in

4 Pemimpin Besar Indonesia yang Dipercaya Memiliki Keris Sakti

Soekarno dalam kunjungannya ke Kuba untuk bertemu Fidel Castro. [Image Source].

Sakralitas benda pusaka di negara kita tak bisa dikepinggirkan begitu saja. Beragam artefak, prasasti, dan benda keramat telah membuktikan bahwa kisah leluhur kita memang tak terlepas dari hal-hal seperti ini. Dan dari sekian benda keramat yang ada, keris menjadi salah satu pusaka yang paling sering dikisahkan punya energi mistis.

Sejarah mencatat, ada beberapa pemimpin dan tokoh besar di negeri kita yang memiliki keris yang menyimpan kekuatan gaib. Cerita-cerita yang menyertainya pun teramat menarik. Langsung saja kita simak daftarnya.

Soekarno dan keris peninggalan Raja Sisingamangaraja XII

Bapak proklamator kita ini dikenal tak begitu mempercayai hal berbau takhayul. Ia kerap lebih senang menggunakan nalarnya dalam memikirkan suatu hal.

Soekarno dalam kunjungannya ke Kuba untuk bertemu Fidel Castro. [Image Source].
Beliau mengoleksi beberapa keris. Namun, hanya sebatas benda antik yang dikoleksi, bukan bedan pusaka yang memiliki kekuatan sakti. Meski begitu, ada koleksi keris miliknya yang diyakini menjadi tameng dirinya dari niat jahat orang di sekitarnya.

Keris-keris yang ia miliki tersebut adalah warisan raja Sisingamangaraja XII. Seperti yang telah disebutkan di atas, beliau tak percaya takhayul. Namun, orang meyakini bahwa keris-keris tersebut telah menyelamatkan dirinya dari sesuatu yang tidak diinginkan. Khususnya upaya pembunuhan dirinya, yang selalu berakhir gagal.

Soeharto dan koleksi keris Bertuah

Dari sekian benda antik dan unik yang dimiliki diktator orba ini, jajaran keris yang dimilikinya adalah yang pantas disebutkan di urutan pertama. Beliau memang punya perhatian khusus pada senjata pusaka Indonesia ini.

Salah satu keris yang dimiliki oleh Presiden RI Ke-2. [Image Source].
Setiap koleksi keris yang diempunya, memiliki suatu kekuatan yang sulit dijelaskan logika. Diyakini, bahwa benda pusaka inilah yang membuat dirinya hingga anak cucunya menjadi keluarga yang untouchable atau tak tersentuh oleh aparat hukum di Indonesia. Oleh karena itulah, meski dirinya telah lama tiada, ritual penyucian masih terus dilakukan hingga sekarang.

Jenderal Soedirman dan Keris Pelenyap Keberadaan

Jenderal Soedirman yang secara luas dihormati oleh masyarakat Indonesia ini ternyata menyimpan sebilah keris sakti yang telah melindunginya dari ancaman asing.

Jenderal Soedirman. [Image Source].
Keris yang dimilikinya ini membuat beliau begitu licin dari kejaran musuh. Pernah suatu ketika sang jenderal bersama pasukannya dikepung musuh dari segala penjuru. Sebuah pesawat pengintai mendekat ke daerah tersebut. Merasa terdesak, ia bersama pasukannya bersembunyi di sebuah rumah warga.

Keris yang sering menemaninya tersebut, ia cabut dari sarungnya. Dan lewat sebuah rapalan yang ia gumamkan tanpa diketahui oleh orang di sekitarnya, pesawat tersebut beserta pasukan Belanda yang mencari keberadaannya pergi begitu saja tanpa mengetahui keberadaan beliau yang sebenarnya sudah di depan mata.

Joko Widodo dan Keris Cahya Buwana

Pak presiden kesayangan kita semua ini juga ternyata punya keris sakti loh. Keris ini bernama Pusaka Cahya Buwana. Ia mempoleh keris ini dari sebuah paguyuban bernama Tosan Aji Bowo Roso, Surakarta. Ada sebuah kisah unik yang melatari pembuatan keris ini.

Presiden RI Joko Widodo. [Image Source].
Keris ini bukan keris biasa. Keris ini tercipta berkat pertanda gaib yang diterima para tokoh spiritual, empu, dan budayawan yang tergabung dalam Paguyuban Bowo Roso. Kejadian-kejadian aneh tersebut terjadi ketika rombongan pelaku ritual menempuh perjalanan dari desa Blumbang ke Pringgondani.

Seperti kehadiran misterius empat ekor kera dalam barisan pembawa sesajen rombongan, serta secara entah mengapa hewan tersebut turut serta dalam prosesi kirab sesaji di desa Pringgondani itu.

Tak hanya sampai di sana saja, ketika seluruh rombongan tiba di monumen Garuda Yaksa, sebuah sinar terang berwarna biru menyala memancar dari monumen tersebut ke atas langit. Sebuah kejadian yang mereka sepakati bahwa ini adalah pertanda bahwa kelak salah satu putra terbaik Solo, akan menjadi pemimpin negeri ini dengan sifat kepemimpinan yang arif, amanah, dan jujur.

Sekadar informasi, keris ini diberikan kepada Jokowi ketika beliau berencana untuk melenggang sebagai salah satu calon gubrenur DKI bersama Basuki Tjahaya Purnama.

Itulah sederet nama besar di negeri kita yang ternyata punya cerita unik dengan keris yang mereka miliki. Silakan kamu mau percaya atau tidak. Namun, yang pasti para pemimpin kita ini secara tidak langsung telah diberi kekuatan “misterius” oleh keris-keris berutah yang mereka miliki.

Leave a Reply

8 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Masjid Tapi Sering Dilalaikan

5 Kisah Pembantu Beruntung Asal Indonesia yang Bikin Iri