9 Sensasi Tak Tergantikan Ini Bisa Kamu Dapatkan Hanya Ketika Naik Gunung

oleh Anas Anas
13:06 PM on Mar 22, 2016

Mendaki gunung akhir-akhir ini menjadi tren bagi hampir semua kalangan. Tidak cuma anak muda, orang tua sampai anak-anak pun mulai ikut merasakannya. Bahkan, diawal tahun 2014 lalu pernah tercatat nama Eka Meidya Putra, bocah 4,8 tahun, sudah 3 kali mencapai Puncak Gunung Merapi Burni Telong di Kabuaten Bener Meriah, Aceh, dengan ketinggian 2.623 MDPL.

Naik gunung yang dulunya wah kini menjadi ‘biasa-biasa’ saja. Tapi, meskipun demikian sensasi menaklukkan puncak tertinggi itu tak pernah ada habisnya. Meski badan remuk, seperti pepatah Jawa, kapok lombok, setelah pedasnya hilang orang itu pun ingin mencobanya lagi. Karena kesan naik gunung itu tak bisa digantikan dengan yang lain. Nah, apa saja sih sebenarnya sensasi yang hanya bisa didapatkan dengan naik gunung? Berikut ulasannya.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Salah satu hal yang banyak dicari oleh pendaki gunung adalah mengejar. Istimewanya di atas gunung, pemandangan terasa indah karena tidak ada yang menghalangi luasnya pandangan mata. Faktanya, banyak pendaki pemula yang ketagihan naik gunung gara-gara keindahan terbit dan tenggelamnya bintang pusat tata surya ini.

1. Fantastis! Menemukan Negeri di Atas Awan

Luar biasa! Satu kata yang mungkin pantas terucap untuk pemandangan satu ini. Jika beruntung, seorang pendaki akan menemukan negeri di atas awan yang sesungguhnya.

tumblr_mum8djKmTu1rsdwtzo2_1280
Jika beruntung, kamu akan menemukan negeri di atas awan [ Image Source ]
Gumpalan awan bergulung–gulung mirip karpet kapas putih yang sangat luas tersaji di depan mata, seolah-olah bisa diraih dengan mudah. Bahkan imajinasi akan membawamu melayang mengajakmu untuk berjalan di atasnya.

2. Bertemu Edelweis

Edelweis adalah primadona bagi setiap pendaki. Sebuah kesempatan langka bisa menemukan bunga ini karena mekarnya yang hanya di saat-saat tertentu selama satu tahun.

gunung-merapi-bunga-edelweis_lowres_ruliamrullah
Edelweis, primadona bagi setiap pendakian [ Image Source ]
Yang harus diketahui, bunga ini tak boleh dipetik barang setangkai pun. Jika ketahuan, seorang pendaki bisa disuruh petugas untuk kembali naik ke puncak untuk mengembalikkan bunga ini ke tempat asalnya.

3. Terima Kasih Untuk Tidak Nyampah!

Ada satu pedoman yang harus dipegang oleh seorang pendaki, yakni tidak boleh meninggalkan ataupun membuang sampah sembarangan. Keindahan alam adalah bonus bagi seorang pendaki dan untuk menjaganya ia harus ikut melestarikan, paling tidak dengan tidak mengotorinya.

pendaki-kumpulkan-sampah_20150823_233654
Bawa kembali sampahmu sampai di pos pendaftaran [ image Source ]
Bawa kembali setiap sampah yang kamu bawa karena di gunung tidak menyediakan jasa cleaning service untuk kotoran-kotoranmu. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.

4. Mengenali Kepribadian Orang

Kamu ingin mengenali temanmu lebih baik? Ajaklah dia naik ke puncak gunung. Perjalanan berhari-hari akan mengolah emosinya. Saat lelah dan energi terkuras habis, kepribadian seseorang akan muncul.

nbsyJ8FSq1
Kepribadian seseorang akan muncul sat mendaki gunung [ Image Source ]
Bisa saja teman yang kamu kenal baik berubah drastis saat perjalanan ke puncak. Sebaliknya, teman yang sekiranya biasa bersikap acuh pun bisa berubah sikap menjadi lebih care dan friendly.

5. Persaudaraan Sesama Pendaki

Sebagai sesama pendaki, kamu akan merasa senasib sepenanggungan. Tidak ada lagi orang yang kamu punya selain teman seperjalanan.

tumblr_inline_nsyafk8Z7s1r4i0u8_500
Sesama pendaki akan sama rasa [ Imgae Source ]
Meski demikian, kenal ataupun tidak, antar sesama pendaki akan selalu tersimpan sikap baik, ramah dan helpfull satu sama lain. Bisa saja kamu akan sering saling sapa selama perjalanan, terlibat obrolan, dan saling berbagi info layaknya teman dekat.

6. Sensasi Menaklukan Puncak

Mendaki gunung selalu menciptakan rasa lelah. Namun semua itu akan terbayar lunas saat kamu menemui ke puncak. Di setiap pendakian tak afdhol jika kamu tak sampai ke titik tertinggi.

proses-membawa-prasasti-geopark-ke-puncak-gunung-batur-3
Sampai ke puncak gunung bendera dikibarkan [ Image Source ]
Dan setiap pendaki akan selalu terobsesi untuk menaklukannya. Dia akan melakukan apapun untuk menginjakkan kaki sampai ke puncak tertinggi gunung yang didakinya.

7. Jauh Dari Peradaban

Tantangan besar yang harus yang harus ditaklukkan seorang pendaki salah satunya adalah meninggalkan ‘kenyamanan dunia’. Di gunung kamu bakal tidak menemui lagi adanya listrik, televisi, ataupun sinyal handphone.

bukit-bintang-jogja
Kerlip lampu kota yang sejenak ditinggalkan [ Image Source ]
Namun saat malam datang, justru kamu bisa menyaksikan gemerlap lampu kota yang bersinar terang. Saat momen itu kamu bisa merasakan nikmatnya sejenak jauh dari penatnya kehidupan.

8. Kebanggaan

Setiap pendakian akan menyisakan kenangan hebat bagi yang melewatinya. Di alam bebas, seorang pendaki akan belajar untuk bertahan hidup hanya dengan bekal air dan makanan yang dibawanya, tidak ada yang lain. Belum lagi soal keamanan dan keselamatan selama mendaki.

Lereng-Gunung-Lawu-Terbakar-Lagi
Naik gunung akan terkenang selamanya [ Image Source ]
Itu adalah pengalaman hebat yang diraih untuk menyempurnakan sampainya kamu ke titik puncak. Sampai suatu saat jika kamu teringat, kamu akan bangga pernah menginjakkan kaki di puncak tertingginya.

9. Olah Batin di Hadapan Maha Pencipta

Di balik semua kelebihan dan keindahan yang kamu rasakan di puncak gunung, di saat itu kamu akan menemukan luasnya kekuasaan Sang Pencipta. Kamu akan merasa begitu kecil, tak memberi andil apa-apa selain hanya menikmati mahakarya yang begitu sempurna. Disadari atau tidak, duduk-duduk berbagi waktu dengan alam akan membawamu berucap syukur atas keelokan yang hanya diciptakanNya untuk makhluk bernama manusia.

b3nhltncqaaqw5u-large
Di balik keindahan tatanan gunung, ada Sang Pencipta yang patut disyukuri [ Image Source ]

Nah, itu tadi ulasan sensasi yang hanya kamu dapatkan dengan naik gunung. Indonesia termasuk negara yang beruntung karena dilewati Cincin Api Pasifik. Gunung-gunung di Indonesia rata-rata masih aktif dan eksotis untuk ditaklukkan. So, kamu tak perlu harus ke luar negeri untuk mendapatkan keindahan itu. Siapkan fisik dan peralatanmu sebelum memulai perjalanan menaklukkan pegunungan Indonesia. Dan rasakan sensasi yang bakal tak membuatmu kapok mendaki berulang kali.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA