6 Kota Mitologi yang Bikin Dunia Jadi Menakjubkan Bila Menjadi Kenyataan

oleh Rizal
11:00 AM on Aug 27, 2015

Kota mitologi mungkin hanya ada dalam film atau novel-novel fiksi. Namun begitu, rasanya seperti mereka benar-benar ada di dunia ini. Apalagi ketika ditemukan puing-puing yang ditengarai adalah peninggalan dari sana. Misalnya saja sebuah bangunan kuil di laut Brasil yang diindikasikan adalah potongan Atlantis. Walaupun masih belum diketahui apakah bukti tersebut valid atau tidak.

Nah, apa jadinya jika deretan kota yang selama ini dipercaya sebagai mitologi ternyata benar-benar ada? Mungkin Mesir, Roma, Yunani serta deretan tempat menakjubkan lain tidak akan pernah menarik lagi. Bahkan mungkin tidak berlebihan kalau akan banyak orang yang berlomba-lomba untuk menuju pergi ke sana.

Baca Juga
Seperti Ini Nasib 5 Orang Kontroversial di Indonesia Sekarang, Dijamin Bikin Melongo
Inilah 4 Fakta Mengenai Bodyguard Cantik China yang Buat Kamu Ingin Dijagain Aja Hatinya

Kira-kira kota mitologi mana sih yang paling ingin kamu kunjungi? Berikut alternatif keren yang bisa kamu pilih.

1. El Dorado

Tanpa perlu bekerja, mungkin penduduk El Dorado akan jadi masyarakat paling makmur dunia. Bagaimana tidak, kota ini digambarkan dengan sangat menakubkan yakni berbalutkan emas di tiap sisinya. Namun hingga kini keberadaan El Dorado tidak atau belum terungkap.

El Dorado, kota yang tempatnya sampahnya pun dari emas [Image Source]
El Dorado, kota yang tempatnya sampahnya pun dari emas [Image Source]
Legenda kota ini dimulai pada abad 15 ketika para penjelajah Eropa khususnya Spanyol menemukan berbagai atifak dari emas di sebuah hutan di Amerika Selatan. Hal tersebut juga didukung oleh keterangan suku setempat yang mengatakan jika tetua yang ada di El Dorado sampai dimakamkan dengan serbuk emas.

Pencarian turun temurun pun dilakukan. Bahkan sampai harus mengeringkan Danau Guatavita yang memakan banyak korban nyawa. Memang ada beberapa emas, namun kota yang dimaksud tidak pernah berhasil ditemukan. Sampai kini, keberadaan El Dorado antara ada dan tiada.

2. Atlantis

Atlantis digambarkan begitu berbeda-beda, namun kesimpulannya adalah sama. Yup, tempat ini berisi teknologi canggih, kekayaan alam yang melimpah, dan rakyatnya makmur sentosa. Atlantis sendiri pertama kali diketahui lewat perbincangan Plato pada tahun 330 sebelum masehi. Sama seperti yang digambarkan banyak orang, Plato mengatakan ini adalah kota yang canggih luar biasa dan berbentuk maritim.

Atlantis sedang menunggu untuk ditemukan [Image Source]
Atlantis sedang menunggu untuk ditemukan [Image Source]
Legenda mengatakan kalau kota ini hancur karena kesombongannya. Sehingga Tuhan pun menenggelamkannya secara utuh. Termasuk semua peradaban dan teknologi canggih di atasnya. Banyak orang yang mengatakan kota ini benar-benar ada. Namun ada pula yang menganggapnya sebagai bualan.

Indonesia adalah representasi paling nyata dari Atlantis, menurut para ahli. Hal ini dibuktikan dengan penemuan-penemuan hebat seperti Borobudur yang dibangun dengan bentuk simetris itu, sampai Gunung Padang yang diyakini sebagai piramid terbesar di dunia yang juga katanya adalah buah tangan bangsa Atlantis. Belum lagi kekayaan alam Indonesia yang banyak itu menjadikan negeri ini memang mirip dengan Atlantis seperti gambaran orang-orang.

3. Valhalla

Menurut mitologi Norwegia, Valhalla adalah sebuah kota yang berada di Asgard. Di ceritakan jika tempat ini memiliki bentuk yang sangat indah. Mulai dari lantainya yang terbuat dari emas hingga pohon-pohon Glasir yang menghasilkan buah-buah emas pula.

Valhalla, tempat paling nyaman di Asgard [Image Source]
Valhalla, tempat paling nyaman di Asgard [Image Source]
Namun diceritakan pula jika Valhalla adalah kota berdarah. Di mana suatu ketika banyak penduduknya saling membunuh satu sama lain untuk kemudian menunggu dan melakukan Ragnarok atau perang akhir dunia.

Selain indah namun berdarah, tapi kota ini juga dikatakan memiliki penduduk yang ramah. Tidak ada yang tidak tahu namamu jika kamu adalah salah satu penduduknya. Valhalla juga begitu hidup dengan iring-iringan musik di sudut kota. Kamu pun bisa menikmati semangkuk besar madu yang bisa didapatkan dengan mudah.

4. Ys

Menurut mitologi Perancis, Ys adalah sebuah kota yang dibangun oleh Raja Cornouaille yang memerintah kerajaan Gradlon. Kota ini sendiri adalah hasil permintaan sang putri bernama Dahut. Ys konon terletak di dekat teluk di kota Dournenzez.

Ilustrasi Ys yang tenggelam [Image Source]
Ilustrasi Ys yang tenggelam [Image Source]
Konstruksi Ys sangat mengagumkan membuat kota ini jadi yang paling menawan di Eropa. Sayangnya, citra kota ini rusak gara-gara kelakukan buruk si empunya, Dahut. Menurut legenda, si putri raja ini gemar melakukan pesta dan melakukan hal-hal yang tidak senonoh. Bahkan ia juga seringkali mengutus para pengawal untuk membantai kekasih-kekasihnya.

Tuhan pun marah. Hingga akhirnya sebuah ombak raksasa menerjang kota ini. Ys yang fenomenal itu pun akhirnya tenggelam untuk selamanya. Termasuk juga Dahut yang tengah melakukan pesta besar ketika itu.

5. Cockaigne

Di suatu masa di abad pertengahan Eropa, pernah tersebar berita tentang sebuah kota bernama Cockaigne. Ini adalah kota di mana setiap kenikmatan ada di genggaman. Penduduknya sendiri tidak ada yang bekerja dan hanya tidur-tiduran tiap hari. Anehnya, mereka tetap hidup dalam kenyamanan.

Cockaigne dimana kamu menemukan segala kenikmatan duniawi [Image Source]
Cockaigne dimana kamu menemukan segala kenikmatan duniawi [Image Source]
Penduduknya pun juga sangat ramah. Para pedagang tidak mau menerima uang, mereka akan memberikan barangnya secara cuma-cuma. Uniknya kota ini lagi adalah tidak ada aturan soal larangan. Singkatnya, Cockaigne adalah surga.

Tidak ada bukti otentik menjadikan kota ini benar-benar hanya mitos saja. Sebagian juga mengatakan kalau Cockaigne adalah semacam sindiran satir yang ditujukan kepada penguasa kala itu.

6. Shangri-La

Nama Shangri-La pertama kali di disebutkan oleh seorang penulis puisi bernama Tao Yuanming. Menurut Mitos, kota ini terletak di daerah pegunungan Tibet. Tempatnya sangat tersembunyi dan sama sekali tidak tersentuh pengaruh luar lantaran dikelilingi oleh gunung-gunung yang menjulang tinggi.

Shangri-La, kota dengan penduduk paling damai dan berwibawa [Image Source]
Shangri-La, kota dengan penduduk paling damai dan berwibawa [Image Source]
Shangri-La adalah surga menurut James Hilton yang membahas kota tersebut dalam novelnya berjudul Lost Horizon. Penduduk kota ini katanya sangat damai, bersahaja dan berwibawa. Semua hal-hal yang baik entah itu tentang diri sendiri atau sosial, semua tersaji apik di kota tersebut.

Shangri-La juga mempunyai tata kota yang sempurna, terutama dari sisi konstruksinya. Kota ini juga punya deretan air terjun dan alam yang sangat terjaga. Sebuah tempat yang sangat pas untuk merepresentasikan surga.

Hmm, dunia mungkin akan sangat lain jika deretan tempat ini memang ada. Mungkin juga umat manusia berebut untuk jadi salah satu warganya. Memang beberapa kota di atas hanyalah halusinasi manusia belaka. Namun untuk sebagian kecil yang lain, misalnya Atlantis, masih diteliti kemungkinannya hingga sekarang. Apakah akan benar-benar ditemukan? Mungkin biarkan waktu yang akan menjawab hal tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA