4 Kota Bawah Tanah Tersembunyi Ini Akan Membuatmu Tercengang

oleh Nikmatus Solikha
13:47 PM on Jan 27, 2017

Selama ini mungkin kita tak asing dengan istilah ruang bawah tanah. Seperti namanya, tempat ini posisinya berada di bawah dengan fungsi yang macam-macam. Mulai dari gudang sampai dijadikan kamar. Ruang bawah tanah sendiri biasanya ukurannya tidak begitu besar dengan alasan karena membuatnya sangat susah serta biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.

Masih soal ruang bawah tanah, kira-kira bagaimana ya kalau yang semacam ini dibikin meluas? Pasti luar biasa ya. Bakal seperti di film-film yang menunjukkan peradaban kota bawah tanah. Nah, mungkin kamu berpikir kalau yang semacam itu hanya khayalan, tapi faktanya apa yang disebut kota bawah tanah itu benar-benar ada. Di dunia ini setidaknya adalah lebih dari tiga kota bawah tanah yang konstruksinya mencengangkan.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Tak hanya dibangun untuk mendapatkan predikat mencengangkan, beberapa kota bawah tanah benar-benar difungsikan sebagaimana mestinya, setidaknya di masa lalu. Berikut adalah beberapa kota bawah tanah yang ada di dunia.

City of Caves

Kota Nottingham, Inggris memiliki sesuatu yang unik yaitu pusat perbelanjaan yang memiliki akses menuju City of Caves, yang merupakan kota bawah tanah yang sudah ditinggali sejak berabad-abad lalu. Pada zaman dahulu, kota bawah tanah City of Caves merupakan tempat perlindungan dari serangan bom.

City of Caves [Image Source]
Kota bawah tanah tersebut mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Untuk masuk ke lokasi City of Caves, pengunjung juga harus membayar tiket. Para arkeolog Inggris meyakini bahwa City of Caves tidak sepenuhnya terkuak. Mereka sepakat untuk terus menggali dengan harapan menemukan kota lain di bawah tanah.

Kotanya Orang Mati, Katakombe

Jika membahas kota Paris, yang terbayang di benak kita tentu saja menara Eiffel. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa ada kota bawah tanah yang berada di dalamannya kota Paris. Kota tersebut biasa disebut Catacombes de Paris atau Katakombe. Lokasinya sendiri berada di berada di sebelah selatan pusat kota Paris.

Katakombe [Image Source]
Kota tersebut ditinggali oleh sekitar 6 juta orang yang sudah meninggal. Jadi kota tersebut difungsikan sebagai pemakaman. Struktur kota tersebut terdiri dari terowongan-terowongan dan gua. Saat ini, kota tersebut sudah mulai banyak didatangi oleh turis mancanegara.

Tambang Garam Wieliczka

Negara Polandia juga memiliki kawasan unik, sebut saja Wieliczka yang memiliki tambang garam. Tambang tersebut sudah ada sejak abad ke 13 yang juga dianggap sebagai tambang tertua di dunia. Yang menarik dari kota bawah tanah tersebut adalah keindahannya, sebab di dalamnya terdapat arsitektur unik yang diukir secara langsung oleh para pekerja tambang di masa lalu.

Wieliczka [Image Source]
Selain itu, banyak pula ditemukan patung-patung dan ruangan sejenis ballroom yang dihiasi oleh lampu-lampu yang cantik yang terbuat dari garam. Tambang ini juga memiliki danau buatan  yang membuatnya makin terlihat unik saja.

Seattle Underground

Dulunya, Seattle merupakan kota terbesar di wilayah timur laut pasifik. Namun, pada tahun 1889 musibah kebakaran menghancurkan kota tersebut hingga semua bangunan yang ada di sana pun hancur. Tak ingin berputus asa, para penduduknya pun akhirnya berinisiatif untuk membuat kota di bawah tanah.

Seattle Underground [Image Source]
Dan rupanya, bencana kebakaran tersebut yang menjadi awal dari keindahan bawah tanah Seattle Underground. Kota-kota di bawah tanah tersebut terlihat begitu hidup dan terawat. Meski sebagian bangunan sudah terlihat lapuk, mungkin karena terbuat dari kayu.

Di era modern ini, kota-kota tersebut memang sudah tidak dihuni lagi. Meski demikian, lokasi tersebut masih menarik minat para wisatawan untuk dikunjungi. Karena itu masyarakat sekitar masih antusias untuk mengembangkan dan juga merawat keunikan kota-kota bawah tanah tersebut. Kira-kira, Indonesia tertarik punya kota bawah tanah juga tidak, ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA