Gila, Kereta Gantung di Swedia Ini Memiliki Rute Sejauh 96 Km!

oleh Alfry
10:00 AM on Aug 1, 2015

Salah satu cara menarik menikmati pemandangan alam adalah dengan naik kereta gantung. Maka beberapa tempat wisata biasanya memiliki sarana ini seperti Ancol dan TMII di Indonesia. Tapi kereta gantung yang satu ini akan membawa traveler berkeliling dengan puas, pasalnya total rute kereta gantung ini mencapai 96 kilometer. Wow!

Kereta gantung dengan rute sangat jauh ini hanya bisa Anda temui jika jalan-jalan ke Swedia. Jalurnya telah ada sejak tahun 1943 dan menghubungkan dua kota yakni Kota Kristineberg dan Kota Boliden. Awalnya kereta gantung ini digunakan untuk mengangkut hasil tambang berupa tembaga, timbal, seng, sulfur, serta perak dari lokasi tambang di Boliden menuju smelter yang ada di Kota Kristineberg.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Kereta gantung di Swedia ini menghubungkan antara Kota Oertraesk dengan Kota Menstresk [image source]
Kereta gantung di Swedia ini menghubungkan antara Kota Oertraesk dengan Kota Menstresk [image source]
Dari total 96 km, yang kini bisa digunakan untuk pariwisata hanya seper delapannya saja yakni 13 km. Rute ini mencakup Kota Oertraesk dengan Kota Menstresk di Provinsi Norsjoe, Swedia. Hal ini disebabkan oleh penutupan jalur yang dilakukan tahun 1987 setelah ditemukan alat angkut yang lebih modern untuk membawa hasil tambang.

Rute kereta gantung sepanjang 13 km yang tersisa kini dimanfaatkan untuk keperluan pariwisata. Ide ini ternyata cukup berhasil untuk menarik perhatian wisatwan agar datang dan berkunjung ke negerinya Viking ini. Mereka yang datang penasaran dan ingin mencoba bagaimana rasanya naik kereta gantung sejauh itu. Apalagi Swedia dikenal memiliki alam yang cantik.

Panjang lintasan kereta gantung ini 13 km [image source]
Panjang lintasan kereta gantung ini 13 km [image source]
Terang saja sepanjang jalur yang dilewati kereta gantung ini terdiri dari berbagai keindahan alam mulai dari hutan hingga danau dan sungai. Penumpang dapat dengan puas menyaksikan alam Swedia dari ketinggian, sebab kereta ini berjalan tidak terlalu cepat hanya rata-rata 11 kilometer per jam yang artinya setiap penumpang akan menghabiskan waktu selama 1 jam 45 menit di atas kereta gantung.

Buat Anda yang ingin mencobanya bisa datang ke pos pemberangkatan yang ada di Kota Oertraesk. Jangan lupa menyiapkan uang sebesar Rp. 500 ribu sebagai biayanya. Satu kereta gantung bisa terisi 4 orang penumpang. Then, enjoy your trip!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA