5 Kitab Suci Agama di Dunia ini Tak Banyak Diketahui Orang

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Feb 9, 2016

Kita semua mengenal kitab-kitab suci umat beragama di dunia seperti Alquran, Injil, Weda, dan Tripitaka. Selain kitab suci umat beragama ini, sebenarnya banyak sekali kitab suci yang dimiliki oleh agama-agama di dunia. Kitab ini ditulis dan disebarkan untuk umat agar mereka mendapatkan tuntunan hidup yang baik dan tak berbuat yang melanggar ketentuan agama.

Inilah tujuh kitab suci yang mungkin tidak pernah kamu dengar. Kitab ini digunakan oleh agama-agama kecil di dunia yang namanya saja mungkin tak pernah kita dengar. Meski begitu, kitab ini tetaplah sebuah benda suci yang berisi ajaran yang baik.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

1. Codex Borgia

Codex Borgia adalah sebuah manuskrip suci yang ditulis oleh Agama Mesoamerika ribuan tahun lalu. Saat Spanyol mulai menduduki wilayah ini banyak dengan kepercayaan ini dibabat habis hingga hanya menyisakan sebuah manuskrip kuno yang sampai saat ini pun diperdebatkan dengan sangat sengit.

Codex Borgia [image source]
Codex Borgia [image source]
Codex Borgia tak hanya berisi mengenai astronomi dan juga masalah ketuhanan. Manuskrip ini juga berisi tentang cara hidup yang baik, festival, dan petunjuk hubungan antara manusia-manusia dan manusia-Tuhan. Sampai saat ini Codex Borgia masih diteliti untuk dicari kesimpulannya secara lebih detail.

2. The Gospel of The Prophet Mani

Pada abad ke-3 masehi, dunia sedang mengalami  kebimbangan tentang dua buah agama besar yang saling bertolak belakang. Paganisme dan Kristen berjuang memperluas pengaruhnya ke negara-negara di Eropa dan Asia. Dari kebimbangan ini seorang bernama Mani mulai membuat agama sendiri dan menulis kitab suci sebagai pedoman bagi para pengikutnya yang kala itu jumlahnya sangat banyak.

The Gospel of The Prophet Mani [image source]
The Gospel of The Prophet Mani [image source]
The Gospel of The Prophet Mani adalah sebuah kitab yang mengajarkan sebuah kebaikan. Di kitab ini Mani menyuruh semua umatnya untuk melakukan hal baik dan meningkatkan spiritualitas diri. Ajaran ini menekankan adanya dua hal pokok pada dunia, pertama adalah kegelapan dan yang kedua adalah cahaya. Dua hal ini akan terus berperang sampai kapan pun.

Manichaeism (Agama Mani) adalah agama paling berpengaruh hingga pengikutnya ada yang berasal dari Tiongkok. Sayangnya pada abad ke-10 agama ini lenyap karena tekanan dari agama Kristen yang saat itu sudah mulai berkembang pesat di Eropa.

3. Amritbani Guru Ravidass Ji

Ravidass adalah salah satu agama yang dikembangkan pada abad ke-14 oleh seorang Guru bernama Ravidass. Setelah bertahan selama 6 abad, agama ini harus memasuki masa kehancuran karena mengalami konflik dengan agama Sikh di abad ke-20. Sejak saat itu pengikut Ravidass sudah mulai berkurang hingga muncul lagi di awal tahun 2011.

Amritbani Guru Ravidass Ji [image source]
Amritbani Guru Ravidass Ji [image source]
Amritbani Guru Ravidass Ji adalah sebuah kitab suci yang diajarkan oleh agama Ravidass. Kitab ini mengajarkan tentang keesaan dari Tuhan dan juga bagaimana membuat sebuah hubungan dengan-Nya. Amritbani Guru Ravidass Ji juga mengajarkan bagaimana memperoleh sebuah moksa dan mengakhiri masa pengembaraan. Saat ini pemeluk Ravidass di India telah mencapai angka 1 juta jiwa dan diprediksi akan semakin berkembang.

4. Odu Ifa

Odu Ifa adalah sebuah sistem kitab suci pada agama-agama kuno Afrika yang masih bertahan sampai sekarang. Biasanya para pemeluk agama ini akan melakukan semacam ritual yang nantinya akan menentukan nasib mereka. Dalam hidup ada 16 situasi kehidupan yang berbeda-beda. Situasi ini akan dilipat gandakan dan menjadi 256 kemungkinan.

Odu Ifa [image source]
Odu Ifa [image source]
Odu Ifa adalah sebuah panduan yang akan dibaca melalui sebuah biji-bijian yang dilempar. Posisi biji-bijian ini akan menentukan bagaimana nasib sebuah kelompok selama beberapa waktu. Dalam Odu Ifa biasanya juga tertulis bagaimana mereka harus menyikapi kehidupan yang kadang senang dan kadang juga susah.

5. Yazidi Black Book

Yazidi adalah sebuah etnik kecil di Timur Tengah yang saat ini mulai ditekan oleh banyak pihak. Etnik ini dianggap menyimpang dalam menjalankan ibadah karena menyembah sebuah dewa bernama Tawsi Melek. Sementara itu lingkungan dari penduduk Yazidi adalah orang Islam. Akhirnya banyak kejadian mengerikan dialami oleh etnik ini yang salah satunya adalah mendapatkan serangan bom dari ISIS.

Yazidi Black Book [image source]
Yazidi Black Book [image source]
Orang Yazidi memiliki sebuah kitab suci bernama Yazidi Black Book. Kitab ini menceritakan tentang asal-usul dunia dan juga bagaimana cara beribadah dengan baik. Saat ini kitab dari Yazidi banyak sekali dihancurkan karena dianggap menyesatkan dan tidak sesuai dengan ajaran yang berlaku umum di wilayah Irak dan sekitarnya.

Inilah lima kitab suci agama di dunia yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Kitab-kitab ini mungkin sekarang sudah jarang ada. Namun ajaran-ajaran mereka tetaplah abadi bagi para pengikutnya yang masih tersisa di dunia. Anyway, dari lima kitab suci di atas mana yang kira-kira pernah kamu dengar?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA