Ini Dia 5 Alasan Kenapa Naik Angkot Itu Keren

oleh Tetalogi
07:00 AM on Sep 18, 2015

Sekarang ini kita sudah tahu sendiri betapa padatnya jalan raya di Indonesia. Pasalnya sekarang ada lebih banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi baik berupa mobil atau sepeda motor. Banyaknya volume kendaraan bikin macet semacam suatu hal yang lumrah terjadi.

Kebanyakan orang memang lebih suka kendaraan pribadi dengan alasan lebih nyaman dan lebih cepat. Padahal, naik kendaraan umum atau angkot sebenarnya juga seru dan bahkan keren, lho. Ini dia alasanya:

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Nggak Capek Nyetir

Kamu pasti pernah mengalami capek setelah seharian kerja dan beraktivitas, bukan? Maunya sih pengen cepat-cepat pulang dan beristirahat. Eh, tapi kamu masih harus melakukan perjalanan pulang ke rumah terlebih dulu. Yang seperti ini terkadang bisa bikin sebel karena kamu nggak bisa langsung istirahat.

Capek nyetir itu juga bisa membahayakan [Image Source]
Capek nyetir itu juga bisa membahayakan [Image Source]
Kalau kamu naik angkutan umum kan lebih enak dan praktis. Kamu tinggal duduk diam sambil nunggu pak sopir mengantarmu sampai ke tujuan. Nggak perlu tambah capek gara-gara masih harus nyetir sampai rumah. Kan lumayan bisa sekalian istirahaat di perjalanan?

2. Belajar Sosialisasi, Siapa Tahu Dapat Gebetan

Dengan naik angkutan umum secara otomatis kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang. Mau tidak mau, pasti setidaknya akan tersenyum dan bersikap sopan pada orang lain. Kamu juga bisa belajar toleransi misalnya dengan memberikan tempat dudukmu kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Angkutan umum bisa jadi tempat latihan sosialisasi [Image Source]
Angkutan umum bisa jadi tempat latihan sosialisasi [Image Source]
Nah, kesempatan belajar bersosialisasi seperti ini bagus untuk pengembangan diri. Manusia adalah makhluk sosial, jadi kita harus berlatih berinteraksi dengan sebanyak mungkin tipe orang. Jangan hanya berinteraksi dengan tipe orang yang sama. Yah, siapa tahu juga kamu bisa dapet gebetan di angkutan umum. Eits, jangan mengira orang yang naik angkot itu cuma orang yang nggak punya kendaraan ya. Aktor sekelas Keanu Reeves sama Chow Yun Fat aja nggak malu lho naik angkutan umum!

3. Berpartisipasi Mengurangi Kemacetan dan Polusi

Dengan banyaknya kendaraan yang ada di jalanan sekarang ini, bisa kebayang kan seberapa banyak polusi yang mengotori udara? Hal ini juga berkontribusi dalam global warming yang melanda bumi kita. Belum lagi dengan masalah kemacetan yang ditimbulkan.

Kemacetan [Image Source]
Kemacetan [Image Source]
Nah, dengan memilih untuk naik angkot, kamu berarti sudah berpartisipasi untuk mengurangi kemacetan dan polusi. Satu orang naik angkot, maka berkuranglah polusi yang dihasilkan 1 mobil atau motor. Bayangkan jika 10 orang naik angkot, maka kita sudah mengurangi lebih banyak polusi serta lahan yang dipakai untuk kendaraan.

4. Membantu Mengurangi Berat Badan

Naik angkutan juga bermanfaat lho bagi kesehatanmu sendiri. Karena angkutan umum memiliki jalur khusus dan kadang tidak berhenti tepat di depan rumah atau di depan tempat tujuanmu, maka kamu harus berjalan sedikit untuk mencapai tempat tujuan. Otomatis, tubuh juga jadi lebih banyak bergerak.

Jalan kaki bikin sehat [Image Source]
Jalan kaki bikin sehat [Image Source]
Naik kendaraan pribadi kemana-mana terkadang membuat seseorang jadi jarang bergerak. Okelah bisa olahraga dengan ngegym. Tapi daripada uangnya dipakai untuk ngegym, kan lebih baik dipakai untuk kepentingan lain. Kamu cukup jalan kaki, tidak keluar uang, dan kamu justru jadi sehat.

5. Membantu Para Sopir Angkot Untuk Mendapatkan Penghasilan

Manfaat naik angkutan umum tidak hanya untuk kamu saja, tapi juga untuk orang lain. Salah satunya adalah sopir angkot itu sendiri. Dengan naik angkot, otomatis kita juga membagi rezeki dengan pak sopir sehingga mereka mendapatkan penghasilan.

Sopir Angkot [Image Source]
Sopir Angkot [Image Source]
Kalau semua orang naik kendaraan pribadi, kan kasihan para sopir angkot? Mereka kehilangan penumpang dan otomatis tidak memiliki penghasilan. Kalau mereka tidak bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaannya, mereka harus bekerja menjadi apa?

Nah, itu tadi banyak hal keren dan bermanfaat yang bisa didapatkan hanya dengan naik angkutan umum. Menurutmu, manfaat apa lagi sih yang bisa didapatkan dari naik angkutan umum?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA