Fakta Mengagumkan Tentang Kota Ciudad Juarez Yang Perlu Kamu Tahu

oleh Evi Rizana
14:55 PM on Jan 21, 2015

Selama ini, kita mengenal Ciudad Juarez sebagai kota yang tertinggal dibandingkan dengan kota-kota lain di Amerika. Kota dengan tingkat kriminal tinggi, sering terjadi pembunuhan, dan kumuh.

Pada dasarnya, Ciudad Juarez yang dulu dikenal dengan Paso del Norte bukanlah kota tertinggal, kumuh, kriminal seperti yang kita bayangkan. Justru sebaliknya, kita akan menemukan banyak hal mengagumkan di kota seluas 188 km persegi ini. Di antaranya seperti berikut, dilansir dari 9gag.com.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Kota yang bersih

Dari perbandingan foto berikut, nampak begitu jelas kota Ciudad Juarez yang selama ini dikenal dengan kondisi yang sebenarnya. Kota Ciudad Juarez yang maju dan tidak terlihat seperti daerah yang tertinggal lagi. Bahkan, kota Ciudad Juarez tak jauh berbeda dari kota-kota maju lainnya.

Suasana kota Ciudad Juarez
Suasana kota Ciudad Juarez

Suasana jalan kota yang bersih dan arus lalu lintas yang teratur kota Ciudad Juarez ditunjukkan oleh gambar sebelah kanan. Bangunan dan gedung-gedung tertata dengan rapi, tidak seperti gambar yang sebelah kiri. Penduduknya pun sudah banyak yang menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, dan hanya beberapa yang jalan kaki.

2. Bangunan yang megah

Tak hanya itu, banyak orang yang menyamaratakan dan menganggap rumah untuk daerah tertinggal adalah seperti yang terpampang dalam gambar sebelah kiri. Dan daerah tertinggal memiliki pasar kumuh sebagai pusat perekenomian dan perbelanjaan.

Rumah dan pusat belanja
Rumah dan pusat belanja

Tak jauh beda dengan kota maju, Ciudad Juarez juga memiliki mall sebagai pusat perbelanjaan orang-orang modern. Begitu pula dengan tempat tinggal yang merupakan bangunan kokoh yang seperti perumahan elit. Terdapata jalan beraspal yang bersih di depan rumah. Serta deretan rumah yang dilengkapi dengan garasi dan isinya.

3. Pusat perkotaan

Pada gambar yang sebelah kiri terlihat seakan Ciudad Juarez merupakan kota yang berada di pinggiran atau jauh dari peradaban modern. Bangunan yang kuno dengan restoran yang tidak berkelas sama sekali.

Hotel dan restoran
Hotel dan restoran

Sedangkan pada gambar yang sebelah kanan menunjukkan peradaban modern kota Ciudad Juarez. Gedung yang menjulang tinggi tak kalah dengan gedung-gedung di pusat kota Amerika. Begitu pula dengan suasana restoran yang ramai pengunjung dan menjadi tempat nongkrong asyik bagi penduduk kota Ciudad Juarez.

4. Kampus dan rumah sakit

Sebagai kota tertinggal, tentu akan sulit untuk menemukan kampus atau perguruan tinggi yang berkualitas. Begitu juga dengan bangunan rumah sakit yang bersih. Seperti itulah selama ini Ciudad Juarez dikenal.

Gedung rumah sakit dan kampus
Gedung rumah sakit dan kampus

Namun, seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, gedung rumah sakit dan perguruan tinggi berdiri dengan begitu megahnya. Kedua gedung tersebut menggambarkan  bangunan yang bersih. Dan itu hanya sebagian yang diperlihatkan di antara gedung-gedung lainnya.

5. Tingkat kriminal

Saat mengetik kata Ciudad Juarez, muncul beberapa frase negatif tentang kota tersebut seperti Ciudad Juarez killings, Ciudad Juarez murders, dan Ciudad Juarez crimes yang menunjukkan seolah kota ini merupakan kota dengan tingkat kriminal tertinggi.

Tingkat pembunuhan kota Ciudad Juarez
Tingkat pembunuhan kota Ciudad Juarez

Namun kenyataannya, tingkat pembunuhan Ciudad Juarez berada dalam urutan ke-37. Jauh dibandingkan dengan kota San Pedro Sula (Honduras) dan kota Caracas (Venezuela). Sedangkan pembunuhan yang terjadi di Meksiko ini berhubungan dengan narkoba dan geng-geng tertentu.

Demikianlah beberapa fakta tentang kota Ciudad Juarez yang perlu kita ketahui. Dan semoga dengan ini, kita bisa mematahkan mitos tentang Ciudad Juarez yang tertinggal dan sering terjadi pembunuhan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA