Kesalahan yang Sering Kita Lakukan Ketika Memakan Buah

oleh Centralismo
11:45 AM on Feb 25, 2015

Seperti yang kita ketahui bersama, buah adalah makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain vitamin dan mineral yang dikandungnya, buah juga mengandung serat yang diperlukan oleh sistem perncernaan kita. Mayoritas buah memiliki rasa yang nikmat dan segar, oleh karena itu buah-buahan menjadi pilihan makanan bagi orang yang hidup sehat.

Tapi, sebelum melahap makanan buah-buahan, anda harus perhatikan beberapa hal berikut ini. Karena tidak semua buah bisa anda konsumsi begitu saja dan jika salah, vitamin yang ada dalam buah tidak akan sampai di tubuh anda. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering kita lalukan ketika memakan buah.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Memakan Buah Sebagai Pencuci Mulut

Menyantap buah setelah selesai makan adalah kebiasaan orang Indonesia. Buah-buahan seperti jeruk dan pisang adalah yang paling lazim digunakan sebagai makanan penutup, menggantikan dessert seperti es krim atau puding. Kita mengira kebiasaan ini sehat, namun ternyata tidak.

Memakan buah sebagai pencuci mulut
Memakan buah sebagai pencuci mulut

Ini adalah kebiasaan yang keliru. Setelah perut kita penuh dengan makanan pokok seperti nasi, ikan dan sayuran, saluran pencernaan kita akan membutuhkan waktu lama menggiling semua bahan itu. Proses penggilingan terjadi selama lima hingga delapan jam. Dan buah-buahan akan menjadi yang terakhir untuk “digiling”. Ketika buah sudah ada di sistem pencernaan, serat buah sudah terlanjur rusak dan vitaminnya hilang karena terlalu lama menunggu. Oleh sebab itu buah-buahan lebih baik dimakan ketika perut masih kosong, sehingga serat masuk dengan cepat ke saluran pencernaan.

2. Membuat Jus

Jus sering digadang-gadang sebagai minuman sehat yang kaya khasiat. Namun pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Jus memang lebih sehat daripada minuman lain seperti soda ataupun sirup. Namun, menyantap buah dalam bentuk jus tidak serta-merta berarti anda memakan buah utuh.

Membuah jus buah
Membuah jus buah

Kebanyakan mesin pembuat jus akan meninggalkan sari-sari terbaik dari buah di sela-sela mesin. Selain itu, khasiat buah akan utuh didapatkan tubuh jika kita mengunyahnya langsung dalam mulut kita. Di dalam mulut terdapat beberapa enzim yang bisa bereaksi dengan sari buah dan menjadinya senyawa aktif yang baik bagi tubuh. Sementara jika kita meminum dalam bentuk jus, maka enzim tersebut tidak punya kesempatan untuk bersenyawa dengan buah.

3. Memakan Tomat Mentah-Mentah

Tomat adalah salah satu makanan yang biasa dimakan mentah-mentah. Irisan tomat biasanya akan ditambahkan di nasi goreng atau mie goreng sebagai lalapan. Tomat memang memiliki banyak jenis vitamin yang baik bagi tubuh kita.

memakan tomat dalam keadaan mentah
memakan tomat dalam keadaan mentah

Namun, ternyata memakan buah tomat mentah-mentah tidak begitu baik bagi tubuh kita. Tomat mengandung beberapa zat berbahaya yang baru bisa hilang jika dipanaskan sebentar. Anda bisa memanaskan tomat anda di microvawe atau bisa ditumis dengan minyak zaitun selama satu atau dua menit.

4. Memotong Stroberi

Stroberi adalah buah-buahan yang cukup menjadi primadona. Selain rasa dan aromanya yang nikmat, buah ini juga memiliki warna yang sangat menggugah selera. Buah stroberi juga memberikan sensasi segar yang berbeda dari buah-buah lainnya.

memotong stroberi
memotong stroberi

Jangan sampai salah dalam mengkonsumsi buah stroberi anda. Jika anda memotong buah stroberi maka jumlah vitamin C-nya akan jauh berkurang dari buah stroberi utuh. Sebaiknya anda memakan stroberi utuh-utuh, bahkan beserta daunnya, karena daun s

troberi (meski tidak memiliki vitamin) adalah sesuatu yang aman untuk dimakan.

5. Mencampur Buah dengan Susu

Buah yang segar biasanya akan lebih nikmat jika dipotong-potong dan ditambahkan susu kental manis. Itu yang sering dilakukan orang Indonesia dan biasa disebut sop buah. Mungkin kita berpikir bahwa sop buah adalah makanan sehat karena terdiri dari buah-buahan dan susu.

Mencampur buah dengan susu
Mencampur buah dengan susu

Namun, mencampur buah dengan susu adalah tindakan yang salah. Kebanyakan buah memiliki sifat asam tertentu yang akan mengikat protein susu, sehingga makanan ini susah dicerna. Jika susah dicerna, makanan tersebut akan lama berada di lambung kita dan mengakibatkan iritasi lambung. Belum lagi, penjual sop buah basanya menambahkan air gula yang tentu saja tidak sehat. Oleh sebab itu, buah harusnya dimakan utuh tanpa campuran apapun.

Itulah tadi beberapa fakta yang harus anda ketahui sebelum memakan buah. Kita tentu saja menginginkan nutrisi baik dari buah sampai ke tubuh kita dengan baik. Sehingga, gaya hidup sehat kita dengan memakan buah tidak sia-sia.

Selain beberapa hal di atas, sesuaikan juga jenis buah dengan kebutuhan atau kondisi tubuh anda. Bagi anda yang mengidap diabetes, sebaiknya menghindari buah-buahan yang terlalu manis seperti semangka. Sementara, bagi anda yang bermasalah dengan lambung, sebaiknya berhati-hati dengan buah yang asam. Selamat berburu buah! (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA