5 Usaha Ilmuwan Buktikan Konsep Agama Secara Ilmiah

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 27, 2015

Agama adalah masalah keyakinan, hal yang hanya ada di hari setiap individu di dunia ini. Itulah mengapa akan sulit untuk menjabarkan secara ilmiah konsep-konsepnya. Sebagai contoh kita ambil konsep mengenai surga dan neraka. Orang baik akan masuk surga dan yang jahat akan masuk neraka. Kita percaya dengan hal itu secara penuh. Namun beberapa orang mempertanyakannya. Iyakah dua tempat itu benar-benar ada?

Well, Ilmuwan sejak dahulu kala ingin membuktikan konsep-konsep ilmiah itu, meski tetap mengalami kesulitan. Masalahnya dunia keyakinan dan ilmiah berseberangan. Sampai kapan pun ilmu tak akan mampu menyentuhnya. Tapi tak ada salahnya menyimak usaha-usaha manusia atas penemuan keyakinannya ini. Mari kita simak bersama-sama!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Konsep Surga dan Neraka

Surga dan Neraka ibarat sebuah reward yang akan diterima manusia atas segala hal yang telah dilakukan di dunia ini. Konsep ini dikenalkan di banyak agama di dunia termasuk Islam, dan Kristen. Di tahun 1972 sebuah ilmuwan ingin menemukan konsep surga dan neraka berdasarkan sebuah kalimat di ayat suci umat Kristen. Mereka membandingkan suhu dan radiasi yang diterima bumi dan surga. Cahaya yang diteliti berasal dari matahari dan juga bulan.

Konsep Surga dan Neraka [image source]
Konsep Surga dan Neraka [image source]
Selain itu ada perbandingan suhu antara surga dan neraka. Penelitian ini mengatakan jika suhu di surga jauh lebih panas dari neraka. Padahal secara konsep surga jauh lebih nyaman dari neraka. Well, penelitian itu tidak jelas bagaimana akhirnya. Konsep surga dan neraka adalah sesuatu yang sangat kompleks. Tak semua orang mampu mencapainya. Bahkan di era modern seperti sekarang pun.

2. Kitab Suci Agama Islam: Al-Quran

Bagi umat Islam, Al-Quran tak hanya sebuah kitab suci yang harus dipelajari dan diamalkan. Al-Quran juga merupakan sebuah keajaiban. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang tersimpan di dalam Al-Quran yang pada akhirnya sangat berguna bagi banyak orang di dunia ini. Sebut saja ilmu mengenai astronomi yang ternyata juga ada di dalam kitab suci ini.

Kebenaran Al-Quran [image source]
Kebenaran Al-Quran [image source]
Selain mengenai astronomi, konsep mengenai makhluk hidup juga terdapat dalam Al-Quran. Itulah mengapa kitab ini dianggap sebagai keajaiban. Dan banyak ilmuwan di seluruh dunia telah membuktikan kebenarannya. Meski demikian, masih banyak orang yang penasaran mengenai asal-muasal kumpulan ayat suci yang tak pernah berubah sejak zaman Nabi Muhammad, sang Nabi terakhir.

3. Reinkarnasi

Reinkarnasi adalah sebuah konsep yang diperkenalkan oleh agama Buddha. Setiap orang yang masih belum menyelesaikan tugasnya di bumi akan lahir kembali dalam wujud yang lain. Bisa tetap menjadi manusia atau pun menjadi hewan, dan tumbuhan. Konsep ini pernah diteliti oleh seorang psikiatris dari Universitas Virginia. Ia selama bertahun-tahun bekerja dan ingin membuktikan konsep yang sebenarnya sangat sulit ini. Peneliti yang terlanjur penasaran ini akhirnya mengumpulkan data untuk membuktikan apakah reinkarnasi ini nyata atau Cuma sebuah konsep belaka.

Reinkarnasi [image source]
Reinkarnasi [image source]
Penelitian ini membuahkan kesimpulan yang sungguh hebat. Dari beberapa orang yang dipercaya merupakan titisan manusia pendahulu didapat sebuah fakta. Kebanyakan orang yang menjadi titisan akan merasakan pengalaman masa lalunya sekitar umur 2-6 tahun. Rata-rata orang yang meninggal memiliki umur 28 tahun dan meninggal secara tidak baik. Bisa karena dibunuh, atau sebuah kecelakaan. Ah ya, sekitar 80% titisan memiliki jenis kelamin yang sama. Anyway, benar atau tidak semua tergantung dengan keyakinan setiap orang.

4. Virgin Birth

Dalam agama Kristen atau Katolik, Yesus adalah anak yang lahir dari Maria yang masih perawan. Itulah mengapa Maria sangat kebingungan ketika mengalami sebuah kehamilan sementara ia belum menikah. Akhirnya anak itu lahir dan menjadi Yesus yang dianggap sebagai anak Tuhan. Bayi yang dikirim langsung ke perut Maria hingga akhirnya besar dan mampu dilahirkan dengan selamat.

Virgin Birth [image source]
Virgin Birth [image source]
Sekelompok ilmuwan melakukan penelitian dan mengatakan jika hamil tanpa melakukan hubungan badan bisa terjadi. Sebuah teori mengatakan jika Maria memiliki kromosom XY yang seharusnya milik pria. Kondisi ini dinamakan dengan testicular feminization. Dalam sebuah cerita, Maria mendadak hamil begitu saja. Ilmuwan menyebutnya sebagai partheogenesis. Benar atau tidak semua bergantung pada kepercayaan masing-masing orang.

5. Konsep Angel dan Demon (Jin)

Umat Islam di seluruh dunia meyakini jika manusia terbuat dari air dan tanah liat, sementara malaikat terbuat dari cahaya, dan setan atau jin terbuat dari api dan asap. Meski demikian banyak yang meyakini jika Jin berbeda dengan setan. Mereka adalah sebuah bentuk kehidupan yang merupakan bentuk lain dari plasma yang keluar dari matahari. Dugaan ini dibuat sekitar tahun 1980 melalui buku berjudul Life Beyond Earth.

Konsep Angel dan Demon (Jin) [image source]
Konsep Angel dan Demon (Jin) [image source]
Plasma yang berasal dari matahari ini diyakini juga sebagai bentuk kehidupan yang memiliki beberapa komponen seperti manusia. Mereka juga memiliki semacam protein dan asam amino yang merupakan pembentuk kehidupan.

Seorang peneliti lain bernama Christ Lane mengatakan jika jin hidup pada spektrum infrared. Sementara itu malaikat hidup pada spektrum ultraviolet sesuatu yang muncul dari matahari. Mereka meyakini jika bentuk kehidupan selain manusia ini benar-benar ada di dunia ini.

Itulah lima konsep dari agama yang coba dibuktikan oleh ilmuwan. Beberapa menunjukkan sebuah kebenaran meski tak sempurna. Ada juga yang tak mampu membuktikannya. Konsep keagamaan adalah sesuatu yang dipercaya. Bukan untuk dibuktikan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA