Kortezh, Calon Mobil Kepresidenan Rusia yang Tak Kalah Cadas dari The Beast Milik Amerika Serikat

Mobil ini punya tingkat keamanan yang kabarnya lebih canggih dan tangguh dari mobil kepresidenan Amerika Serikat.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
07:00 AM on Mar 21, 2017

Menjadi orang nomor satu di suatu negara adalah tugas yang penting. Sedangkan, menjadi orang nomor satu di negara kaya dan superpower seperti Rusia, akan menjadi tugas yang jauh lebih penting lagi. Orang-orang nomor satu seperti itu tentu saja memerlukan penjagaan terbaik pula. Salah satu yang perlu mendapat perhatian khusus adalah tumpangan resmi mereka, mobil.

Kamu mungkin sudah mengetahui bagaimana kecanggihan mobil orang nomor satu di Amerika Serikat, namun apa kamu sudah tahu seperti apa mobil kepresidenan milik Rusia? Apakah mobil yang dikendarai Vladimir Putin tak kalah gahar dengan yang dinaiki Donald Trump saat ini?

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Mobil Kortezh, penantang The Beast. [Image Source].
Mobil presiden Putin ini bernama Kortezh (Cortege). Proyek Cortege ini digagas oleh Rusia dengan mengalokasikan dana sebesar $54 juta (sekitar Rp700 miliar).

Sayangnya, mobil yang sekilas mirip Rolls-Royce besutan Inggris ini masih dalam tahap pengembangan, dan diperkirakan baru akan digunakan oleh sang presiden pada pertengahan hingga akhir tahun ini. Sedangkan, saat ini Putin masih setia menggunakan limusin Mercedes S-Class dengan sentuhan keamanan khusus. Mobil tersebut bernilai US$200 ribu (sekitar Rp2,6 miliar).

Mobil dengan tingkat keamanan kelas VVIP

Meski belum resmi beredar, namun kecanggihan mobil ini sudah banyak dibocorkan oleh media ternama. Kabarnya, calon mobil yang akan membawa Putin melintasi darat ini akan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi ketimbang “The Beast”.

Interiornya kira-kira akan seperti ini. [Image Source].
Sekujur bodi mobil ini akan dilapisi perisai titanium setebal 12 sentimeter. Dengan ketebalan dan material seperti itu, tank T-72 (tank tempur generasi kedua milik Uni Soviet) dapat menggilas mobil ini tanpa menyebabkan kerusakan berarti. Sedangkan rodanya secara otomatis dapat berganti menjadi ban khusus apabila medan yang dilaluinya cukup berbahaya.

Lalu, jendelanya terbuat dari komposisi kaca yang dapat bertahan dari serbuan RPG. Hal ini kabarnya bahkan sudah dites langsung oleh pihak perusahaan dengan menempatkan salah satu desainernya untuk duduk di dalam mobil, sembari dihantam RPG oleh pegawai lainnya dari luar. Konon, tradisi pengujian seperti ini sudah dilakukan sejak eranya si Stalin.

Bahkan, pejabat Kremlin mengatakan kalau orang-orang yang ada di dalamnya dapat bertahan dari serangan nuklir berskala kecil. Namun, detail mengenai informasi ini belum jelas. Dan kebenarannya baru akan terkuak ketika mobil ini siap digunakan.

Non-Ekslusif untuk Vladimir Putin

Berbeda dengan “The Beast” alias mobil kepresidenan Amerika Serikat, limusin ini rencananya tak hanya terbatas untuk presiden saja, namun juga para pejabat negara lainnya. Bahkan, mobil ini juga bisa dibeli oleh kalangan awam selama mereka berminat dan punya kocek yang dalam, tentu saja.

Proyek Kortezh dipamerkan. [Image Source].
Perbedaannya dengan milik Putin dan pejabat Rusia lain? Mobil-mobil yang dibeli oleh pihak non-ofisial negara itu tak akan dilengkapi dengan keamanan level dewa seperti yang telah disebutkan di atas. Lagipula, masa iya seorang Putin mau mengendarai mobil kepresidenan yang sama dengan yang dikendarai oleh orang awam.

Mobil ini akan ditawarkan dalam empat jenis berbeda, limusin, sedan SUV, dan minivan. Perusahaan tersebut berencana untuk membuat 4 ribu – 5 ribu unit untuk masing-masing jenis mobil yang ada. Tahap produksinya sudah mulai dikembangkan pada awal tahun 2017 lalu di sebuah pusat penelitian di Moskow.

Menteri perindustrian Rusia, Denis Manturov mengonfirmasi bahwa ada sentuhan Porshce dalam pengembangan mobil ini, khususnya untuk sektor mesin. Meski demikian, spesifikasi mesin yang diusung mobil ini masih menjadi misteri. Kendati begitu, banyak rumor yang mengatakan bahwa mobil ini akan ditenagai mesin V12 Turbo yang mampu memuntahkan 800 tenaga kuda.

Meski mobil ini sudah dilengkapi berbagai teknologi canggih dengan tingkat keamanan yang mumpuni, namun kendaraan ini belum tentu bakal sering digunakan Putin. Seperti diketahui, presiden berkharisma yang satu ini lebih senang mengudara dengan helikopter Mi-8 versi VIP.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA