Mitos Kota Brigadoon, Surga Dunia Yang Hanya Muncul 100 Tahun Sekali

oleh Chandra
15:30 PM on Feb 2, 2017

Skotlandia terkenal dengan bangunan kotanya yang indah dan artistik. Di negara ini terdapat beberapa kastil yang mulai didirikan pada abad ke-12 da ke-13. Oleh karena itu, banyak yang menyebut Skotlandia sebagai negeri dongeng di dunia nyata.

Berbicara tentang dongeng, Skotlandia juga memiliki mitologi yang kuat. Salah satu tempat yang diyakini ada dan misterius adalah Kota Brigadoon. Ada banyak informasi yang perlu kamu ketahui terkait dengan Kota Brigadoon. Yuk, simak dulu apa saja sih yang harus diketahui tentang kota misterius ini.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Awal mula Kota Brigadoon muncul

Awal munculnya Brigadoon [Image Source]
Misteri Brigadoon ini dimulai saat kota tersebut lenyap secara tiba-tiba pada tahun 1754. Namun ia muncul kembali seratus tahun kemudian. Begitu seterusnya, kota yang berada di dataran tinggi Bonny Scotland ini sampai diyakini muncul tiap satu abad sekali. Masyarakat setempat percaya bahwa Kota Brigadoon diliputi kekuatan sihir sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat memasukinya.

Penggambaran Kota Brigadoon

Kota Brigadoon [Image Source]
Kota Brigadoon merupakan kota yang indah dengan diselubungi kabut tipis. Siapa pun yang memasukinya, ia akan merasa tenang dan gembira. Konon, jika memasuki kota ini disarankan untuk tidak berada di tempat ini hingga petang tiba. Apabila kamu memasuki Kota Brigadoon dalam waktu 24 jam, kota ini akan tertutup dan tidak akan kembali pulang hingga seratus tahun kemudian. Kota ini dilalui jalanan raksasa. Ada juga taman dan hewan-hewan gembala yang sedang berjalan-jalan dibalik perbukitan kecil. Langit di Kota Brigadoon juga selalu cerah. Semua penduduk yang ada di Kota Brigadoon terlihat lebih muda karena usia mereka seratus tahun lebih muda dari usia normal.

Kisah Kota Brigadoon dalam bentuk drama musikal

Drama musikal tentang kota Brigadoon [Image Source]
Untuk mengenang bangkitnya Kota Brigadoon, maka diadakan drama musikal bertema klasik broadway. Lirik dan plot ditulis oleh Alan Jay Rener dan dimainkan oleh Frederick Loewe dengan musik yang berjudul Almost Like Being Love. Awal mula pertunjukan drama musikal ini diadakan pada tahun 1947. Drama musikal ini juga diiringi tarian serta penampilan musik tradisional khas Skotlandia. Biasanya drama musikal ini diadakan di tempat dan tahun yang berbeda.

Mitologi Kota Brigadoon diangkat dalam layar lebar

Diangkat ke layar lebar [Image Source]
Dengan kisah cerita yang diadaptasi dari riwayat dua orang penggembala yang tersesat di Kota Brigadoon, kisah ini akhirnya diangkat dalam layar lebar dengan judul yang sama yang dirilis pada tanggal 15 Oktober 1966. Sang sutradara membuat film ini dengan bintang-bintang ternama asal Eropa yang terkenal pada zamannya seperti Gene Kelly dan Van Johnson. Tidak jauh dengan kisah mitologi Brigadoon dengan penambahan cerita romantis.

Kebenaran keberadaan Kota Brigadoon

Fakta kota Brigadoon [Image Source]
Beberapa ahli arkeolog berusaha menemukan bukti-bukti keberdaan Kota Brigadoon. Namun, sampai saat ini mereka tidak menemukan kebenaran yang ada. Di sepanjang kota wilayah Kota Brigadoon berdiri tidak ada keberadaan kota legendaris itu. Kamu hanya akan menemukan apartemen, perumahan dan hotel yang bernama Brigadoon. Mungkin saja, si pemilik properti menamakan ‘Brigadoon’ agar banyak pengunjung yang ingin menginap atau membeli rumah disana.

Di negara Indonesia sendiri juga memiliki kota misterius dan ghaib yang jarang muncul. Masyarakat sekitar Palu, Sulawesi Tengah menyebutnya dengan Kota Wentira. Kota ini juga digambarkan sangat canggih dan menakjubkan bagi yang konon sudah pernah kesana. Lepas dari semua itu, keberadaa kota-kota seperti ini masih sebatas omongan dan mitos saja. Hingga hari ini, belum ada sains dan ahli yang bisa benar-benar memecahkan dan menemukan keberadaannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA