Trafik Komunikasi Melonjak Dalam Pergantian Tahun

oleh Alfry
08:25 AM on Jan 3, 2015

Pergantian tahun menjadi momen yang tak bisa dilewatkan begitu saja bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Maka tak jarang, masyarakat akan saling berkomunikasi baik melalui layanan komunikasi data maupun layanan data. Hal ini tentunya membuat trafik komunikasi melonjak. Operator telekomunikasi pun mempersiapkan jaringannya masing-masing.

Indosat dan Telkomsel sama-sama mengklaim berhasil mengantisipasi lonjakan lalu lintas data dan suara saat tahun baru. Keduanya juga mengklaim layanan data dan suara masing-masing meningkat, sementara layanan suara cenderung stagnan.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

Trafik Komunikasi Melonjak Dalam Pergantian Tahun
Trafik Komunikasi Melonjak Dalam Pergantian Tahun

Untuk kapasitas trafik suara ditingkatkan menjadi 2.340 juta menit/hari, untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1.285 milyar SMS/hari, sementara untuk data kapasitas menjadi 1075 terabyte/hari.

Sementara itu, Telkomsel secara nasional pada pergantian tahun 2015 mengalami kenaikan pada layanan data. Kenaikan terbesar terjadi pada layanan data yakni sebesar 20 persen menjadi 1,046 terabyte dibandingkan hari normal.

Untuk layanan data meningkat 20 persen menjadi 1046 Terabyte. Layanan SMS juga naik meski hanya satu persen, tercatat trafik SMS mencapai 977 juta. Sementara itu, penurunan terjadi pada layanan suara. Layanan ini turun empayt persen menjadi 1,2 miliar menit. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya, peningkatan layanan data Telkomsel melonjak hingga lebih 124 persen.

Sedangkan untuk XL, selama pergantian tahun baru jaringan tetap aman dan lancar. Data trafik XL menunjukkan pada hari normal 2014, trafik layanan suara mencapai 500 juta menit, SMS 600 juta, dan data 480 terabytes. Sedangkan dalam perayaan tahun baru 2015, layanan SMS naik sebesar 21,7 persen menjadi 730 juta SMS, layanan data naik 10,4 persen 530 terabyte, layanan suara mengalami penurunan dua persen 490 juta/menit.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA