6 Hal Berbahaya ini Bisa Terjadi Jika Freeport Tak Diperpanjang Kontraknya

oleh Rizal
16:04 PM on Dec 4, 2015

Kontrak Freeport yang sebentar lagi usai di tahun 2021 membawa polemik besar bagi bangsa ini. Terakhir adalah masalah “papa minta saham” yang mencatut nama Setya Novanto yang menjabat ketua DPR RI kita, Presiden Direktur Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoedin, serta Riza Chalid yang merupakan seorang pengusaha minyak. Kasus ini masih berlanjut untuk menentukan apakah ketiganya terbukti melakukan pelanggaran kode etik atau tidak.

Freeport kembali ke Indonesia maka rakyat ini akan makmur, begitu opini banyak orang. Apakah memang akan begini nantinya? Apakah benar jika Freeport angkat kaki akan langsung memberikan dampak positif? Tidak bermaksud untuk mendukung wacana Freeport untuk tetap beroperasi, tapi kita harus jeli akan dampak yang timbul jika perusahaan Amerika ini hengkang.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Pada persidangan kedua kasus kode etik yang diduga dilakukan oleh Ketua DPR kita, Maroef Sjamsoedin sempat menyinggung tentang dampak-dampak buruk jika Freeport tak diperpanjang kontraknya. Semengerikan apa sih? Berikut ulasannya.

1. Kerusakan Lingkungan Kelas Berat Akan Terjadi

Freeport selama ini menambang dengan metode yang cukup baik. Terutama soal pengolahan limbah. Mereka menggunakan metode tertentu sehingga limbah bisa diminimalisir dan dampaknya tidak sampai membuat warga Papua dan para aktivis demo sana sini. Freeport dikelola dengan baik, demikian limbahnya. Lalu apa yang akan terjadi jika mereka pergi?

Salah satu limbah Freeport ini bisa makin parah jika Freeport berhenti beroperasi [Image Source]
Salah satu limbah Freeport ini bisa makin parah jika Freeport berhenti beroperasi [Image Source]
Memang benar kita jadi punya tambang besar, namun untuk pengelolaannya tentu masih jadi tanda tanya besar. Freeport jelas tak mau meninggalkan apa pun yang mempermudah Indonesia untuk mengelola tambangnya sendiri. Sudah pasti mereka akan membawa pula para staf ahli serta deretan teknologinya, termasuk pengelolaan tambang dan juga limbah.

Kita bisa pilih opsi menunggu sampai waktu tertentu. Tapi, hal tersebut malah justru membuat limbah bekas tambang tak mampu terkelola dengan baik. Ketika dibiarkan maka yang terjadi adalah seperti yang ada di Brazil. Di mana tambang besi mereka membuat satu perkampungan dan sebuah sungai besar mati.

2. Indonesia Butuh Banyak Biaya untuk Kelola Tambang

Kita analogikan Freeport benar-benar hengkang, maka secara logis mereka akan membawa apa pun yang dimiliki. Lalu kita kini sebagai pengelola harus cepat-cepat melanjutkan proses penambangannya. Kalau tidak maka hal-hal buruk akan terjadi. Masalahnya, Freeport sudah membawa pergi peralatan mereka. Maka mau tak mau negara harus mengadakan peralatan sendiri.

Indonesia akan butuh banyak biaya untuk pengadaan alat dan sebagainya [Image Source]
Indonesia akan butuh banyak biaya untuk pengadaan alat dan sebagainya [Image Source]
Biayanya pasti besar karena tambangnya saja sudah seluas itu. Negara jelas tidak akan menyisihkan sebagian besar APBN hanya untuk pengelolaan Freeport. Solusinya adalah hutang. Amerika mungkin juga akan melakukan sedikit intrik soal ini karena merasa terusir. Bisa dengan memainkan dolar mereka agar pengeluaran kita makin besar.

3. Konflik Suku Setempat Akan Mungkin Terjadi

Sudah bisa dibayangkan jika Freeport pergi maka akan terjadi aksi klaim satu sama lain. Menurut Dirut Freeport, Maroef Syamsoeddin, hal ini memang mungkin akan terjadi. Seperti yang kita ketahui, Papua terdiri dari banyak suku-suku, kemungkinan mereka yang akan terlibat dalam pergolakan masalah klaim tersebut.

Konflik akan terjadi dan bahkan melibatkan banyak pihak [Image Source]
Konflik akan terjadi dan bahkan melibatkan banyak pihak [Image Source]
Aksi ini yang jelas akan memancing negara dengan menurunkan TNI untuk mengintervensi para suku itu. Hal ini mungkin akan memicu konflik nasional dan dampak buruknya bisa jadi Papua menuntut kemerdekaan. Jelas ini lebih buruk dari yang kita kira.

4. Hubungan Bilateral Amerika Indonesia Memburuk

Patut diketahui, Freeport yang menjembatani hubungan harmonis antara negara kita dan Amerika. Bukan rahasia pula jika perusahaan tersebut memang sudah menyumbang banyak sekali bagi negeri Paman Sam sejak pertama kali dikelola di zaman Soeharto. Lalu bagaimana jadinya jika pemasukan yang berharga ini tiba-tiba hilang gara-gara Indonesia tak memperpanjang kontrak Freeport? Yang jelas Amerika takkan pernah bertegur sapa dengan Indonesia.

Indonesia dan Amerika takkan lagi rukun [Image Source]
Indonesia dan Amerika takkan lagi rukun [Image Source]
Ini buruk bagi kita mengingat mereka mempunyai pengaruh yang kuat di dunia. Apa yang mereka putuskan akan menjadi keputusan semua orang. Kemudian mereka mungkin memanfaatkan kedigjayannya untuk membuat Indonesia lemah. Entah bermain-main dengan dolarnya, atau yang ditakutkan adalah melakukan invasi-invasi dengan dalih tertentu. Kita sendiri sebenarnya juga butuh banyak dari Amerika. Ketika penghubung harmonisme antar negara ini hilang, siap-siap dengan kemungkinan terburuk yang mungkin akan mereka lakukan.

5. Freeport Angkat Kaki Angka Pengangguran Naik Drastis

Ada sekitar 30 ribuan orang lebih yang bekerja di Freeport dan mayoritas mereka adalah orang-orang Indonesia. Dari data ini mungkin sudah bisa dipetakan bagaimana jadinya jika perusahaan Amerika itu hengkang. Yang jelas ancaman PHK massal besar-besaran takkan bisa terhindarkan.

Pengangguran juga jadi bencana besar yang akan terjadi saat Freeport hengkang [Image Source]
Pengangguran juga jadi bencana besar yang akan terjadi saat Freeport hengkang [Image Source]
Negara bakal kebingungan sendiri karena angka pengangguran yang makin tinggi ini harus diapakan. Bahkan mirisnya, 40 persen dari pekerja Freeport juga adalah orang asli Papua. Mereka pasti kebingungan pula bagaimana menghidupi keluarga. Indonesia harus cari solusi dari masalah pelik ini ketika pemerintah sudah tak lagi memperpanjang kontrak Freeport.

6. Pemasukan Negara Berkurang Banyak

Memang benar jika Freeport untung banyak dari Indonesia. Tapi, yang perlu diketahui, mereka juga memberikan kompensasi besar kepada negara. Jumlahnya sendiri makin signifikan setiap tahunnya. Bahkan tahun 2010 lalu mereka memberikan sekitar Rp 5,7 triliun. Sayangnya, takkan ada lagi pemasukan cuma-cuma seperti ini jika Freeport pergi.

Negara juga akan kehilangan salah satu sumber pemasukan cuma-cuma terbesar [Image Source]
Negara juga akan kehilangan salah satu sumber pemasukan cuma-cuma terbesar [Image Source]
Terkecuali kita benar-benar siap dalam pengelolaan, maka tak perlu berpikir tentang pemasukan cuma-cuma tadi. Karena kita akan mendapatkan yang lebih besar. Tapi, kalau keadaannya justru sebaliknya, bahkan menunggu kesiapan Indonesia sampai jangka waktu tertentu, negara tidak akan mendapatkan apa pun. Dilematis memang, namun semua pilihan ada risikonya.

Memang miris kalau sampai Freeport jatuh lagi ke pelukan Amerika. Makin dalam pula Grassberg dikeruk oleh mereka. Namun jika dikelola sendiri sepertinya kita juga belum benar-benar siap. Apalagi dengan perkiraan konflik di atas yang mungkin terjadi jika Freeport hengkang. Dilematis dan membingungkan. Entah apa yang akan dilakukan pemerintah nantinya. Namun kita hanya bisa berharap yang terbaik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA