Mengenang Keseruan “Buku Ajaib” yang Dulu Sempat Bikin Kita Keluar Banyak Uang

Yang paling seru adalah menebak gambar apa yang akan muncul

oleh Arief Dian
16:00 PM on Sep 9, 2017

Bagi mereka yang angkatan 90-an pasti pernah tahu dengan mainan yang satu ini. Ya, sebuah buku ajaib dengan halaman kosong, namun tiba-tiba bisa keluar gambar saat digosok koin. Apalagi mengingat harganya dulu yang super terjangkau, jadi bukan hal yang aneh kalau buku ini jadi mainan wajib dimiliki anak-anak di zamannya.

Masih soal buku ajaib tahun 90-an, kalau berbicara mengenai keseruannya memang tidak ada habisnya. Namun sayang sekali, karena mainan yang satu ini saat ini sangat sulit ditemukan. Sambil sedikit bernostalgia, inilah magic book yang dulu sempat buat kita keluar banyak uang.

Baca Juga
Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut
Gak Kalah dengan CS, Inilah 4 Mainan Jadul yang Bikin Anak 90-an Berasa di Medan Tempur

Buku ajaibnya anak SD 90-an

Siapa yang tidak kenal dengan barang yang satu ini. Ya, magic book rupanya pernah bikin masa kecil anak-anak jadi super bahagia. Bisa dibilang kalau pada zaman itu, buku unik yang satu ini bisa dibilang sebagai barang yang super ajaib, pasalnya di dalamnya mengandung banyak kejutan bagi siapa saja yang memilikinya.

main pakai koin [image source]
Jujur saja, tidak ada yang benar-benar paham mengenai nama asli dari mainan ini karena di setiap daerah beda-beda dalam penyebutannya. Buku kecil yang satu ini biasanya dulu dijual Rp 500 hingga seribu rupiah di abang-abang penjual depan sekolah, dan selalu habis jadi buruan para bocah.

Bersama uang koin, keseruan dari buku ini jadi terlihat nyata

Entah dari mana tercetusnya ide dari buku ajaib yang satu ini, yang jelas hal ini sangat membuat tertarik para bocah waktu itu. Dengan bermodalkan alat bantu sebuah koin, kita bakal dibuat penasaran melihat isinya. Ya, pada dasarnya saat pertama membeli magic book ini, yang ada hanya sebuah lembar putih kosong, namun jika digosok dengan koin, alhasil muncul lah sebuah gambar unik dengan goresan-goresan tipis.

momen tidak tergantikan [image source]
Umumnya, sampul utama mencerminkan isi dari gambar yang ada di dalamnya. Jika sampul depan bergambar power ranger, maka di dalamnya pun juga biasanya berisi gambar serupa namun beda pose. Tak jarang yang mengeluarkan banyak duit buat mengoleksi atau memburu gambar unik di dalamnya.

Hal yang sepele namun  membuat jadi seru

Apa yang membuat menarik dari buku ajaib masa SD ini adalah keseruan dan penasaran akan gambar yang akan muncul. Bisa dibilang isi dari gambar tidak lah terlalu penting tamu keseruan yang jadi hal utama. Pasalnya dalam buku dengan sampul yang sama, kadang isi gambar yang dimunculkan berbeda jauh.

keseruan menebak gambar [image source]
Bahkan tak jarang pula sebuah dalam satu buku, muncul dua kali gambar yang sama. Keseruan itulah yang selalu dicari, kadang kita selalu membanding-bandingkan buku ajaib milikmu dengan yang lain hanya karena memang memiliki gambar yang langkah. Makin langkah, tambah berharga pula buku itu.

Kini buku itu telah lenyap ditelan oleh kemajuan zaman

Ya dengan adanya segala hal yang serba teknologi ini, akhirnya peminat si buku legendaris ini pun sudah hampir tidak ada. Sebenarnya masih banyak sih yang menjualnya di toko online hingga di beberapa pusat mainan, namun sayang sudah tidak seheboh yang dulu.

magic book [image source]
Alhasil buku ajaib yang satu sama sekali tidak dilirik. Paling-paling yang membelinya hanya mereka yang sedang ingin bernostalgia. Atau, para orang tua yang ingin mengenalkan mainan legendaris ini pada para anaknya. Tidak bisa dipungkiri, anak-anak zaman sekarang soalnya lebih memilih gadget ketimbang main yang beginian.

Memang kalau diingat, seru sekali ya main buku ajaib ini, menembak gambar apa yang bakal muncul seperti menerka-nerka masa depan. Apalagi kalau ternyata gambarnya super langkah, kadang sampai dipamer-pamerkan di depan kelas. Tapi ya, kini keseruannya hanya jadi nostalgia akan kenangan masa kecil semata.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA