5 Hal ini Jadi Bukti Nyata Kerja Sama Israel dan Indonesia

oleh Rizal
09:04 AM on Mar 11, 2016

Hubungan antara Israel dan Indonesia tidak pernah bagus. Alasannya sudah jelas karena bangsa kita menolak mentah-mentah apa yang sudah negara Yahudi itu lakukan. Ya, mendepak orang-orang Palestina untuk kemudian diduduki wilayahnya. Bung Karno sendiri pernah sangat kesal dengan Israel dan mengutuk negara tersebut. Apa yang dilakukan Bapak Bangsa ini pun diteruskan oleh para pemimpin Indonesia setelahnya.

Indonesia memang terlihat sangat tidak menyukai Israel, namun di balik itu sebenarnya negara kita berkawan baik dengan mereka. Tercatat, Indonesia pernah bekerja sama dengan Israel dalam berbagai hal. Fenomena kerja sama ini jarang dikuak, tapi realitanya memang ada. Hal ini pun jadi semacam sesuatu yang kontradiktif. Tidak akur di depan, tapi berjabat tangan di belakang.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

Lalu kerja sama seperti apa yang pernah tercipta antara kita dan mereka? Ulasan berikut akan menjelaskannya untukmu.

1. Kerja Sama Ekspor dan Impor Bernilai Jutaan Dolar

Percaya atau tidak, kerja sama Indonesia dan Israel ternyata sudah terbentuk dari lama, atau tepatnya tahun 2000an. Kerja sama ini diduga adalah ekspor impor, namun tidak begitu jelas jenis barang apa yang diperdagangkan kedua negara. Tren kerja sama ini terus berlanjut hingga beberapa tahun lalu, menurut data dari Badan Pusat Statistik.

Ekspor impor Israel Indonesia [Image Source]
Ekspor impor Israel Indonesia [Image Source]
Di tahun 2014 misalnya, Indonesia melakukan ekspor ke Israel dengan nilai mencapai $ 138 juta dan di tahun 2015 nilai ekspornya turun di angka $116 juta. Untuk tahun 2015, diketahui Indonesia mengimpor barang-barang buatan Israel dengan nilai mencapai $ 77 juta. Lagi-lagi, tidak begitu jelas barang apa yang dikirim atau diterima kedua negara. Tentang adanya perdagangan antara dua negara, hal ini turut ditegaskan oleh Sasmito Hadiwibowo, Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS.

2. Indonesia Pernah Impor Jeruk dan Kurma

Di tahun 2012, Indonesia tercatat juga pernah melakukan transaksi impor dengan Israel. Kala itu negara kita mengimpor dua jenis buah-buahan yakni jeruk dan kurma. Memang nilainya tidak terlalu besar, namun ini jadi bukti yang valid jika memang pernah ada kerja sama antara dua negara yang tidak pernah berteman secara resmi ini.

Kurma Israel [Image Source]
Kurma Israel [Image Source]
Untuk kurma, Indonesia membeli sebanyak 20,6 ton dengan nilai sekitar $ 191 ribu. Sedangkan jeruk yang diketahui berjenis Shantang itu, negara mengimpornya sebanyak 0,666 ton dengan nilai $709 saja. Belum diketahui secara pasti tentang kelanjutan kerja sama ekspor impor buah ini.

3. Operasi Alpha, Kerja Sama Terselubung Israel Indonesia

Di tahun 80an, militer Indonesia pernah ingin membeli beberapa pesawat Israel dengan alasan memperkuat pertahanan negara. Namun, karena di mata dunia dan rakyat kedua bangsa ini tidak berkawan, maka, pembelian ini dikemas menjadi sebuah misi terselubung yang belakangan disebut dengan Operasi Alpha. Intinya, misi ini seolah-olah menggambarkan para tentara AU dilatih di Amerika, padahal aslinya dibawa ke Israel untuk dilatih cara menggunakan pesawat yang akan dibeli itu.

A-4 Skyhawk [Image Source]
A-4 Skyhawk [Image Source]
Sama sekali tidak ada dokumentasi atas misi ini membuat Operasi Alpha seolah hanyalah bualan. Namun, makin lama hal ini makin terkuak. Tentang pesawat tempur yang dibeli dari Israel, jet sangar ini bernama A-4 Skyhawk. Pesawat ini sendiri konon digunakan untuk menggantikan F-5 dan deretan pesawat usang lainnya. Misi ini berhasil namun, tidak pernah tercatat sebagai operasi resmi TNI AU.

4. Israel Pernah Membuat Program Kemanusiaan di Indonesia

Israel butuh berbisnis dengan siapa pun, tak terkecuali dengan negara-negara yang tidak memiliki koneksi bilateral dengan mereka. Makanya, kemudian dibuatlah semacam program-program kemanusiaan atas prakarsa Israel untuk bisa membangun kepercayaan dari negara-negara tertentu kepada negeri Yahudi itu. Indonesia sendiri pernah menjadi salah satu tujuan program Israel ini.

Bantuan kemanusiaan [Image source]
Bantuan kemanusiaan [Image source]
Menurut Times of Israel, negara pencaplok Palestina ini pernah membangun program kemanusiaan di Indonesia sejak tahun 90an. Program ini meliputi akademik, pertanian dan juga medis. Secara umum, program ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat Indonesia jika Israel bukanlah bangsa bengis dan jahat. Buktinya mereka sampai rela susah-susah membikinkan program kemanusiaan seperti itu.

5. Beberapa Alutsista TNI Berasal dari Israel

Tak hanya pesawat Skyhawk itu saja, tercatat ada beberapa alutsista lain yang dibeli Indonesia dari Israel. Salah satunya adalah senapan-senapan serbu. Ya, ada beberapa jenis senapan buatan Israel yang dipakai oleh militer kita. Misalnya saja Uzi, Imi Tavor, Imi Galil, dan beberapa jenis lainnya.

Imi Tavor [Image Source]
Imi Tavor [Image Source]
Tidak begitu jelas bagaimana akhirnya senjata-senjata itu mendarat di gudang-gudang TNI. Karena tidak punya kerja sama bilateral, sepertinya cukup mustahil Indonesia langsung mendatangkan senjata-senjata ini dari Israel. Jadi, ada Indikasi perantara antara dua negara.

Indonesia sangat tidak menyukai Israel, namun di balik itu ada semacam kerja sama di antara keduanya. Dibilang miris bisa, karena tahu sendiri rakyat tidak suka bahkan presiden juga mengatakan hal yang sama, namun kerja sama ternyata ada. Di sisi lain, kita harus akui Israel memang hebat. NKRI butuh senjata-senjata mereka untuk mempertahankan kedaulatan. Dilema? Tentu saja. Jadi, menurutmu apakah memang layak Israel bekerja sama dengan Indonesia dengan melihat fakta-fakta ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA