7 Kerajaan Besar yang Pernah Menguasai Dunia di Masa Lalu!

oleh Adi Nugroho
12:01 PM on Oct 9, 2015

Di masa lalu, kerajaan-kerajaan besar kerap melakukan perang atau menginvasi tanah jajahan baru. Hal ini dilakukan agar wilayah kerajaan bertambah banyak. Terutama wilayah-wilayah yang memiliki kekayaan alam dengan harga jual yang sangat tinggi. Namun, tak semua kekuasaan sebuah kerajaan bisa berlangsung lama. Karena beberapa sebab, kejayaan kerajaan ini akhirnya hancur dan wilayah kekuasaannya kembali ke pemilik asli.

Kali ini kita akan membahas mengenai kerajaan besar yang pernah menguasai dunia namun akhirnya runtuh. Kerajaan ini akhirnya habis atau bertransformasi menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Mari kita bahas satu persatu kerajaan besar ini!

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Kerajaan Inggris

Kerajaan Inggris pernah berjaya dan menguasai sekitar 33,7 juta kilometer persegi tanah di seluruh dunia. Tanah itu meliputi Rusia, India, Kanada, hingga beberapa negara Afrika seperti Afrika Selatan. Saat ini Inggris tak memiliki wilayah itu meski dalam beberapa hal pihak kerajaan masih diakui sebagai orang yang berkuasa di sana.

Kerajaan Inggris [image source]
Kerajaan Inggris [image source]
Saat Inggris menjajah, beragam hal telah disebarkan oleh para tentara. Mulai dari bahasa, kebudayaan, dan juga ilmu pengetahuan. Jika saja dahulu Indonesia di jajah Inggris, mungkin saat ini Bahasa Inggris adalah hal biasa kita ucapkan.

2. Kerajaan Mongol

Di masa lalu, Mongolia dikenal sebagai negara pengembara yang banyak menaklukkan banyak wilayah. Hampir semua wilayah Asia dan sebagian Eropa sukses dibabat habis oleh Genghis Khan. Ia dan pasukannya dikenal sangat pemberani dan memiliki strategi perang yang hebat.

Kerajaan Mongol [image source]
Kerajaan Mongol [image source]
Karena beberapa sebab, kerajaan ini akhirnya runtuh dan semua negara jajahannya lepas. Saat ini Mongolia hanya bersisa kecil di Asia Tengah dan kerap mau dicaplok China sebagai bagian dari wilayah kekuasaannya.

3. Kerajaan Rusia

Sekitar abad ke-18 hingga awal abad ke-20, Rusia pernah menjadi negara dengan kekuatan kerajaan super besar. Bahkan di kawasan Asia dan Eropa negara ini tak pernah ada yang mengalahkan. Hingga pada tahun 1971, Kerajaan Rusia akhirnya runtuh setelah terjadi Revolusi Rusia.

Wilayah Kerajaan Rusia [image source]
Wilayah Kerajaan Rusia [image source]
Sebelum runtuh dan menjadi sebuah negara, Rusia merupakan kerajaan dengan jumlah wilayah paling besar. Bahkan sekarang pun sisa kekuasaan itu masih ada. Ya, walau beberapa negara yang dulu dikuasai mulai pecah dan mencanangkan menjadi negara sendiri.

4. Kerajaan Spanyol

Kerajaan Spanyol di masa lalu juga termasuk kerajaan yang kerap melakukan misi pendudukan. Mereka menyerang daerah-daerah seperti di Amerika Selatan dan Tengah, serta beberapa negara di Asia. Bekas jajahan Spanyol biasanya memiliki budaya dan bahasa peninggalan yang sangat kental. Sebut saja Meksiko yang menggunakan Bahasa Spanyol menjadi bahasa nasional.

Kerajaan Spanyol [image source]
Kerajaan Spanyol [image source]
Saat ini Spanyol hanya secuil negara kecil di Eropa. Meski demikian, kekuatan dan kekuasaannya di masa lalu tak bisa kita lupakan begitu saja. Apa yang dilakukan oleh Spanyol hampir menyamai apa yang dilakukan oleh Kerajaan Inggris.

5. Dinasti Yuan dan Qing di China

Dinasti Yuan menghasilkan pemimpin hebat seperti Kublai Khan yang menguasai China sekitar abad ke-11 masehi. Ia merupakan keturunan dan penerus dari kerajaan Mongol dan kerajaan China. Kublai Khan dikenal sebagai pemimpin hebat yang mampu menguasai banyak wilayah yang menjadi cikal bakal China modern.

Dinasti Yuan dan Qing di China [image source]
Dinasti Yuan dan Qing di China [image source]
Selanjutnya beralih ke dinasti Qing. Dinasti ini dikenal sebagai akar budaya China modern. Semua budaya di China modern mengadaptasi budaya di dinasti ini. Dinasti ini juga dikenal sebagai dinasti terkuat yang mampu melawan banyak musuh dari kerajaan-kerajaan Eropa.

6. Kerajaan Roma

Kerajaan Roma adalah salah satu kerajaan yang paling berpengaruh di dunia. Kekuasaannya yang mencapai 1.500 cukup menyumbang banyak aspek. Mulai masalah bahasa, agama, arsitektur, hukum, hingga filsafat modern.

Kerajaan Roma [image source]
Kerajaan Roma [image source]
Kerajaan Roma pernah mengalami masa kejayaan hingga mampu menguasai banyak wilayah di Eropa. Kekuasaannya semakin lemah ketika banyak negara di kawasan Jazirah Arab dan juga Eropa menyerang balik dengan kekuatan yang lebih besar.

7. Kerajaan Turki Ottoman

Kerajaan Turki Ottoman adalah sebuah kerajaan paling kuat di daerah Eropa dan Asia sekitar tahun 1400-an. Mereka mampu merebut Konstatinopel yang kala itu masih milik kerajaan di Eropa. Kekuasaan Turki Ottoman meluas hingga nyaris semua negara di Asia dan Eropa. Namun sayang, kekuasaan itu harus runtuh pada tahun 1922.

Kerajaan Turki Ottoman [image source]
Kerajaan Turki Ottoman [image source]
Saat ini turki menjadi negara yang cukup maju dari segi budaya dan pendidikan. Ada percampuran Eropa dan Asia di sana. Jika saja Kerajaan Tukri Ottoman tak runtuh maka bisa jadi kebudayaan dan kekuatan Turki modern akan jauh lebih kuat.

Indonesia juga memiliki salah satu kerajaan besar seperti Sriwijaya, dan Majapahit yang juga mampu menguasai banyak wilayah di Asia. Namun sayang kejayaan kerajaan di masa lalu harus selesai, terlebih saat penjajah seperti Belanda datang dan membuat banyak perubahan.

Dari tujuh kerajaan besar di atas, mana yang menurut anda membawa banyak pengaruh di dunia secara menyeluruh? Dan kira-kira kerajaan mana yang anda mimpikan masih ada hingga sekarang?

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA