surga ini? Simak ulasannya berikut.

1. Osaka, Kota Paling Aman di Jepang

Sebenarnya, sebagian besar kota-kota di Jepang itu aman. Namun, jika harus dirangking, maka Osaka lah jawaranya. Ya, meskipun Osaka konon dijadikan salah satu markas Yakuza, tapi di sini justru aman luar biasa. Bahkan menurut orang-orang setempat, seorang wanita yang berjalan sendirian jam 12 malam takkan pernah diganggu oleh siapa pun.

Orang-orang Osaka [Image Source]
Orang-orang Osaka [Image Source]
Ada banyak alasan kenapa Osaka sangat aman. Salah satunya adalah sifat orang-orangnya sendiri yang memang pada dasarnya santun dan juga ramah. Di samping itu, kota ini benar-benar penuh kesibukan. Kantor-kantor buka sampai malam. Sehingga sepertinya orang-orang Osaka juga terlalu sibuk dan takkan sempat berbuat hal-hal yang aneh-aneh. Satu lagi, suasana di sini benar-benar nyaman sehingga membawa mood orang-orangnya untuk selalu kalem dan tidak suka marah.

2. Amsterdam, Ketika Penjara Kota Pun Ditutup

Belakangan ada berita menghebohkan soal pemerintah Belanda yang konon akan segera menutup banyak lembaga pemasyarakatan di berbagai kota, termasuk salah satunya Amsterdam. Alasan pemerintah mau menutupnya adalah gara-gara tidak ada lagi penghuninya, dalam arti para napinya. Benar-benar kosong melompong dan hanya menyisakan para sipir yang tidak tahu harus melakukan apalagi biar tidak bosan.

Wanita Amsterdam [Image Source]
Wanita Amsterdam [Image Source]
Kosongnya penjara di Amsterdam ini jadi bukti yang kongkrit kalau kota tersebut benar-benar sangat aman. Hal ini sendiri turut dipengaruhi dari kebiasaan orang-orang Amsterdam yang tidak suka pamer kekayaan. Ya, mereka bahkan lebih suka bersepeda daripada harus punya mobil. Indahnya tata kota Amsterdam sepertinya juga turut memengaruhi sifat-sifat orangnya menjadi lebih ramah dan kalem.

3. Sydney, Kota di Australia yang Paling Aman Untuk Ditinggali

Rata-rata kota di Australia itu enak untuk dijadikan tempat singgah. Namun, dari semuanya mungkin Sydney yang jadi juaranya. Ya, kota ini memiliki segalanya, mulai dari arsitektur bangunan yang oke, tempat ikonik seperti Opera House, ramahnya para penduduk, sampai soal keamanan.

Masyarakat Sydney [Image Source]
Masyarakat Sydney [Image Source]
Tentang keamanan, di Sydney hal tersebut benar-benar terjamin. Tak hanya untuk urusan penanggulangan kriminal saja, tapi juga untuk urusan kesehatan. Ya, di sini banyak berdiri fasilitas kesehatan oke dengan layanan terbaik serta jangkauan biaya untuk semua lapisan masyarakat.

4. Singapura, Kota di Mana Kejahatan Adalah Hal Langka

Sudah bukan rahasia umum lagi soal keamanan di Singapura yang dikatakan paling ketat di dunia. Ya, seperti yang kamu tahu, di sini ada hukuman untuk setiap hal yang tidak sesuai dengan aturan. Dan dipastikan tidak ada yang namanya hukuman ringan di sini. Bahkan membuang sampah saja sudah cukup bikin seseorang merasakan mirisnya dibui.

Peraturan di Singapura [Image Source]
Peraturan di Singapura [Image Source]
Begitu tegasnya pemerintah di sana soal keamanan, membuat daerah ini pernah mendapatkan predikat kota paling aman di muka Bumi. Gara-gara ini pula orang-orang Singapura jadi jarang mendengar ada berita kejahatan. Kalau di Indonesia sih pengulas berita kriminal takkan pernah kehabisan sumber dan kejadian.

5. Stockholm, Kota Paling Aman di Muka Bumi

Sebagai pemungkas, ada Stockholm yang dikatakan sebagai kota paling aman di dunia. Kota yang ada di Swedia ini menawarkan hampir semua hal yang berhubungan dengan keamanan. Mulai dari perlindungan pribadi, kemanan cyber, sampai tentang kesehatan.

Masyarakat Stockholm [Image Source]
Masyarakat Stockholm [Image Source]
Alasan yang membuat Stockholm begitu aman, salah satunya karena negara ini memiliki pendapatan per kapita yang sangat tinggi. Semua orang di sini makmur dan memiliki kemampuan finansial yang bagus. Alhasil, mereka sepertinya tidak perlu sampai berbuat jahat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Inilah deretan kota paling aman di dunia. Ya, tinggal di sini rasanya seperti surga karena kita tidak memiliki alasan untuk tak merasa aman. Tak hanya itu, di sini semua orang juga begitu baik serta memiliki fasilitas dan infrastruktur keamanan yang mumpuni. Ah, andai saja kota-kota di Indonesia bisa seperti salah satu kota di atas.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Ngeri! 5 Hewan ini Punya Kebiasaan Membunuh Anaknya Sendiri

Miris 5 Negara ini Sering Melangsungkan Pernikahan Anak-Anak