Kandis, Kerajaan Tertua Di Indonesia yang Keberadaannya Masih Menjadi Misteri

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 25, 2016

Selama ini kita selalu menganggap kalau kerajaan tertua di Nusantara adalah kerajaan Kutai di Kalimantan. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-4 itu ternyata bukanlah yang tertua. Di kawasan Sumatra masih ada satu kerajaan tertua bernama kerajaan Kandiri yang berisi pada awal tahun masehi atau abad ke-1.

Meski banyak orang meyakini kalau kerajaan Kandis yang tertua di dunia. Beberapa peneliti masih meragukan keberadaan kerajaan ini. Keraguan ini terjadi karena penelitian dan jejak sejarah dari kerajaan ini masih belum banyak dilakukan. Lantas seperti apa Kerajaan Kandis yang dipercaya sebagai kerajaan tertua itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Sejarah Kerajaan Kandis

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan sebenarnya kerajaan ini berdiri. Tapi banyak kalangan memperkirakan kerajaan ini berdiri pada abad ke-1 masehi. Kerajaan ini berdiri di kawasan Lubuk Candi atau lebih tepatnya di pinggiran Sungai Batang Kuantan. Kerajaan ini berdiri sendiri dan tidak didukung oleh kekuatan lain.

Sejarah kandis [image source]
Sejarah kandis [image source]
Penyebab kerajaan ini terus berdiri dan bertahan adalah suburnya tanah pertanian di sana. Penduduk bisa bercocok tanam dengan baik dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan kerajaan secara menyeluruh. Seiring dengan berjalannya waktu, kerajaan di sekitar Kandis mulai bermunculan dan menyerang wilayahnya. Dalam sejarah diceritakan kalau kerajaan ini akhirnya diserang oleh masyarakat Jambi. Meski kalah, kerajaan baru bernama Kuantan muncul menggantikan Kandis.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA