7 Konflik Militer Paling Ngeri ini Masih Bertahan Hingga Sekarang

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Dec 21, 2015

Konflik militer atau yang menjurus menjadi sebuah perang telah menjadi makanan sehari bagi beberapa orang di wilayah ini. Kepentingan-kepentingan yang tak bisa dinegosiasi akhirnya membuat perang terus berjalan hingga kemungkinan untuk selesai sangatlah kecil. Bahkan ada yang mengatakan konfliknya abadi dan akan berhenti jika salah satu kalah atau sama-sama hancur. Berikut tujuh konflik militer paling ngeri yang terjadi sejak lama tapi masih bertahan sampai sekarang. Di wilayah ini ketenangan hanyalah sebuah mitos yang susah menjadi kenyataan. Mari kita simak bersama-sama!

1. Konflik Israel dan Palestina

Bisa dibilang konflik yang terjadi di Gaza adalah konflik abadi yang susah menemui jalan kelar. Setiap hari selalu saja ada bauk tembak hingga serangan bom yang menggempur wilayah konflik. Palestina menjadi negeri pesakitan karena wilayahnya semakin habis dicaplok Israel yang menjadi saudara dekat Amerika.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Konflik Israel dan Palestina  [image source]
Konflik Israel dan Palestina [image source]
Konflik militer yang terjadi antara Israel dan Palestina telah menjadi isu dunia. Sayangnya penyelesaian selalu tak terjadi. Konflik kedua kubu ini seperti sengaja dibiarkan karena ada kepentingan-kepentingan tertentu yang tersembunyi.

2. Konflik Korea Utara dan Korea Selatan

Meski jarang sekali terjadi baku tembak di antara dua negara. Namun nyatanya sampai sekarang di perbatasan negara masih terjadi ketegangan. Konflik-konflik kecil kerap memenuhi area DMZ yang dijaga ketat oleh tentara dari dua negara.

Konflik Korea Utara dan Korea Selatan  [image source]
Konflik Korea Utara dan Korea Selatan [image source]
Konflik militer antara Korea Utara dan Korea Selatan bisa dibilang tak akan ada akhirnya. Kedua negara sama-sama punya kepentingan. Apalagi saat ini Korea Utara dipimpin oleh Kim Jong-un yang dikenal sebagai diktator paling kejam saat ini.

3. Konflik di Afganistan

Afganistan mengalami konflik militer yang sangat panjang. Bahkan sejak tahun 1978 negeri ini sudah harus berperang melawan kelompok militan. Setelah masalah ini selesai negeri ini kembali diguncang dengan beberapa manuver dari negara seperti Uni Soviet (Rusia) hingga akhirnya NATO menguasai pada 2001 buntut serangan AL-Qaeda di Amerika.

Konflik di Afganistan  [image source]
Konflik di Afganistan [image source]
Konflik militer ini bisa dibilang perang besar yang katanya melawan terorisme. Selam 13 tahun perang telah memakan ribuan nyawa tak berdosa.  Di tahun 2015 ini konflik senjata kembali dilanjutkan dengan dalangnya adalah Amerika.

4. Konflik Somalia Melawan Al-Qaeda

Sejak tahun 1986 silam Somalia telah mengalami perang sipil yang mengakibatkan banyak sekali warganya tewas. Perang ini selesai pada tahun 1995 dan negara mulai damai kembali. Berpuluh tahun berselang Somalia dimasuki organisasi teroris mengerikan yang membuat negeri ini jadi memanas.

Konflik Somalia Melawan Al-Qaeda [image source]
Konflik Somalia Melawan Al-Qaeda [image source]
Perang terus terjadi hingga sekarang dan mengakibatkan banyak sekali rakyat sipil yang menjadi korban. Saat ini bahkan tentara Inggris ikut masuk bersama dengan tentara Amerika. Kerusuhan semakin menjadi-jadi di Somalia.

5. Konflik Internal Kolombia

Kolombia mengalami konflik berupa perang sipil yang terjadi sejak tahun 1964 dan sampai sekarang pun belum selesai. Konflik ini terjadi antara pemerintah, kaum pemberontak yang selalu menjadi oposisi pemerintah dan juga kaum gerilyawan.

Konflik Internal Kolombia  [image source]
Konflik Internal Kolombia [image source]
Mereka terus berperang dan rebutan wilayah vital di Kolombia. Selama 50 tahun perang sipil terjadi setidaknya ada sekitar 200.000 lebih meninggal dunia. Sebagian besar berasal dari warga sipil yang berada di daerah konflik.

6. Konflik Indonesia Dengan Organisasi Papua Merdeka

Konflik yang terjadi si Papua memang selesai. Alasannya Papua adalah daerah yang menyimpan banyak sekali sumber daya alam yang berharga, dalam hal ini emas. Banyak selentingan jika organisasi itu ditumpangi kepentingan asing yang menginginkan Papua yang kaya sumber daya ini merdeka.

Konflik Indonesia Dengan Organisasi Papua Merdeka  [image source]
Konflik Indonesia Dengan Organisasi Papua Merdeka [image source]
Konflik di Papua ini diprediksi tidak akan pernah selesai sebelum semua sumber daya di Papua habis. Indonesia pun juga tak akan dengan mudah melepaskan wilayah yang kadang selalu diabaikan ini, kecuali masalah sumber daya alamnya.

7. Konflik Kashmir India

Kashmir adalah daerah di utara India yang terus mengalami konflik hingga sekarang. Banyak sekali gerilyawan di Kashmir menginginkan adanya kebebasan dan lepas dari India. Sayangnya apa yang mereka inginkan justru menjadikan India kian murka dan baku hantam sering terjadi.

Konflik Kashmir India  [image source]
Konflik Kashmir India [image source]
Tak terhitung lagi berapa banyak gerilyawan ditangkap lalu disiksa dengan cara yang mengerikan sampai tewas. Apa yang terjadi di Kashmir benar-benar telah melanggar hak asasi manusia dan terus dilakukan sampai sekarang. Itulah tujuh konflik militer ngeri yang masih terjadi sampai saat ini. Konflik-konflik seperti ini hanya akan membawa kepedihan dan kematian banyak orang di dunia. Karena dalam konflik apa pun, tak ada sebuah kemenangan, yang ada hanyalah penderitaan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA