10 Hal Menyenangkan Ini Hanya Bisa Dirasakan Mereka yang Bekerja di Hotel, Kamu Pasti Ngiri!

Gaji lumayan, fasilitas mewah, bersih, dan tentu saja selalu cakep

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Jul 24, 2017

Setiap profesi yang dijalani seseorang pasti ada enak dan nggaknya. Tapi, kalau kita bisa ngejalaninya dengan ketulusan, apapun kerjaannya pasti nggak bakal terasa berat. Ngomongin soal pekerjaan, kira-kira apa sih yang paling enak menurut kamu? Pernah nggak ngebayangin kerja di hotel?

Sekarang kan lagi beken tuh, sekolah dan kuliah jurusan perhotelan. Sampai ada pendidikan khususnya loh, berarti kerja di hotel emang jadi salah satu profesi yang recommended banget yak. Trus nih, enaknya kerja di hotel apaan aja sih? Kira-kira kayak gini:

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Pendapatan itu bukan cuma datang dari satu sumber

Karyawan hotel punya penghasilan dari banyak sumber [image source]
Tiap profesi biasanya punya gaji pokok, demikian juga dengan para karyawan hotel. Biasanya gaji UKM plus uang transport. Tunggu, bukan cuma itu, kerja di hotel berarti kamu bakal ketemu banyak orang yang sebagian dari mereka berpotensi kasih uang tip. Belum lagi service charger yang jumlahnya juga nggak sedikit. Dan ada juga incentive buat para sales dan reservation departemen.

Bisa nikmatin mewahnya fasilitas hotel tiap hari

Ilustrasi kamar mandi hotel [image source]
Kamu anak kosan? Tiap hari mandi musti ngantri? Belum lagi kalau air di kosan mati, huh! Tapi tenang, kalau misalnya kamu kerja di hotel masih aman. Sebab, tiap hotel pasti punya loker yang bisa dipakai para karyawan. Dan fasilitasnya juga sama lengkapnya, ada wastafel, air panas, sabun cair dan sampo. Kalau mau pulang, kalian juga masih bisa nikmatin mandi air panas. So, pulang kerja kalian udah kembali seger dan tentunya cakep!

Dapet tunjangan kesehatan yang lumayan

ilustrasi jaminan kesehatan [image source]
Hotel biasanya punya kerjasama dengan beberapa rumah sakit. Dan itu jadi hal yang menguntungkan banget buat para karyawannya. Semisal kamu lagi sakit, kamu nggak perlu ngeluarin dana lagi buat berobat. Hal itu karena hotel udah kasih fasilitas associate (selain BPJS juga dapat tambahan asuransi, tapi tergantung dengan kebijakan managemen).

Kerja emang pakai seragam, tapi kamu nggak perlu pakai seragam saat berangkat

Pakai seragam rapi, tapi nggak perlu berseragam saat berangkat kerja [image source]
Siapa yang biasanya sebel karena lupa cuci seragam dan terpaksa pakai baju bau karena tuntutan kerjaan? Ea, yang jelas hal itu nggak bakal dialami oleh para karyawan yang kerja di hotel. Hal itu karena tiap hotel biasanya punya loundry sendiri. So, kamu kalau mau kerja tinggal menukarkan uniform card ke loundry counter dan seragam bersih dan wangi sudah siap kamu pakai, deh. Wenak.

Dapet kelas khusus yang semuanya gratis!

kursus Bahasa Inggris [image source]
Biasanya tamu hotel emang terdiri dari orang-orang bule kan, Gaes. So, pihak hotel sendiri juga sebenernya butuh karyawan yang mampu berbahasa asing. Enaknya lagi, HRD juga kasih fasilitas kelas bahasa asing gratis buat karyawannya. Lumayan kan, kerja sambil belajar, kayak renang sekaligus minum sampai kenyang.

Kuliah perhotelan cuma butuh satu tahun, nggak usah lama-lama

Kuliah perhotelan [image source]
Kalau biasanya kuliah butuh waktu sampai 4 tahun, di perhotelan setahun juga dirasa sangat cukup. Tapi emang harus diimbangi sama pengalaman training di hotel yang berkualitas ya. Sebab yang paling penting buat para karyawan hotel adalah skill, bakal lebih bagus lagi kalau kamu menguasai bahasa Inggris, murah senyum dan punya sifat ramah.

Sering ketemu artis

Bisa sering ketemu artis [image source]
Customer yang datang ke hotel biasanya sih orang-orang gedean, mereka punya tampilan menarik yang pastinya bikin karyawan enak mandanginnya, eah. Terlebih lagi, biasanya tamu hotel (di mana pun itu) itu para artis ibu kota yang lagi liburan. Hmmm, kapan lagi bisa ketemu artis secara langsung, ya nggak?

Nikmatin wifi gratis

Free wifi [image source]
Kuota habis? Tenang, selama di hotel kamu aman. Hari gini, semua hotel segala bintang pasti punya fasilitas free wifi yang pastinya bisa kamu nikmatin juga. Biasanya wifi tersebut juga nembus sampai area back house. Kamu bisa nikmati internet gratis sampai puas tersebut di waktu-waktu istirahat.

Bisa liburan saat orang lain lagi sibuk

Ilustrasi liburan [image source]
Tiap hotel pasti kasih hari libur buat karyawannya. Tapi nih, biasanya liburan tersebut dikasih saat-saat hari sibuk, misalnya hari Senin-Kamis. Sebab, di waktu libur biasanya banyak tamu yang datang. Tapi kamu tetep bisa nikmati hari libur justru saat orang lain lagi sibuk-sibuknya kerja di kantor, heuheuheu…

Bisa nginep di hotel dengan harga khusus

ilustrasi nginep di hotel [image source]
Jadi, misalnya kamu sebagai karyawan hotel mau nikah, kamu nggak perlu jauh-jauh kalau mau berbulan madu. Tidur di hotel tempat kerjamu saja. Sebab, kamu bakal dapetin harga khusus dan juga dapetin suvenir khas hotel dengan harga yang spesial pula. Hoyooo… jadi nggak sabar buat honeymoon di hotel kan yak.

Itulah 10 hal enak yang bisa kamu rasakan kalau kerja di hotel. Terlepas dari segala keenakan itu, tentu yang harus diingat kalau semua profesi punya sisi enak dan nggak enaknya ya. Yang penting, musti jalani pekerjaan dengan hati tulus, biar semuanya terasa ringan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA