Kerja Sambil Berdiri Selama 1 Bulan, Ini ‘Keajaiban’ yang Kamu Rasakan

oleh Rizal
07:27 AM on Jun 21, 2015

Meskipun kelihatan nyaman, duduk di kantor seharian ternyata sama seperti bunuh diri pelan-pelan. Pasalnya, ternyata tanpa disadari kebiasaan ini menimbulkan hal-hal buruk. Nggak hanya secara fisik tapi juga mental. Udah ada banyak tuh buktinya dan juga udah sering banget diuji oleh para peneliti.

Banyak sih solusi untuk menangani masalah ini. Misalnya selalu bergerak aktif sampai melakukan berbagai gerakan mandiri. Selain itu, ada satu cara unik agar para pekerja bisa bekerja dengan nyaman tanpa perlu khawatir masalah-masalah mengerikan itu. Yup, bekerja sambil berdiri!

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Kesannya emang weird banget sih, tapi cara ini emang terbukti sukses. Yup, kamu tentu nggak bakal percaya gitu aja dengan konsep bekerja dengan cara aneh ini. So, wajib simak ulasan ini biar ngeh!

1. Fakta Mengerikan Kebanyakan Duduk

Mungkin udah puluhan artikel yang udah kamu baca tentang bahaya kelamaan duduk. Faktanya emang berbahaya banget menghabiskan sebagian waktu di tempat nyaman itu. Biar percaya, nih ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Public Health England yang mengatakan kalau duduk terlalu lama bakal bikin seseorang terkena penyakit jantung dan juga diabetes.

Kelamaan duduk bisa kena sakit punggung [Image Source]
Kelamaan duduk bisa kena sakit punggung [Image Source]
Kebiasaan nggak bisa lepas dari kursi kesayangan juga membahayakan banget buat mereka yang ingin menjaga postur tubuh. Pasalnya, aktivitas ini juga bisa menyebabkan obesitas dan sakit punggung yang kalau dibiarin bisa mencapai tahap yang memperihatinkan. Nah, kalau dilihat dari sisi psikologis, kebanyakan duduk bikin kamu susah fokus rawan stres.

2. Fakta Mengejutkan Bekerja dengan Berdiri

Sebagai awal, kamu harus tahu fakta kalau hampir 90 persen kantor di Skandinavia punya akses standing desk bagi karyawannya. Hasilnya sangat mengejutkan, produktivitas makin naik dan secara dramatis membuat para pekerjanya sangat nyaman ketika bekerja.

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan [Image Source]
Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan [Image Source]
Manfaat bekerja sambil berdiri banyak banget guys, terutama bagi kesehatan. Diketahui menghabiskan waktu di standing work station bisa membuat seseorang makin fokus dan secara perlahan bisa menaikkan tempo kerjanya. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan keuntungan fisik yang mereka dapatkan ketika asik berdiri sambil sibuk bekerja.

Di antaranya adalah lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh dan juga metabolisme yang lebih sempurna. Jarang juga mereka mengalami masalah punggung dan sebagainya, alasannya karena standing work juga bisa memperbaiki postur tubuh.

3. How To Do

Pasti bakal susah kalau kursi nyaman itu langsung disingkirkan dan diganti dengan deretan standing work station. That’s why, cobain pelan-pelan selama seminggu atau dua minggu. Melakukannya juga nggak perlu lama-lama cukup beberapa jam aja sesuai dengan kemampuan. Kaki bakal gemetar tuh kalau kamu langsung melakukannya seharian.

Perlahan rasakan manfaatnya dan nggak perlu memaksakan diri [Image Source]
Perlahan rasakan manfaatnya dan nggak perlu memaksakan diri [Image Source]
Beberapa orang udah mencoba selama sebulan meninggalkan kursi empuk mereka dan berganti dengan meja kerja berdiri. Hasilnya sangat memuaskan lho! Mereka benar-benar bisa lebih fokus dan cepat dalam bekerja serta hampir nggak pernah mengalami masalah klasik seperti pegal dan sebagainya. Cobain deh!

4. Produk Rekomendasi

Habit yang mulai booming ini menyebabkan cukup banyak brand bermunculan. Nah, salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Varidesk yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 7,5 jutaan. Emang cukup mahal sih, tapi manfaat yang bakal kamu peroleh bakal worth it banget.

Varidesk ini bisa kamu pilih sebagai produk rekomendasi [Image Source]
Varidesk ini bisa kamu pilih sebagai produk rekomendasi [Image Source]
Meja ini menyediakan kenyamanan tingkat tinggi dalam penggunaannya. Stukturnya sangat compact dan tangguh, namun Varidesk bisa dilipat sehingga nggak bakal makan tempat ketika disimpan. Meja ini juga punya fitur mengatur ketinggian sehingga bisa disesuaikan. Mejanya sendiri cukup luas untuk menaruh pernak-pernik kesukaan seperti foto vas bunga dan alat tulis menulis.

Varidesk juga didesain bertingkat membuat penggunanya makin nyaman. Ada pula holder di bagian atas untuk menaruh laptop atau screen yang bisa diputar hingga 90 derajat. Memanjakan banget pokoknya.

5. Sudah Digunakan Para Expert

Kalau kamu baru-baru aja mengenal metode bekerja sambil berdiri, maka fakta berikut akan mengejutkanmu. Percaya nggak kalau dulu udah banyak yang menggunakan cara ini? Bahkan deretan orang-orang terkenal macam Winston Churchill dan Thomas Jafferson pun lebih menyukai bekerja dengan cara seperti ini.

Whinston Churcill ternyata juga pakai metode ini lho! [Image Source]
Whinston Churcill ternyata juga pakai metode ini lho! [Image Source]
Meja berdiri juga digunakan para writer legendaris seperti Earnest Hemingway, Charles Dickens dan juga Virginia Wolfe. Anyway, ada juga yang bilang kalau Napoleon Bonaparte dan Leonardo Da Vinci juga melakukan cara yang sama. Hmm, masih meragukan khasiat bekerja sambil berdiri, guys?

Kamu sering dimarahin bos gara-gara produktivitas menurun? Mungkin ini udah saatnya kamu menyimpan meja kursi di gudang dan beralih menggunakan standing work station. Kamu bakal makin fokus dan cepat dalam bekerja.

Sarannya buat yang benar-benar pengen cobain, jangan memaksakan diri untuk berdiri seharian. Begitu lelah, kamu nggak dilarang kok untuk kembali memeluk kursi hangatmu itu. Kalau udah merasakan manfaatnya, berarti kamu siap tuh untuk beralih menggunakan meja berdiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA