USS Sampson Telah Berhasil Menemukan 12 Korban Pesawat Air Asia

oleh Alfry
08:23 AM on Jan 4, 2015

Sepekan masa pencarian korban Air Asia QZ8501, 30 dari 162 jenazah penumpang berhasil ditemukan. Empat hari pasca ikut serta dalam pencarian korban dan badan pesawat Air Asia QZ8501, kapal perang milik Amerika Serikat, USS Sampson, telah berhasil menemukan 12 jenazah penumpang pesawat tersebut. Semua jenazah kini telah diserahkan ke posko SAR Pangkalan Bun.

Proses pengiriman jenazah dilakukan dalam tiga tahapan dengan menggunakan helikopter Seahawk yang berada di kapal tersebut. Penyerahan pertama dilakukan sekitar pukul 13.10 WIB. Dalam penyerahan ini, Seahawk mengangkut empat jenazah dan sebuah benda yang terbungkus dengan alumunium foil.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

USS Sampson Telah Berhasil Menemukan 12 Korban Pesawat Air Asia
USS Sampson Telah Berhasil Menemukan 12 Korban Pesawat Air Asia

Pengangkutan jenazah yang kedua dilakukan sekitar pukul 15.45 WIB. Proses pengangkutan jenazah dilakukan dengan helikopter Seahawk yang mengangkut empat jenazah. Sementara itu, pengangkutan ketiga dilakukan sekitar pukul 17.30 WIB. Helikopter Seahawk kembali digunakan untuk mengantar empat jenazah.

Dari 12 jenazah yang diserahkan, delapan di antaranya kini telah diterbangkan ke Surabaya, Jawa Timur untuk menjalani idenrifikasi lebih lanjut oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur.

USS Sampson adalah kapal kelas Destroyer dari Angkatan Laut Amerika Serikat. Dengan kata lain, USS Sampson yang terlibat pencarian korban Air Asia QZ8501 adalah kapal perang.  USS Sampson dalam kelas Destroyer masuk dalam tipe Arleigh Burke Class Destroyer. Arleigh Burke Class Destroyer adalah tipe elit dalam kelas Destroyer yang biasa menjadi komando dalam operasi perang.

USS Sampson yang beroperasi sejak November 2007, masuk dalam kelas elit bisa dilihat dari persenjataannya. USS Sampson membawa tujuh jenis senjata yang beberapa di antaranya adalah torpedo MK50, tabung triple torpedo MK22 , peluncur misil vertical MK41, hingga misil Tomahwak. Selain itu, USS Sampson yang memiliki panjang 155 meter dan lebar 20 meter itu juga membawa helikopter. Helikopter yang dibawa pun jenis SH60 Seahawk yang biasa digunakan dalam perang di atas laut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA