Siap-siap Terpana, Ini 4 Kota dengan Orang Kembar Terbanyak Sedunia

oleh Alfry
09:14 AM on May 10, 2015

Bagaimana jadinya jika Anda traveling ke suatu kota dan melihat di sekeliling Anda banyak terdapat orang yang memiliki wajah yang identik? Mungkin rasa heran dan aneh akan menyelimuti benak Anda, namun jika Anda traveling ke kota-kota berikut ini Anda pasti akan kaget sebab kota ini dipenuhi dengan orang kembar.

University of Texas memperkirakan jika di dunia ini ada 32 orang kembar di setiap 1000 orang. Itu berarti 3 persen penduduk bumi adalah orang kembar. Kemungkinan kelahiran anak kembar diyakini akan semakin besar jika orang tua yang melahirkan adalah orang kembar juga. Itulah yang terjadi di kota-kota ini, banyak orang kembar di dalamnya bahkan 30 persen dari penduduk kota adalah orang kembar.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Igbo-Ora – Nigeria

Igbo-Ora adalah sebuah kota yang ada di tenggara Nigeria. Di kota inilah masyarakat Yoruba tinggal. Menurut penelitian tingkat tertinggi kelahiran kembar terjadi di kalangan masyarakat Yoruba. Sebanyak 45 hingga 50 pasangan kembar lahir di sana per 1.000 kelahiran hidup.

Igbo-Ora adalah sebuah kota di Nigeria dimana 10% penduduknya adalah orang kembar dan mendapat julukan ibu kota kembar dunia via Amusing Planet
Igbo-Ora adalah sebuah kota di Nigeria dimana 10% penduduknya adalah orang kembar dan mendapat julukan ibu kota kembar dunia via Amusing Planet

Dengan data tersebut maka hampir 10% dari populasi di kota tersebut adalah orang kembar. Besarnya kelahiran anak kembar di kota tersebut turut andil dalam pemberian julukan sebagai “Ibu Kota Kembar Dunia.” Penelitian menunjukkan bahwa tingginya kelahiran anak kembar di sana berhubungan dengan kebiasaan makan wanita di wilayah itu.

Ada kemungkinan bahwa tingginya konsumsi terhadap jenis ubi tertentu yang mengandung bahan kimia alami dapat merangsang ovarium untuk melepas sel telur dari setiap sisi. Kelahiran kembar ini juga dianggap istimewa bagi penduduk Igbo-Ora. Setiap pasangan selalu berharap dapat anak kembar.

2. Candido Godoi – Brasil

Candido Godoi adalah sebuah kotamadya berpenduduk kurang dari 10 ribu jiwa yang ada di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil. Kota ini berbatasan dengan Argentina dan sangat terkenal dengan tingginya jumlah anak kembar yang lahir di sana. Jumlah kelahiran kembar terbanyak berada di Linha Sao Pedro, sebuah pemukiman kecil di kota Candido Godoi.

Candido Godoi adalah sebuah kotamadya di Brasil yang banyak orang kembarnya via Amusing Planet
Candido Godoi adalah sebuah kotamadya di Brasil yang banyak orang kembarnya via Amusing Planet

Tingkat kelahiran kembar di candido Gondoi sangat tinggi yaitu pada kisaran 10%, angka ini jauh lebih tinggi dari prosentase lahir kembar di negara bagian tersebut yang hanya 1,8%. Keluarga yang memiliki anak kembar paling banyak berasal dari keturunan Polandia dan Jerman.

3. Buzim – Bosnia Herzegovina

Kota lain yang mendeklarasikan sebagai kota kembar adalah Buzim. Kota ini berada di barat laut Bosnia. Dengan total penduduk sekitar 20.000 jiwa terdapat 200 pasangan kembar di kota tersebut. Penduduk di kota ini malah akan lebih meningkatkan kelahiran anak kembar untuk menjadi daya tarik wisata di sana.

Buzim, kota kecil di Bosnia yang banyak terdapat orang kembar via Amusing Planet
Buzim, kota kecil di Bosnia yang banyak terdapat orang kembar via Amusing Planet

Pada umumnya masyarakat Buzim suka membentu keluarga yang besar dengan cara memiliki banyak keturunan. Hal ini mungkin saja menjadi salah satu faktor terus meningkatnya angka kelahiran kembar di kota tersebut. Fenomena ini sempat dipelajari oleh wartawan lokal bernama Nedzib Vucelj. Kejadian berlangsung tahun 1992, saat itu istrinya juga melahirkan anak kembar dan dalam kurun waktu yang sama ternyata ada 21 pasangan bayikembar lain yang lahir.

4. Desa Kodinhi – India

Di belahan bumi timur ada India yang memiliki kelahirankembar tertinggi tepatnya ada di desa Kodinhi di negara bagian Kerala. Di daerah ini terdaftar ada lebih dari 250 pasang orang kembar. Desa Kodinhi hanya dihuni 2.000 keluarga. Dengan rasio anak kembar 250 pasang bisa dibilang 40% penduduk desa adalah orang yang memiliki wajah sama.

Desa Kodinhi, satu-satunya desa di India yang memiliki angka kelahiran bayi kembar tertinggi via Amusing Planet
Desa Kodinhi, satu-satunya desa di India yang memiliki angka kelahiran bayi kembar tertinggi via Amusing Planet

Pada tahun 2008 saja ada 15 pasang anak kembar yang lahir dari total 300 kelahiran yang sehat. Angka kelahiran kembar ini selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dalam kurun waktu 5 tahun (sebelum 2009) angka kelahiran kembar mencapai 50 pasang di sana. Jumlah ini sangat mencengangkan mengingat India sendiri adalah negara dengan tingkat kelahiran kembar terendah di dunia.

Itulah kota-kota di dunia yang memiliki orang kembar terbanyak. Mungkin Anda berminat traveling ke daerah tersebut dan membuktikan sendiri seberapa banyak orang kembar yang bisa Anda temui atau ingin mencari pasangan kembar di sana.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content