Kisah Nyesek Joshua, Bocah Kecil yang Membuat Netizen Iba Gara-Gara Selalu Makan Nasi Pakai Snack

Kisahnya bakal bikin sadar jika kita lebih beruntung

oleh Nikmatus Solikha
17:00 PM on Jul 23, 2017

Masa kecil kerap dianggap sebagai momen yang paling membahagiakan. Entah itu tentang bebas bermain bersama teman, menikmati santapan enak, sampai belajar di tempat yang nyaman. Tapi nyatanya, tidak semua anak beruntung bisa menikmati hari-hari yang sempurna. Dan kemiskinan jadi masalah nomor wahid bagi anak-anak kurang beruntung tersebut.

Salah satunya adalah Joshua, anak usia SD yang belakangan ini kisahnya mengalihkan perhatian netizen. Bocah ini harus merasakan pengalaman pahit saat kecil lantaran kemiskinan. Mirisnya, apa yang terjadi padanya benar-benar bikin iba. Seperti apa kisahnya? Berikut ini adalah cerita selengkapnya.

Baca Juga
Masih Ingat Fidelis yang Dipenjara Gara-gara Menanam Ganja untuk Sang Istri? Begini Kabarnya Sekarang
4 Sosok ‘Unik’ Ini Bikin Kamu Sadar Motor Mahalmu Nggak Ada Harganya Jika Masih Menerobos Lampu Merah

Makan nasi dengan lauk snack

Seperti umumnya anak-anak di jam istirahat, Choriil, salah satu guru di tempat Joshua belajar memerhatikan sebagian besar murid-muridnya pergi ke luar untuk membeli jajanan. Namun ada pula yang lebih memilih makan bekal yang dibawa dari rumah. Dan saat acara makan bersama dengan beberapa orang muridnya itu, mendadak ada seorang anak yang mencuri perhatiannya. Ya, Joshua.

Joshua bocah tegar [image source]
Choriil mendekat dan terenyuh melihat Joshua yang begitu lahap menikmati bekalnya. Lain dari teman-temannya yang menyantap nasi dengan pelbagai lauk yang enak dan sayuran lengkap, bocah ini justru hanya menelan nasi dengan taburan snack. Terlebih, porsi nasi dalam kotak bekal Joshua juga sangat banyak. Choriil paham jika makanan tersebut seharusnya tidak jadi menu utama bagi anak-anak seusianya.

Bocah yang tetap menikmati santapan meski berlauk snack

Simpati dengan apa yang dialami oleh salah seorang muridnya, Choriil kemudian mengabadikan moment di mana Joshua melahap nasinya. Meski hanya berlauk snack yang sangat sedikit, dalam jepretan yang ditangkap oleh Choriil, terlihat bahwa Joshua sangat menikmati makanannya, atau memang rasa lapar membuat makanan apapun tetasa enak?

Makan siang hanya dengan snack [image source]
Yang jelas, Choriil begitu empati. Dari sana, Choriil jadi sadar jika tak semua anak beruntung memiliki kehidupan yang layak. Hal itu yang membuat hatinya tergerak untuk bisa melakukan sesuatu kepada muridnya.

Tak sanggup beli lauk karena uang saku hanya 800 rupiah

Tak hanya menangkap momen dalam foto, Choriil juga membuat video berdurasi singkat yang berisi tentang obrolan kecilnya dengan sang murid. Dari rekaman tersebut, Choriil sempat bertanya kenapa si bocah hanya menyantap nasi dan snack saja.

memiliki kehidupan yang serba kekurangan [image source]
Dengan kepolosan, Joshua menjawab jika ia hanya mendapat uang saku 3 peso, atau sekitar 800 rupiah. Dengan uang segitu, bocah tersebut hanya mampu membeli sebungkus snack dan kemudian di tambahkan ke atas nasi yang dibawanya dari rumah.

Kisahnya bikin netizen di berbagai dunia terharu

Melalui sosial media yang dia miliki, Choriil pada akhirnya memposting kisah dan video tentang Joshua. Ia tak menyangka jika ceritanya akan viral di berbagai dunia. Bahkan, berkat postingannya, Choriil bisa mengumpulkan donasi untuk membantu Joshua. Uang yang terkumpul juga bisa juga bisa ia gunakan untuk membeli makanan untuk murid-muridnya yang membutuhkan.

Kondisi rumah Joshua yang serba kekurangan [image source]
Setelahnya, Choriil juga menyempatkan diri mengunjungi kediaman sang murid. Dari sana, ia tahu bahwa bocah tersebut juga tinggal di rumah yang sangat kurang layak. Lantai dan rumahnya hanya terbuat dari bambu. Banyak netizen yang begitu iba melihatnya. Tak hanya donasi, Joshua juga mendapatkan banyak doa dari warganet, agar kelak ia bisa menjadi laki-laki yang lebih sukses dan kaya.

Melihat cerita Joshua, setidaknya kita sadar bahwa begitu banyak anak-anak yang kurang beruntung. Semoga dengan ini, kita bisa lebih mensyukuri apa yang kita miliki dan berusaha lebih peka, karena banyak Joshua Joshua lain yang membutuhkan uluran tangan kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA