5 Kerajaan Dengan Total Kekayaan Paling Gila Sepanjang Sejarah

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 1, 2016

Dari semua kerajaan yang pernah ada di muka bumi, Mongol mungkin bisa dibilang menjadi yang paling kuat. Seperti yang kamu tahu, kerajaan satu ini hampir menguasai seluruh dunia. Asia ditaklukkannya, bahkan sebagian kecil Eropa juga. Tapi meskipun kuat nyatanya kerajaan milik Jenghis Khan itu bukanlah yang paling kaya. Soal kekayaan, Mongol ternyata tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan beberapa kerajaan lain.

Masih tentang kerajaan terkaya, siapa sangka jika rata-rata kerajaan dengan pamor mendunia memang tidak sekaya seperti yang kita bayangkan. Justru mereka yang pamornya tidak begitu wah ternyata punya harta yang menggunung.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Jika bukan Mongol atau kerajaan-kerajaan hebat lain, lalu siapa kerajaan yang paling kaya di dunia? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut ini.

1. Mughal di India Punya Harta yang Tak Terkira Banyaknya

Tak banyak yang tahu tentang kerajaan Mughal, padahal di Asia mereka punya nama besar. Salah satu buktinya adalah pengaruh mereka yang meluas sampai ke Asia Tenggara. Soal kekayaan, Mughal juga bisa dibilang yang paling kaya di dunia. Mereka punya harta yang tak karuan banyaknya.

Kerajaan Mughal [Image Source]
Kerajaan Mughal [Image Source]
Tidak diketahui secara pasti berapa banyak yang dimiliki, namun para sejarawan menduga Mughal setidaknya memiliki harta sebanyak $134 miliar. Jumlah ini hanya gambaran kasar saja. Mughal kemungkinan besar memiliki lebih dari itu.

2. Kerajaan Perancis, Salah Satu yang Paling Kaya di Eropa

Perancis sekarang mungkin hanya seuplik, tapi kalau berkaca di masa lalu negara satu ini benar-benar luar biasa. Ketika masih berbentuk kerajaan, Perancis sangat jumawa. Mereka menguasai setidaknya 5-10 persen bumi dengan membawahi banyak negara serta manusia.

Kerajaan Perancis [Image Source]
Kerajaan Perancis [Image Source]
Lantaran punya kekuasaan dan pengaruh yang sangat luas, hal ini pun berimbas pada harta yang mereka miliki. Di masa jayanya, kerajaan satu ini diperkirakan memiliki harta sebanyak kurang lebih $234 miliar. Sayangnya, kerajaan satu ini pada akhirnya bubar dan menjadi negara biasa yang lemah. Termasuk ketika mereka dengan gampangnya ditaklukkan oleh Nazi.

3. Dinasti Qing, Kerajaan Asia Paling Kaya

Dinasti Qing adalah kerajaan terakhir yang memerintah dataran Tiongkok. Mereka berakhir ketika Republik Tiongkok lahir. Meskipun jadi kerajaan yang paling akhir, tapi Dinasti Qing punya pengaruh yang luas, dan bisa dibilang inilah salah satu masa kejayaan kedinastian di Tiongkok.

Dinasti Qing [Image Source]
Dinasti Qing [Image Source]
Tak hanya dibuktikan dengan banyaknya kemajuan yang diciptakan tapi juga soal kekayaan. Ya, ketika Dinasti ini berjaya, setidaknya mereka memiliki sekitar $241 miliar. Sebuah jumlah yang bisa dikatakan menggila. Sama seperti dua kerajaan di atas, jumlah ini hanyalah gambaran kasar saja. Sejarawan percaya jika jumlah yang mereka miliki lebih dari itu.

4. Kerajaan Rusia Punya Kekayaan yang Tak Karuan

Rusia bisa dibilang merupakan salah satu kerajaan paling sukses di dunia. Mungkin mereka pernah mengalami kekalahan, tapi kerajaan ini selalu bisa tetap konsisten. Mereka juga bisa tahan dari gempuran kerajaan-kerajaan lain, termasuk Mongol.

Istana Tsar Rusia [Image Source]
Istana Tsar Rusia [Image Source]
Kerajaan Rusia bisa dibilang memiliki teritorial yang sangat luas. Makanya, dari sini bisa disimpulkan kalau mereka punya kekayaan yang sangat banyak. Diperkirakan kerajaan Rusia ini memiliki sekitar $257 miliar.

5. Kerajaan Inggris, Terkaya di Dunia

Inggris mungkin tidak seterkenal Mongol sang penakluk. Tapi, diam-diam kerajaan satu ini berhasil menundukkan banyak wilayah. Sekitar 23 persen bumi mereka pernah kuasa. Mulai dari beberapa wilayah di Afrika, India, sampai seluruh Australia dan Selandia Baru. Tak cuma punya kekuasaan yang sangat luas, kerajaan Inggris adalah salah satu yang paling awet dan konsisten di dunia.

Kerajaan Inggris [Image Source]
Kerajaan Inggris [Image Source]
Dengan semua luas wilayah dan pengaruh besar ini, sangat wajar kalau Inggris punya banyak harta. Dan memang demikian, kerajaan satu ini memiliki hampir sekitar satu triliun dollar lebih tepatnya $918 miliar. Tak terbayangkan seperti apa bentuknya harta sebanyak ini.

Inilah kerajaan paling kaya di dunia. Beberapa mungkin tidak terlalu terkenal pamornya tapi ternyata punya kekayaan yang luar biasa jumlahnya. Sayangnya kerajaan-kerajaan Indonesia tidak masuk dalam daftar ini padahal mungkin juga tak kalah kaya. Sebut saja Majapahit, kerajaan ini menguasai seluruh nusantara, harusnya mereka punya harta yang melimpah.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA