Sosok Plt Kapolri Komjen Badrodin Haiti

oleh Adys Disty
09:34 AM on Jan 18, 2015

Presiden Joko Widodo akhirnya menunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas Kapolri, setelah status Budi Gunawan calon tunggal Kapolri yang menjadi tersangka kasus kepemilikan rekening gendut.

Presiden Joko Widodo telah memberhentikan dengan hormat Jenderal Sutarman dan menunjuk Komjen Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri. Badrodin yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolri mengisi posisi tersebut setelah Jokowi menunda pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Serah terima jabatan berlangsung Jumat (16/1).

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Sosok Plt Kapolri Komjen Badrodin Haiti
Sosok Plt Kapolri Komjen Badrodin Haiti

Jenderal Sutarman telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Wakil Kapolri (Wakapolri) Komjen (Pol) Badrodin Haiti ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pelaksana Tugas (plt) wewenang dan tanggung jawab sebagai Kapolri.

Badrodin merupakan peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik dari Akpol angkatan 1982. Dia menjabat sebagai Wakapolri sejak Maret 2014 menggantikan Komjen Oegroseno yang pensiun.

Ayah dua anak ini memiliki rekam jejak yang panjang di kepolisian. Pria kelahiran Paleran, Umbulsari, Jember, Jawa Timur, 24 Juli 1958 itu mengemban tugas sebagai wakapolri sejak 27 Februari 2014. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Setelah lulus dengan predikat terbaik dari Akademi Polisi tahun 1982, Badrodin memulai karier di dunia kepolisian dengan menjadi Danton Sabhara Dit Samapta Polda Metro Jaya. Setelah itu, dia ditarik menjadi Kasubro Ops Polres Metro Depok Polda Metro Jaya (1983).

Pria berusia 56 tahun tersebut pun kemudian mengecap pengalaman mulai dari Kapolsek Pancoran Mas, Kapolsek Metro Sawah Besar, Kasat Serse Polres Metro Jakarta Barat hingga Wakapolres Metro Jakarta Timur.

Setelah menjabat di level polsek dan polres (1985-2000), dia dipercaya memegang jabatan Kapolda Banten pada 2004. Jabatan Kapolda kemudian dia duduki untuk beberapa daerah, yakni Sulawesi Tengah (2006), Sumatera Utara (2009-2010), dan Jawa Timur (2010-2011). Hingga kemudian Kabaharkam Kabaharkam (2013-2014), Wakapolri (2014-sekarang) dan Plt Kapolri (2015).

Pada tahun 2010, Badrodin diangkat menjadi Kepala Divisi Hukum Polri. Di tahun yang sama, dia disebut sebagai satu dari 17 perwira tinggi yang diduga memiliki rekening gendut oleh ICW. Namun Badrodin sudah membantah dan menegaskan dirinya bersih.

Berdasarkan data laporan LHKPN, total harta Badrodin yang dilaporkan pada 2 Mei 2014 lalu adalah sejumlah Rp 8,2 miliar dan USD 4 ribu. Kekayaan itu berupa harta bergerak berupa sejumlah mobil dan logam mulia serta harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan yang tersebar di Jabodetabek.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA