5 Hal ini Akan Terjadi Jika Korea Utara dan Korea Selatan Akhirnya Bersatu

oleh Adi Nugroho
07:45 AM on Dec 30, 2015

Jerman pernah terpecah menjadi dua hingga akhirnya menyatu. Vietnam pun juga mengalami hal yang sama saat terjadi perang dingin, namun sekarang semuanya telah bersatu dengan baik. Salah satu wilayah terpecah yang tak juga bersatu adalah Korea Utara dan Selatan. Wilayah ini bahkan terus bersitegang hingga sepertinya mustahil melakukan reunifikasi.

Jika di masa depan, kedua negara ini benar-benar bersatu (tidak ada yang tidak mungkin kan di dunia ini?) 5 hal ini pasti akan terjadi. Yuk, simak apa saja hal yang akan terjadi jika kemungkinan ini nyata adanya.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

1. Kekuatan Militer Akan Menjadi Berlipat Ganda

Korea Selatan saat ini menduduki peringkat 7 sebagai negara yang kuat dalam kekuatan militernya. Sementara itu, Korea Utara memiliki senjata nuklir yang diramalkan akan membuat banyak negara barat ketakutan. Jika dua negara ini bersatu, maka kekuatan militer yang mereka miliki akan meningkat dengan pesat.

Kekuatan Militer Akan Menjadi Berlipat Ganda [image source]
Kekuatan Militer Akan Menjadi Berlipat Ganda [image source]
Di kawasan Asia Timur, Korea akan menjadi negara yang sangat kuat. Bisa jadi Jepang akan merasa ketakutan jika sewaktu-waktu Korea menyatakan perang kepadanya. Reunifikasi antara Korea Utara dan Selatan akan menghasilkan sebuah negara baru yang sangat kuat.

2. Stabilitas Asia Timur Akan Kondusif

Satu alasan yang menyebabkan stabilitas keamanan di Asia Timur tidak kondusif adalah adanya Korea Utara yang suka memancing masalah. Jika suatu saat dua Korea bersatu, maka hal semacam ini tidak akan terjadi. Korea justru akan menjadi negara yang menjaga stabilitas keamanan di kawasan tersebut.

Senjata nuklir korea utara [image source]
Senjata nuklir korea utara [image source]
Korea Utara selalu saja mengancam akan meluncurkan nuklirnya kepada negara yang ia anggap musuh. Jika dua Korea bersatu, pasti reformasi besar-besaran akan terjadi. Hal-hal terkait gencatan senjata tak berguna akan dihapus total.

3. Akan Terjadi Kebingungan Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan yang ada di Korea Utara menggunakan prinsip komunisme. Di Korea Selatan menggunakan prinsip demokrasi. Jika kedua negara ini bersatu, maka sistemnya mungkin akan berubah. Pihak Korea Utara pasti tidak akan langsung terima sistemnya diubah begitu saja. Pun pihak Korea Selatan juga tak akan menerima begitu saja demokrasinya diubah menjadi komunis.

Akan Terjadi Kebingungan Sistem Pemerintahan [image source]
Akan Terjadi Kebingungan Sistem Pemerintahan [image source]
Untuk masalah pemimpin, pasti akan ada bagian-bagian yang sangat rumit untuk diselesaikan. Kim Jong-un tentu tak mau jadi bawahan begitu saja. Jadi, diskusi panjang mengenai pemerintahan dan sistemnya akan berjalan dengan sangat alot.

4. Penduduk yang Terpisah Akan Bertemu dengan Keluarganya

Saat Korea Utara dan Selatan terpisah pasca perang dingin. Banyak sekali keluarga yang terpisah. Keluarga di Korea Utara berpisah dengan yang ada di Korea Selatan. Dalam sejarah hubungan kedua Korea ini, banyak sekali warga yang memilih untuk menyeberang dan melarikan diri dari Korea Utara. Bahkan, pihak Korea Selatan langsung menerima mereka dengan senang hati.

Penduduk yang Terpisah Akan Bertemu dengan Keluarganya [image source]
Penduduk yang Terpisah Akan Bertemu dengan Keluarganya [image source]
Jika kedua Korea bersatu, maka semua orang yang terpisah akan bersatu. Tak hanya negara saja yang menyatu. Tapi keluarga yang puluhan tahun tak bisa berkirim kabar akan bisa saling bertemu untuk selamanya. Bagi warga di selatan, meninggalkan keluarga di utara adalah hal yang sangat menyedihkan, begitu pun sebaliknya.

5. Korea Jadi Pusat Perdagangan

Saat dua Korea menjadi satu, maka pusat perdagangan akan berpusat pada negara ini. Perdagangan berupa barang dan mungkin hiburan serta budaya akan berjalan dengan sangat lancar. Selain itu, Korea Utara juga banyak sekali mengandung sumber daya tambang yang belum dieksplorasi. Jika kedua negara ini bersatu, sumber daya ini akan mampu digunakan dengan baik.

Korea Jadi Pusat Perdagangan [image source]
Korea Jadi Pusat Perdagangan [image source]
Korea mungkin akan sejajar dengan Tiongkok dan juga Jepang. Negeri ini akrab berkembang secara pesat dan membuat banyak perubahan di regional maupun internasional. Jadi, jika kemungkinan yang sangat kecil ini terjadi, Korea benar-benar akan jadi negara yang sangat hebat!

Itulah lima hal yang akan terjadi jika dua Korea ini bersatu. Bagaimana dengan anda? Setuju atau tidak jika negeri milik Kim Jong-un ini bergabung dengan negeri K-Pop?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA