7 Kode Rahasia Paling Susah Dipecahkan, Kamu Seorang Genius Jika Berhasil Membacanya!

oleh Adi Nugroho
09:00 AM on Sep 6, 2015

Manusia adalah makhluk paling pandai di dunia ini. Mereka memiliki kecerdasan yang kadang tak ada alat untuk mengukurnya. Tes IQ tak bisa menunjukkan secara gamblang kemampuan yang bisa manusia lakukan. Salah satu kemampuan paling hebat dari manusia itu adalah problem solving. Manusia bisa memecahkan masalah yang sulit, bahkan tak pernah dipikirkan sebelumnya.

Seperti saat kita memecahkan kode rahasia waktu pramuka. Kode-kode yang diberikan ternyata memiliki arti tersendiri. Kita hanya diberi hint atau petunjuk yang sedikit. Lalu kemampuan problem solving kita akan bekerja. Di bawah ini ada tujuh kode rahasia yang sudah dipecahkan. Jika anda sangat cerdas atau genius, coba deh pecahkan!

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Beale Ciphers

Beale Ciphers adalah sebuah kode rahasia yang terdiri dari 3 teks. Isi dari teks itu hanyalah berupa angka-angka. Coba perhatikan salah satu kode di bawah ini. Tanpa petunjuk, coba pecahkan apa maksudnya!

Beale Ciphers [image source]
Beale Ciphers [image source]
Beale Ciphers pertama kali ditemukan pada tahun 1885 di sebuah lokasi penguburan harta. Dari dulu hingga sekarang tak ada yang mampu memecahkan kodenya. Meski beberapa orang mengaku mampu memecahkan misteri dibalik deretan angka ini. Namun semuanya hanya hoax! Bagaimana? Apa anda sudah memiliki gambar dari kode yang diciptakan oleh Thomas J Beale ini?

2. Voynich Manuscript

Voynich Manuscript adalah sebuah buku yang berisi banyak kode yang tak dikenal. Beberapa tulisan yang terdapat dalam buku ini berasal dari bahasa yang tak dikenal. Ilmuwan menyebutkan jika buku ini berasal sekitar tahun 1404-1438. Sejak ditemukan dan akhirnya dimiliki oleh Wilfeid Voynich pada tahun 1912, tak seorang pun mampu membaca isi buku ini.

Voynich Manuscript [image source]
Voynich Manuscript [image source]
Voynich Manuscript berisi 240 halaman yang penuh dengan lukisan objek dan tulisan yang aneh. Benda ini akhirnya ditetapkan sebagai buku dengan kode tak bisa diterjemahkan sepanjang zaman. Perhatikan gambar-gambar di atas. Ada ide enggak?

3. Zodiac Killer Ciphers

Zodiac Killer adalah salah satu pembunuh berantai paling terkenal dalam sejarah. Kemampuannya dalam bersembunyi membuat banyak orang kagum. Bahkan polisi sehebat apa pun tak berhasil menangkapnya hidup atau pun mati. Sejak tahun 1960 Zodiac Killer terus membuat keresahan di California. Ia bisa membunuh siapa saja di jalanan tanpa diketahui oleh polisi.

Zodiac Killer Ciphers [image source]
Zodiac Killer Ciphers [image source]
Pada tahun 1974, Zodiac Killer mengirim sebuah surat yang isinya kode rahasia. Kodenya terbilang sangat unik. Polisi dan pers tak bisa memecahkan kodenya meski telah mengerahkan banyak ahli kode. Banyak spekulasi muncul jika kode itu berisi nama asli dari pembunuh berantai mengerikan itu.

4. Dorabella Cipher

Pernahkah anda berkomunikasi dengan orang menggunakan kode? Misal morse atau kode yang anda ciptakan sendiri? Kode-kode ini anda gunakan agar tak banyak orang tahu komunikasi yang anda lakukan. Jika ada rahasia maka semuanya akan aman. Tak akan ada orang yang mampu menerjemahkannya!

Dorabella Cipher [image source]
Dorabella Cipher [image source]
Seperti yang dilakukan oleh komposer Edward Elgar. Pria ini mengirim surat yang isinya berupa kode ke temannya bernama Dora Penny. Surat ini dikirim pada tahun 1897. Isinya hanya tiga baris kode yang berbentuk setengah lingkaran. Hayo, ada yang tahu enggak apa maksud surat dari Edward Elgar ini?

5. Linear A

Linear A adalah sebuah skrip yang tertulis dan terukir di atas sejenis lempeng batu. Ilmuwan menemukan kode Linear A di Crete, Turki dan juga Israel. Kode yang ada di dalam lempeng ini seperti angka antara 7362-7396. Berasal dari tahun 1.800 sebelum masehi.

Linear A [image source]
Linear A [image source]
Saat ditemukan ada dua buah lempeng yang berbeda. Mereka menyebutnya dengan Linear A dan Linear B. Namun Linear B telah mampu dipecahkan dengan sempurna oleh arsitek Inggris. Linear A masih menyisakan misteri yang tak bisa dipecahkan oleh siapa saja di dunia ini. Coba pecahkan!

6. The Phaistos Disk

The Phaistos Disk adalah sebuah artefak yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Diperkirakan benda bersejarah ini berasal dari istana Minoan, Phaistos, Pulau Crete, Yunani. Arkeolog memperkirakan jika benda ini berasal dari milenium ke-2 sebelum masehi. Jadi sudah nyaris 5000 tahun.

The Phaistos Disk [image source]
The Phaistos Disk [image source]
Artefak berbentuk lingkaran ini memiliki 241 simbol yang tersebar di seluruh permukaannya. Dari 241 simbol itu diketahui ada 45 tanda unik yang mirip hieroglyph di Mesir. Banyak orang percaya jika kode ini menyimpan pesan khusus. Namun sampai sekarang belum ada yang mampu menerjemahkannya!

7. Indus Script

Indus Script adalah sebuah kode yang terdapat di sebuah papan besar. Kode ini berupa simbol-simbol yang sangat unik. Dari uji karbon yang dilakukan, objek ini berasal dari abad ke-35 hingga abad ke-20 sebelum masehi. Penduduk di lembah Indus dipercaya menggunakan kode ini untuk berkomunikasi.

Indus Script [image source]
Indus Script [image source]
Pada tahun 1875, kode ini ditemukan pertama kali oleh arkeolog. Namun hingga sekarang tak ada yang mampu menerjemahkan apa maksud dari kode ini. Pun tak dapat diidentifikasi berasal dari bahasa apa kode ini.Coba perhatikan baik-baik kode di atas. Beberapa ada yang familiar kan?

Dari tujuh kode tak bisa dipecahkan di atas, nama yang akhirnya berhasil anda pecahkan? Atau paling tidak sudah ada bayangan apa maksud kode ini. Hmm, enggak ada? Baiklah, kode berasal dari masa lalu ini emang susahnya setengah mati!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA