Jajaran Kereta Gantung Paling Spektakuler di Dunia

oleh Alfry
08:14 AM on Mar 21, 2015

Banyak cara yang bisa dilakukan traveler untuk menikmati pemandangan sebuah kota dari langit. Mulai dari ikut tur naik balon udara, helikopter, maupun paralayang. Namun ada satu cara lagi yang dijamin tak kalah seru yaitu dengan naik kereta gantung.

Naik kereta gantung merupakan salah satu cara menikmati keindahan kota dari angkasa. Ini menjadi salah satu atraksi wisata yang paling digemari para pelancong. Oleh karena itu banyak negara yang membangun fasilitas ini demi menggenjot minat turis untuk mengunjungi wilayahnya. Dari sekian banyak kereta gantung di dunia, berikut ini 10 diantaranya yang paling spektakuler.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Peak2peak Gondola

Kereta gantung ini berada di Whistler, Kanada. Peak2peak Gondola memiliki panjang lintasan mencapai 4,4 kilometer. Anda bisa membayangkan betapa serunya naik kereta gantung sejauh itu dengan pemandangan di bawahnya yang begitu menakjubkan.

Peak2peak Gondola via CNN
Peak2peak Gondola via CNN

Usut punya usut, ternyata Peak2peak Gondola adalah satu-satunya gondola di dunia yang menghubungkan dua puncak gunung. Tak hanya itu saja, kereta gantung yang dibuka tahun 2008 ini memegang rekor sebagai gondola dengan jalur terpanjang dan titik tertinggi di atas tanah. Gondola ini berada di ketinggian 436 meter.

2. Titlis Rotair

Seperti namanya kereta gantung ini berada di gunung Titlis yang ada di Swiss. Sensasi yang didapatkan para penumpang adalah selama lima menit mereka akan diajak naik ke puncak gunung menggunakan kereta gantung ini. Pasti mendebarkan sebab gunung ini memiliki ketinggian 3.020 di atas permukaan laut.

Titlis Rotair via CNN
Titlis Rotair via CNN

Keseruan tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Lokasi pendaratan kereta gantung ini berada di sebuah gletser terbesar di Eropa. Traveler juga bisa menjelajahi gua es yang ada di sana ditambah melintasi jembatan gantung tertinggi di Eropa khusus buat yang bernyali besar.

3. Mi Teleferico

Jika dua kereta gantung sebelumnya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, kereta gantung yang berikut ini memberikan suguhan berupa lanskap kota yang megah. Mi Teleferico merupakan sebuah gondola urban yang akan membawa penumpangnya dari La Paz ke El Alto, Bolivia.

Mi Teleferico via CNN
Mi Teleferico via CNN

Kereta gantung ini sekaligus memecahkan rekor sebagai gondola urban tertinggi dan terpanjang. Lintasannya saja menempuh jarak 11 kilometer. Kereta gantung yang baru dibuka tahun 2014 ini juga menjadi kereta gantung mewah dimana pembangunannya menghabiskan dana sebesar USD 234 juta.

4. Sugarloaf Mountain Gondola

Keberadaan kereta gantung yang berikut ini terbilang cukup lama dan tua, pasalnya kereta gantung ini telah beroperasi sejak tahun 1912. Selama masa operasionalnya tersebut kereta gantung ini telah mengangkut lebih dari 37 juta orang.

Sugarloaf Mountain Gondola via CNN
Sugarloaf Mountain Gondola via CNN

Sugarloaf Mountain Gondola, terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Gondola ini sangat populer hingga pernah berulang kali dijadikan latar film Hollywood diantaranya James Bond dan Jaws. Dalam sekali perjalanan, satu kabin gondola ini mampu membawa 65 penumpang.

5. Vanoise Express

Di Perancis ada satu kereta gantung yang spektakuler. Kereta gantung ini sekaligus sebagai penghubung dua resort ski paling populer di sana yaitu Les Arcs dan La Plangne. Tahun ini, Vanoise Express genap berusia 12 tahun setelah peluncuran pertamanya di tahun 2003.

Vanoise Express via CNN
Vanoise Express via CNN

Pada tahun 2014, resort ini mengadakan sebuah acara Sky Diner, sebuah acara yang mengundang para penumpang untuk menikmati makan malam bersama di atas kabin kereta gantung yang menggantung di ketinggian hampir 2 kilometer di atas tanah. Keren!

6. Palm Springs Aerial Tramway

Palm Springs Aerial Tramway merupakan kereta gantung yang paling menantang sebab ini adalah kereta gantung berputar terbesar di dunia. Meski pembangunannya sempat tertunda beberapa kali akibat Perang Dunia II dan Perang Korea, namun tahun 1960 konstruksinya benar-benar terealisasi.

Palm Springs Aerial Tramway via CNN
Palm Springs Aerial Tramway via CNN

Palm Springs Aerial Tramway menjadi satu dari tiga gondola berputar di dunia. Ini berada di California dengan rute menghubungkan Coachella Valley dengan puncak gunung San Jacinto. Pembuakaan perdana untuk umum dilakukan tahun 1963.

7. Ba Na Hills Cable Car

Vietnam juga memiliki sebuah kereta gantung yang spektakuler. Kereta itu bernama Ba Na Hills Cable Car yang memiliki panjang lebih dari lima kilometer. Segala penyusun dari kereta gantung ini di datangkan langsung dari Swedia, Swiss dan Jerman.

Ba Na Hills Cable Car via CNN
Ba Na Hills Cable Car via CNN

Setelah semua konstruksinya selesai, kereta gantung yang menghubungkan kaki gunung Ba Na dengan puncak gunung Vong Nguyet ini akhirnya dibuka untuk umum tahun 2013. Yang menarik dari kereta gantung milik Vietnam ini terletak pada stasiun keberangkatannya yang menorehkan rekor stasiun kereta gantung terbesar di dunia yang sekaligus berfungsi sebagai museum.

8. The Ngong Ping 360

The Ngong Ping 360 adalah kereta gantung yang menawarkan dua versi kabin. Pertama kabin standar dan satunya kabin berlantai kaca yang memungkinkan penumpangnya melihat pemandangan di bawah kereta gantung.

The Ngong Ping 360 via CNN
The Ngong Ping 360 via CNN

Berada di Hongkong, The Ngong Ping 360 digunakan sebagai penghubung Tung Chung dan Lantau Island yang berjarak kurang lebih lima kilometer. Pemandangan spektakuler seperti Tian Tian Buddha serta Po Lin Monastery dapat disaksikan penumpang yang berada di kabin ini.

9. Stanserhorn Cabrio

Stanserhorn Cabrio merupakan kereta gantung yang ada di Swiss. Berbeda dengan kereta gantung Titlis yang berada di negara yang sama, Stanserhorn Cabrio adalah kereta gantung pertama yang tidak memiliki atap.

Stanserhorn Cabrio via CNN
Stanserhorn Cabrio via CNN

Kereta gantung ini dibuka tahun 2012 dan untuk memperingati momen itu pihak Kantor Pos Swiss sampai merilis perangko bergambar Stanserhorn Cabrio. Kereta gantung ini menghubungkan esa Stans ke puncak Stanserhorn Mountain. Tiap kabinnya mampu mengangkut 60 penumpang.

10. Skyline Queenstown

Ini merupakan sebuah kereta gantung paling curam yang ada di belahan bumi bagian selatan. Terletak di Selandia Baru, Skyline Queenstown akan mengajak penumpang untuk naik ke atas kabin yang berada di ketinggian 450 meter untuk menuju Puncak Bob dari Queenstown.

Skyline Queenstown via CNN
Skyline Queenstown via CNN

Pembangunan kereta gantung ini memakan waktu setahun mulai dari 1966-1967. Namun sejak 4 tahun yang lalu kereta gantung ini tidak hanya berfungsi mengangkut traveler saja. Fungsinya bertambah sebagai alat angkut motor. Mereka para biker yang ingin menjelajahi Puncak Bob akan menitipkan motornya di kereta gantung ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content