Hebat 5 Pria Keturunan Jawa ini Jadi Sosok Berpengaruh di Suriname

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 19, 2016

Saat Belanda melakukan kolonialisasi di Indonesia, banyak orang dari Suku Jawa yang dibuang ke Suriname. Saat sampai di negara Amerika Selatan ini, mereka dipaksa bekerja di kebun-kebun milik Belanda. Mereka disuruh bercocok tanam, merawat, hingga memanen tanaman seperti tebu dan kopi yang menjadi komoditas penting di Eropa.

Baca Juga : 5 Kota di Jawa Timur ini Terkenal Akan Kecantikan Para Wanitanya

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Saat Belanda dikalahkan oleh Jepang, mereka tetap dipekerjakan di sana hingga sama sekali tidak dikembalikan. Lambat laun orang-orang dari Suku Jawa ini menetap dan membuat komunitasnya sendiri. Bahkan seiring berkembangnya waktu mereka jadi orang-orang penting di negeri yang sangat jauh ini. Seperti lima pria hebat keturunan Jawa di bawah ini.

1. Hendrik Soerat Setrowidjojo

Hendrik Soerat Setrowidjojo adalah seorang politikus Suriname yang merupakan pria keturunan Jawa. Ia lahir di Distrik Commewijne pada 13 September 1956. Sesepuh dari Hendrik dulunya merupakan pekerja kasar yang dibawa oleh Belanda. Mereka tidak kembali lagi ke Jawa karena tidak memiliki biaya dan sudah terlanjur kerasan di Suriname.

Hendrik Soerat Setrowidjojo [image source]
Hendrik Soerat Setrowidjojo [image source]
Hendrik merupakan lulusan jurusan arsitek di kampus setempat. Pada tahun 2001 karier politiknya menanjak hingga diberikan jabatan sebagai wakil direktur di direktorat kerakyatan di Kementerian Urusan Sosial dan Ekonomi Kerakyatan. Saat ini ia menjabat sebagai Menteri Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Suriname sejak tahun 2010.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA