in

Kisah Ken Arok, Seorang Pencuri yang Berhasil Membangun Kerajaan

5. Memberontak dari Kerajaan Kadiri

Tumapel sendiri sebenarnya merupakan bagian dari Kerajaan Kadiri. Namun Ken Arok kemudian terus memperluas wilayah sehingga dianggap membangkang. Para Brahmana yang berselisih dengan Kertajaya, raja Kadiri kemudian pindah ke Tumapel dan meminta perlindungan Ken Arok yang sedang mempersiapkan pemberontakan.

Candi Jago kerajaan Singasari [Image Source]
Candi Jago kerajaan Singasari [Image Source]
Dengan dukungan dari para Brahmana, Ken Arok menyatakan Tumapel sebagai kerajaan merdeka yang lepas dari Kadiri. Maka selanjutnya terjadilah peperangan antara Kadiri dan Tumapel yang berakhir dengan kalahnya Kertajaya. Kemudian kerajaan Tumapel diganti namanya menjadi Kerajaan Singasari yang hanya bertahan sebentar yaitu dari tahun 1222 hingga 1292.

Baca Juga : 9 Bukti Bahwa Pasukan Elit Khusus Sudah Pernah Ada Sejak Zaman Dulu

Ken Arok memang berhasil mendirikan sebuah kerajaan, tapi toh pada akhirnya kerajaan tersebut tidak bisa bertahan lama. Ken Arok mati dibunuh oleh Anusapati yang merupakan putra dari Tunggul Ametung. Dan konflik perpecahan antar keluarga akhirnya juga justru membuat kerajaan ini tidak bisa bertahan. Mungkin inilah gambaran jelas sejarah bahwa kesuksesan yang diraih dengan jalan kecurangan atau kejahatan tidak akan bertahan lama.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

9 Bukti Bahwa Pasukan Elit Khusus Sudah Pernah Ada Sejak Zaman Dulu

Maaf Yah Kalau Aku Nangis, Aku Nggak Mau Pisah dari Ayah...

Untuk Ayah, yang Telah Ikhlas Melepasku Memulai Hidup Baru dengan Suami yang Kucintai