4 Keserderhanaan Iriana Joko Widodo yang Membuatnya Pantas Jadi Panutan Cewek Masa Kini

Karena pejabat yang dekat dengan rakyat itu yang merakyat

oleh Nikmatus Solikha
09:00 AM on May 30, 2017

Di balik kesuksesan laki-laki hebat, tentu ada sosok wanita yang nggak kalah hebat pula. Sebut saja Iriana Joko Widodo, istri dari presiden Indonesia. Seperti kita lihat, keluarga Jokowi memang istimewa. Mereka tidak terlihat seperti pejabat pada umumnya, justru kental dengan kesederhanaannya. Begitu pula dengan sang ibu negara.

Hal itu tentu tercermin dari penampilan dan dandanan wanita yang akrab disapa ibu Ana tersebut. Terlepas status beliau sebagai pendamping presiden, Iriana tetaplah wanita yang bersahaja. Dan berikut ini adalah kesederhanaan Iriana bisa banget dijadikan inspirasi wanita Indonesia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Demen beli cemilan di pasar tradisional

Tak seperti istri pejabat pada umumnya, kesederhanaan ibu negara satu ini emang nggak ada duanya. Ibu dari tiga anak tersebut lebih gemar belanja di pasar untuk memenuhi kebutuhan pokok. Menurutnya, cemilan favorit Joko Widodo yaitu—kerupuk merah justru dijual di pasar tradisional. Sementara itu, menurut pemilik kios langganan Iriana, wanita nomor satu di Indonesia itu tidak belanja berlebihan.

Iriana belanja di kios pasar tradisional [image source]

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti halnya ibu rumah tangga, Iriana membeli telur, minyak goreng, tepung terigu, kerupuk merah dan rambak. Jika ditotal belanjaan tersebut hanya 225 ribu. Masih menurut pemilik kios, meski menjadi keluarga pejabat, namun Jokowi sekeluarga memang kerap belanja di pasar tradisional, terlebih putri kedua Jokowi yang paling sering wira-wiri ke pasar.

Naik pesawat kelas ekonomi, tanpa pengawalan khusus

Kesederhanaan istri orang nomor satu di Indonesia ini bukan cuma tercermin dari riasannya. Bahkan, ketika menggunakan kendaraan umum, Iriana sama sekali tidak menggunakan kelas khusus. Beliau terlihat seperti penumpang lain, duduk di ruang tunggu pesawat kelas ekonomi.

Iriana duduk di bangku tunggu pesawat kelas ekonomi [image source]
Berbaur dengan penumpang lain tanpa pengawalan ketat. Kesederhanaan tersebut sempat terekam oleh video dan diunggah oleh akun instragram @Lambe_Turah. Postingan tersebut pun bikin para netizen terkesan. Banyak yang mengaku bangga dengan kesederhanaan keluarga Jokowi.

Nyeduh jamu dan beres-beres juga

Dengan status Jokowi sebagai presiden, sudah dipastikan jika status Iriana juga menjadi nyonya besar. Namun, apa yang dilakukan wanita hebat tersebut? Beliau tetap bikin jamu tiap pagi agar Jokowi tetap prima menjalani tugasnya. Berbeda dengan istri pejabat yang biasanya selalu ikut ke manapun suaminya pergi, Iriana justru sebaliknya. Namun ia tetap ikut untuk beberapa acara tertentu.

Jokowi suka jamu [image source]
Iriana percaya Jokowi saat berada di luar, sementara ia lebih aktif beres-beres rumah seperti halnya ibu rumah tangga biasa. Jadi, nggak heran kalau Jokowi kerap terlihat blusukan sendirian. Ketika ada waktu luang, biasanya pasangan ini juga menghabiskan waktu buat kencan, seperti nonton film layaknya pasangan kasmaran.

Aktif dan berbaur dengan organisasi

Seolah nggak cukup dengan jadi ibu rumah tangga, Iriana juga aktif di dunia organisasi. Saat ini, beliau juga mengelola Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja atau biasa disebut OASE Kabinet Kerja. Iriana tanpa canggung juga ikut berbaur, melihat langsung, berkomunikasi, hingga berbagi tawa dan cerita.

Iriana dan organisasinya [image source]
Tiap kali melakukan kunjungan kerja, biasanya Iriana juga membagi-bagikan sepeda pada anggota OASE. Iriana mulai mendirikan organisasi tersebut sejak 27 Oktober 2014 lalu bersama Mufidah Jusuf Kalla. Setidaknya, ada tiga program yang diusung oleh organisasi tersebut, antara lain peningkatan kualitas pendidikan, program kualitas keluarga, dan program ekonomi keluarga.

Itulah kesederhanaan inspiratif dari seorang Iriana Joko Widodo. Meski jadi istri orang nomor satu di Indonesia, nyatanya wanita satu ini tetap berperan sebagai ibu rumah tangga pada umumnya. Bisa ditiru nih buat cewek-cewek yang ngakunya kekinian.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA