Jual Keripik Rasa Bacon Saat Ramadan, Supermarket Inggris Diprotes

oleh Rizal
03:17 AM on Jun 26, 2015

Ada berbagai alasan kenapa umat muslim lebih disarankan untuk diam di rumah atau melakukan ibadah di bulan puasa. Salah satunya adalah menghindarkan diri dari segala hal yang membatalkan puasa. Keluar ke jalan atau berbelanja, tentu jadi tantangan super berat meskipun terlihat sangat sepele.

Berbelanja bisa jadi godaan paling besar tuh buat puasa. Apalagi kalau kelakuan pihak supermarketnya mirip dengan yang ada di Inggris ini. Bayangkan nih, mereka menjual makanan dengan banderol promo Ramadan tapi yang dijualnya malah yang bertentangan banget dengan Islam. Yup, mereka menjual kripik rasa smokey bacon atau babi.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Hal ini pun mengundang kontroversi dari banyak orang terutama netizen. Berikut kronologi kejadian memalukan tersebut.

1. Dijual di Supermaket Inggris

Peristiwa mengejutkan ini ditemukan di supermarket di wilayah Liverpool Street, London. Tempat belanja bernama Tesco tersebut kedapatan menjual keripik Pringles dengan flavour smokey bacon. Aslinya sama sekali nggak masalah sih, hanya aja pihak pengelola memasangnya di bawah banner promo Ramadan.

Spingles rasa Smokey Bacon mengundang kontroversi [Image Source]
Spingles rasa Smokey Bacon mengundang kontroversi [Image Source]
Hal ini pun jadi sesuatu yang kontradiktif banget. Umat muslim tentu aja dilarang untuk mengonsumsi makanan apa pun yang berhubungan dengan pork atau bacon. Lah kenapa malah dijual di promo Ramadan? Hal ini pun mengundang tanda tanya besar.

2. Mendapatkan Protes Besar

Melakukan sesuatu yang kesannya menghina tentu saja menimbulkan kontra. Nggak lama setelah kelakuan Tesco ini diketahui, maka banjir protes pun berdatangan. Umumnya gelombang protes datangnya dari pengguna Twitter dengan berbagai ocehan nylekit.

Smokey Bacon Spingles [Image Source]
Smokey Bacon Spingles [Image Source]
Misalnya aja akun @bomBohemian yang mengatakan kalau hal tersebut benar-benar ironi. Mungkin Tesco merasa ini bakal jadi promosi yang bagus selama Ramadan dengan menjual kripik rasa bacon, lanjutnya. Beberapa juga menyindir kalau ini kesalahan Tesco yang paling epic.

3. Pembelaan Pringles dan Tesco

Menganggapi hal ini Pringles mengatakan kalau kesalahan tersebut bukan tanggung jawab mereka. Hal ini murni kesalahpahaman yang dilakukan Tesco. Perusahaan makanan ringan tersebut malah mengatakan kalau promo Ramadan ini seharusnya display untuk varian original, salt and vinegar, dan sour cream.

Varian yang harusnya dipajang di display [Image Source]
Varian yang harusnya dipajang di display [Image Source]
Tesco sendiri langsung menata ulang makanan ringan ini dengan varian lain begitu protes banyak dilakukan. Nggak lupa mereka juga mengatakan kalau sama sekali nggak ada maksud lain selain murni salah paham. Mereka juga berjanji tuh hal seperti ini nggak terjadi lagi ke depannya.

4. Muslim Harus Lebih Aware

Bagi seorang muslim, makanan halal adalah sesuatu yang nggak bisa ditawar. Kejadian ini juga bisa jadi reminder kalau umat Islam harus lebih aware terhadap makanan apa pun yang dijual. Sebisa mungkin diteliti dengan cermat apalagi ketika mengunjungi pusat perbelanjaan di negara yang bukan mayoritas muslim.

Springles rasa Smokey Bacon di Jepang [Image Source]
Springles rasa Smokey Bacon di Jepang [Image Source]
Bukan hanya menyalahkan pihak yang menawarkan, namun sebagai konsumen pun perlu teliti serta mewaspadai apa yang dibeli.  Sehingga tanpa menunggu berita-berita seperti ini tindakan preventif bisa dilakukan. Pelajaran penting lainnya, apa pun bentuknya kalau itu mengandung sesuatu yang dilarang harus dihindari. Jadi, harus lebih waspada tuh.

Ada untungnya kejadian ini jadi booming banget di ranah sosial media. Kalau nggak, mungkin ‘blunder’ ini tidak akan disadari konsumen maupun pihak yang menjual. Mudah-mudahan kejadian seperti ini nggak terjadi di Indonesia. Teliti sebelum membeli dan mengonsumsi ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA