in

Inilah 4 Kota di Indonesia yang Paling Minim Bencana, Tinggal di Sana Dijamin Adem Ayem

Bicara mengenai tempat tinggal ideal, salah satu kriteria yang harus ada di dalamnya adalah hunian yang aman dan nyaman. Ya, mungkin memang tidak ada tempat di bumi ini yang dibilang paling aman, namun setidaknya ada sebuah daerah yang lebih minim bahaya ketimbang lainnya. Terutama dari bencana alam dan sebagainya.

Ternyata di Indonesia ada loh tempat ideal yang seperti itu. Ya, tempat itu memang bisa dibilang lebih aman dari beberapa daerah yang ada di Indonesia lainnya. Meskipun mungkin ada bencana, itu kebanyakan adalah ulah manusianya sendiri. Jadi di mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Pulau Kalimantan paling aman dari bencana alam

Sebenarnya bisa dibilang kalau beberapa daerah di Kalimantan ini ternyata sangat jauh dari datangnya bencana alam namun bukan berarti selalu aman. Hal itu bukan sesuatu yang aneh mengingat Pulau ini terletak jauh dari areal Ring of Fire seperti pulau-pulau lainnya. Oleh sebab itu di sana, hampir tidak pernah ditemui adanya gempa bumi, gunung meletus bahkan hingga tsunami.

Kota Samarinda [image source]
Namun bukan berarti  seratus persen aman, pasalnya ada satu bencana alam yang masih jadi PR bagi pulau ini, yaitu banjir. Namun ketimbang daerah lain, Kalimantan bisa dibilang yang paling mendingan. Lalu bagaimana dengan masalah kebakaran hutan? Sebenarnya hal itu adalah ulah manusia sendiri yang bersih kukuh melakukan penanaman sawit dan pembakaran hutan.

Belitung juga memiliki predikat aman

Serupa dengan yang ada di Kalimantan, rupanya Belitung juga dinobatkan sangat alam dari bencana dari pada kota yang lainnya. Ya, di daerah ini pun hampir tidak ditemui adanya bencana para seperti di daerah yang lain selain banjir.

Kota belitung [image source]
Bisa dibilang letak Belitung yang juga tidak berada di cincin api membuat daerah yang satu ini jadi tidak rawan dengan bencana. Ya, lagi-lagi banjir masih jadi permasalahan yang belum bisa diselesaikan  oleh warga Belitung, ya bisa dibilang sebuah bencana akibat ulah manusianya sendiri masih jadi PR.

Daerah di pulau Riau sangat layak ditinggali

Daerah ketiga yang rupanya juga sangat jauh dari adanya bencana alam adalah berada di pulau Riau. Ya, di daerah itu juga jarang sekali terjadi gempa dahsyat yang bisa meluluhlantakan sebuah kota atau desa. Lagi-lagi karena posisinya yang strategis, membuat Riau ini masuk kategori aman untuk ditinggali.

Pekan baru [image sourcce]
Masalahnya adalah bencana yang terjadi akibat ulah manusianya sendiri, yaitu kebakaran. Ya, hal itu sampai sekarang memang menjadi permasalahan yang sangat rumit untuk diselesaikan. Namun beruntung rupanya di beberapa daerah di Riau juga ada yang masuk dalam jajaran daerah dengan bencana akibat ulah manusia paling minim di Indonesia.

Kota Serang aman dari bencana ulah manusia

Seolah jadi kebalikan dari tiga kota di atas, kota Serang justru menjadi yang aman dari bencana alam akibat ulah manusianya. Hal itu memang bisa terjadi lantaran antara pemerintah dan warganya saling bersinergi dalam menjaga daerahnya.

Kota Serang [image source]
Mulai dari keamanan berkendara, bahkan bagaimana kota Serang mengajak warganya untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Alhasil, kota ini menjadi yang paling aman dari bencana ulah manusia. Ya, kembali lagi, sayangnya kalau harus berhadapan dengan bencana alam, Serang masih kalah dengan tiga kota yang ada sebelumnya.

Sekali lagi, bukan berarti jika tinggal di tempat itu bisa terjamin keamanannya hingga hari kiamat. Ya, namanya bencana tidak ada yang tahu. Namun dibandingkan dengan tempat lain, maka empat daerah itulah yang paling minim adanya bencana.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Kelakuan Terpuji Supporter Indonesia di SEA Games yang Bikin Bangga Bumi Pertiwi

10 Karakter Anime Wanita Paling Seksi yang juga Memiliki Kekuatan Dahsyat