4 Kesalahan Fatal Para Wisatawan Saat Mengunjungi Borobudur

oleh Alfry
09:38 AM on Apr 10, 2015

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Selain itu Candi Borobudur juga menjadi tempat suci umat Buddha sekaligus tempat wisata yang mendunia. Setiap harinya candi ini dikunjungi ribuan turis baik lokal maupun turis mancanegara. Sayangnya banyaknya wisatawan yang berkunjung juga memberi andil terhadap kerusakan situs ini.

Baca Juga :6 Destinasi Wisata Aneh yang Bikin Geleng Kepala

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Candi Borobudur sudah berumur sangat tua sehingga meterial penyusunnya sangat rentan terhadap kerusakan. Wisatawan yang datang seringkali tidak membaca berbagai peraturan mengunjungi candi ini. Alhasil banyak ditemukan berbagai aksi yang sebenarnya dilarang untuk dilakukan di area candi. Berikut 4 kesalahan fatal wisatawan di Candi Borobudur.

1. Memakai Celana Pendek dan Rok Mini

Sebelumnya wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur bebas memakai pakaian apa saja. Akan tetapi beberapa tahun yang lalu, mulai diterapkan aturan berpakaian sebelum mengunjungi situs keajaiban dunia ini. Aturan tersebut mengharuskan setiap wisatawan mengenakan sarung sebelum naik ke pelataran candi.

Masuk kawasan Candi Borobudur Wajib Pakai Sarung via ekaputrinovianti.files.wordpress.com
Masuk kawasan Candi Borobudur Wajib Pakai Sarung via ekaputrinovianti.files.wordpress.com

Hal ini bermaksud untuk menghormati situs suci umat Buddha tersebut. Namun apa yang dilakukan beberapa wisatawan yang bandel berikut memang bikin geleng kepala. Setelah mengenakan kain sarung di pos peminjaman, beberapa dari mereka melepasnya saat berada di atas candi. Banyak dari mereka yang mengenakan celana pendek maupun rok mini saat berada di Candi Borobudur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA