7 Keutamaan Makan Sahur Menurut Rasulullah

oleh Adi Nugroho
03:27 AM on Jun 27, 2015

Sejak kecil kita mengenal sahur sebagai makan di pagi buta agar nanti puasanya bisa kuat. Agar memiliki tenaga yang cukup saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan hingga lebih dari 14 jam. Namun sesungguhnya, di balik itu semua ada keutamaan-keutamaan yang bahkan Rasulullah juga melakukannya.

Sahur tak cuma makan dan minum. Berikut keutamaan dari sahur menurut Rasulullah yang harus kita pahami dan mengeri. Mari kita simak bersama-sama agar ibadah puasa semakin berkualitas.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Sahur Adalah Wujud Ketaatan Kita Kepada Yang Maha Kuasa

Menurut Rasulullah, sahur merupakan wujud ketaatan kita kepada Yang Maha Kuasa. Hal ini bahkan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayah 187 yang memiliki arti: “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”

Ketaaatan [image source]
Ketaaatan [image source]
Ayat ini secara tidak langsung menganjurkan kita semua untuk makan sebelum berpuasa. Jika telah tertulis demikian di dalam Al-Quran, artinya sahur bukanlah hal yang bisa kita sepelekan. Meski bukan merupakan ibadah, namun sahur memberikan suatu keutamaan bagi kita untuk menjalankan ibadah selama sehari penuh.

2. Sahur Akan Membantu Kita Kuat Beribadah Puasa Selama Sehari Penuh

Poin inilah keutamaan dari sahur yang sering kita pahami sedari kecil. Sahur akan memberikan asupan tenaga yang cukup besar untuk kita gunakan selama sehari penuh. Terutama jika kita makan sahur dengan makanan yang tinggi protein. Energi dari protein akan mampu memberikan asupan tenaga selama sehari penuh.

Makanan Tinggi Protein [image source]
Makanan Tinggi Protein [image source]
Jika kita tidak makan sahur, tubuh akan terasa sangat lemah. Kita akan malas melakukan apa saja. Bahkan tidur menjadi aktivitas favorit yang bisa kita lakukan. Meski tidur orang puasa ibadah, namun alangkah baiknya kita melakukan aktivitas lain yang jauh lebih bermanfaat.

3. Membedakan Kita Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa

Rasulullah pernah bersabda, “Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur.” Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim.

Umat Islam [image source]
Umat Islam [image source]
Semakin jelas jika sahur bukan sekedar makan dan minum. Sahur juga merupakan bagian suatu ibadah dalam hal ini puasa. Jika Rasulullah telah memberikan petunjuk, artinya kita tidak perlu lagi mengkhawatirkan keutamaannya.

4. Membuat Kita Bangun Pagi Sehingga Bisa Melaksanakan Tahajjud

Kita biasanya makan sahur sekitar pukul 3 pagi. Waktu itu adalah 1/3 malam terakhir yang sangat baik untuk Sholat Tahajjud. Dengan bangun untuk sahur kita bisa menjalankan ibadah sunah ini terlebih dahulu. Baru diikuti dengan makan sahur dan menunggu waktu subuh.

Sholat Tahajjud [image source]
Sholat Tahajjud [image source]
Kita biasanya cenderung malas bangun pagi buta untuk Sholat Tahajjud. Melalui momen sahur ini kita akan membiasakan diri bangun pagi untuk ibadah-ibadah yang sebelumnya jarang kita lakukan. Sahur benar-benar memberikan manfaat kepada kita secara langsung.

5. Waktu Sahur Digunakan Sebagai Waktu Mengucap Niat Puasa

Berapa kali anda lupa mengucapkan niat saat puasa? Tanpa niat kita dianggap tidak melakukan puasa meski selam seharian penuh telah menahan lapar dan hawa nafsu. Benar-benar miris jika kita sampai melupakan niat puasa.

Tidak Makan Selama Sehari dan Diganti  Sahur [image source]
Tidak Makan Selama Sehari dan Diganti Sahur [image source]
Sahur akan membuat kita mengingat niat untuk berpuasa. Dengan membiasakan niat setelah makan sahur akan membuat puasa kita berjalan dengan lancar. Puasa datang setahun sekali. Jangan kita kacaukan hanya dengan tidak mengucap niat. Sekali lagi, jangan lupa mengucap niat puasa usai sahur.

6. Membuat Kita Mau Berjalan ke Masjid Untuk Berjamaah

Sholat Subuh di masjid saat pagi buta berjamaah adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Alasannya utamanya adalah malas. Terlebih pagi adalah saat enak-enaknya orang tidur. Kalau pun bangun pagi, melangkahkan kaki ke masjid adalah hal yang berbeda.

Sholat Shubu di Masjid [image source]
Sholat Shubu di Masjid [image source]
Dengan sahur maka kita akan memiliki waktu yang lebih untuk berangkat ke masjid. Jika sebelumnya malas, kita bisa menghilangkan itu. Terlebih tubuh telah terisi energi yang cukup. Berangkat ke masjid bukan jadi kemalasan lagi.

7. Memberikan Kesempatan Kita Untuk Beramal

Sahur juga akan membuat kita beramal baik kepada sesama. Jika kita memiliki rizki yang berlebih sahur bisa kita manfaatkan dengan memberikan makan sahur kepada orang lain yang tidak mampu. Kita bisa mengirimkan nasi bungkus atau nasi dalam kardus ke masjid-masjid atau ke tunawisma di pinggir jalan.

Memberi Makan Sahur Kepada Orang Tak Mampu [image source]
Memberi Makan Sahur Kepada Orang Tak Mampu [image source]
Dengan beramal kepada orang lain, nilai puasa kita akan semakin meningkat. Terlebih sahur adalah gerbang kita melaksanakan puasa selama seharian penuh. Manfaatkan kesempatan untuk beramal karena tidak akan datang setiap waktu, apalagi di bulan yang penuh berkah.

Itulah keutamaan-keutamaan makan sahur menurut Rasulullah yang bisa kita dapatkan semuanya. Sahur bukan hanya masalah makan, tapi memiliki segudang keutamaan yang akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA