in

King Leopold II, Raja Sakit Jiwa yang Jauh Lebih Kejam daripada Hitler

Kerakusan dan Kekejaman Leopold II di Kongo

Sejarah mencatat kalau Leopold II begitu keras dengan Kongo. Ia menyulap negeri yang sebelumnya damai ini menjadi negara yang 100 persen berisi budak. Di bawah panji penjajahan miliknya, Leopold Memaksa orang-orang Kongo untuk mengais sumber daya mereka sendiri dan memenuhi kantong-kantong harta Leopold II.

Potret kekejaman Leopold II [Image Source]
Potret kekejaman Leopold II [Image Source]
Leopold II juga begitu kejam terhadap orang-orang Kongo. Lewat tangan para prajuritnya, sang raja dengan senangnya membantai dan memutilasi orang-orang sana jika tak mau bekerja. Setidaknya sekitar 10 juta lebih orang Kongo yang tewas semasa penjajahan Belgia. Sama seperti kekejaman Jepang terhadap Tiongkok di awal-awal kependudukannya, tapi yang satu ini jauh lebih kejam dan biadab.

Jadi Skandal Besar dan Leopold II Lepas Tangan

Jika kematian 6 juta Yahudi oleh Hitler sangat mengguncang dunia, apalagi yang dilakukan Leopold II ini. Tentu saja apa yang diperbuatnya di Kongo langsung jadi kontroversi yang begitu besar. Ya, akhirnya skandal tak karuan Leopold II di Kongo yang sebelumnya tertutupi dengan sempurna lewat label program kesejahteraan akhirnya terkuak.

Leopold II lepas tanggung jawab [Image Source]
Leopold II lepas tanggung jawab [Image Source]
Lucunya, Leopold II seolah tak ingin bertanggung jawab atas hal tersebut. Dengan entengnya setelah ketahuan membantai 10 juta orang, Leopold II langsung memberikan kuasanya kepada parlemen. Memang hal ini membuat posisinya sebagai raja berakhir, namun ia terbebas dari segala tuntutan. Membunuh 10 juta orang, Leopold II masih bisa menikmati hidupnya dengan segala harta yang dimiliki.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Indonesia dan Ironi Manusia-Manusia Penimbun Sampah

Heard, Pulau Paling Terpencil di Dunia yang ‘Haram’ Dikunjungi Manusia