Menjelajahi Ur, Kota Kuno yang Dipercaya Menjadi Tempat Lahir Nabi Ibrahim

oleh Adi Nugroho
11:00 AM on Oct 15, 2016

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau kawasan Timur Tengah menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah. Di kawasan yang dewasa ini penuh dengan konflik ini, peninggalan dari masa lalu kerap ditemukan dalam kondisi yang masih sangat bagus. Reruntuhan bangunan kota, artefak, hingga rumah-rumah tokoh penting dari peradaban manusia tersimpan rapi dan menunggu untuk digali.

Salah satu kawasan penting di kawasan Timur Tengah adalah situs bersejarah Ur. Di tempat ini, reruntuhan kuno dari milenium ke-4 sebelum masehi masih berdiri utuh. Di beberapa sudut bangunan di reruntuhan Ur juga ditemukan tempat yang dipercaya menjadi tempat lahir nabi Ibrahim. Mari menjelajahi Ur selengkapnya agar keunikannya terungkap dengan jelas.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Berdirinya Kota yang Sangat Megah

Arkeolog yang melakukan penelitian di reruntuhan Ur mengatakan kalau kawasan ini didirikan pada periode Ubais. Periode ini berjalan pada tahun 6500-3800 sebelum masehi. Pada tahun-tahun ini peradaban manusia mulai berkembang di kawasan Mesopotamia yang dikenal sangat subur sehingga selalu dicari oleh penguasa-penguasa kala itu.

Perkiraan Kota Ur [image source]
Perkiraan Kota Ur [image source]
Ur berdiri di dengan kebudayaan dari kawasan Sumeria. Kota ini dikembangkan menjadi kawasan yang sangat penting dalam hal perdagangan. Penguasa Sumeria yang kala itu berkuasa ingin membangun Ur sebagai kawasan yang hebat sehingga memberikan keuntungan besar kepada kerajaan. Keinginan ini berjalan selama lebih dari 3 milenium sebelum akhirnya Ur ditelantarkan pada abad ke-5 sebelum masehi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA