Beberapa Kemudahan yang Justru Bikin Boros!

oleh Tetalogi
15:00 PM on Aug 14, 2015

Sebagai salah satu orang yang hidup di era modern, penulis sebenarnya sangat bersyukur. Gimana nggak, kita hidup di masa ketika teknologi sudah begitu maju dan bisa mempermudah kehidupan sehari-hari kita. Tapi tetap saja, dengan segala kemudahan yang ada kita tetap harus bisa memanfaatkannya dengan bijak kalau nggak mau bangkrut. Kok bisa?

Beberapa hal yang memberikan kemudahan saat tidak dipakai dengan bijak justru bisa membuatmu semakin boros hanya untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Kadang karena saking mudahnya, kita nggak sadar bahwa ada pengeluaran lain yang kita keluarkan untuk kemudahan tersebut. Apa saja sih kemudahan yang berpotensi bikin boros?

Baca Juga
5 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mengantongi Pinjaman Usaha Dari Bank
10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan Ini Sangat Layak Buat Kamu Coba

1. Belanja Secara Online

Nah, ini nih yang lagi trend banget saat ini. Cuma butuh paket data atau wifi, kita bisa milih-milih barang yang kita pengen. Penjual juga punya banyak cara untuk menjual barangnya, mulai dari memanfaatkan website pribadi, atau membuat akun-akun sosial media khusus untuk jualan. Cara belinya juga gampang, tinggal lihat di foto, hubungi pembeli, transfer uang, dan kirim alamat rumah maka barang yang kamu beli sudah diantarkan ke depan pintu rumahmu.

Belanja Online [Image Source]
Belanja Online [Image Source]
Nah, terkadang kemudahan yang seperti ini yang bisa bikin banyak orang terlena. Karena kita bahkan nggak perlu keluar rumah untuk belanja, lama-lama kita jadi ketergantungan dan hobi belanja online. Nggak perlu repot panas-panas berangkat ke toko atau jalan muter-muter mall buat nyari barang yang dibutuhkan. Karena mudahnya, kita jadi gampang lepas kontrol atas keuangan dan dengan mudah terus memesan barang secara online. Nah, setelah lepas kontrol dan ‘rajin’ belanja online, penjual juga jadi ‘rajin’ memberi diskon, bonus, atau bebas biaya pengiriman yang akibatnya bikin kita makin ketagihan.

2. Fasilitas Perbankan Online

Adanya fasilitas perbangkan secara online memang memudahkan setiap orang bertransaksi. Mau transfer juga nggak perlu repot ke atm dulu, bisa lewat komputer, atau bahkan smartphone. Tapi dengan kombinasi ketagihan belanja online seperti di poin pertama tadi, nggak akan bagus deh jadinya.

Online Banking [Image Source]
Online Banking [Image Source]
Belanja online dengan segala kemudahannya saja sudah bikin ketagihan. Apalagi dengan ditambah kemudahan bertransaksi. Tinggal pencet-pencet keyboard uang sudah bisa terkirim dan kamu benar-benar tidak perlu mengeluarkan energi apapun untuk belanja. Cuma perlu ke depan pintu ambil barang paketan yang sudah datang. Nah, kalau begini apa ya nggak bikin kamu makin boros?

3. Motor dan Mobil

Sejatinya motor dan mobil itu ada untuk memudahkan kita kalau mau melakukan perjalanan jauh agar lebih praktis dan lebih cepat. Hak setiap orang juga sih kalau mau sekedar pergi ke toko di blok sebelah dengan menggunakan motor. Tapi kalau ini jadi kebiasaan, kamu justru jadi boros bensin. Masak ke tempat yang bisa ditempuh dengan jalan kaki saja pakai naik motor?

Kalau tidak bijak, motor dan mobil juga bisa jadi sumber keborosan [Image Source]
Kalau tidak bijak, motor dan mobil juga bisa jadi sumber keborosan [Image Source]
Ingat, bensin sekarang harganya semakin naik, lho. Kalau cuma jalan ke blok sebelah atau kompleks sebelah kan bisa jalan kaki atau naik sepeda saja. Selain hemat bensin, lumayan juga kan buat bakar kalori?

4. Debit Card dan Kartu Kredit

Yang suka belanja langsung ke minimarket atau supermarket juga nggak lepas dari masalah ini. Sekarang ini sudah ada fasilitas debit card yang memudahkan kamu untuk belanja. Gak perlu lagi mampir ke atm atau bank untuk mengambil uang. Tinggal gesek saja kamu sudah bisa bawa pulang belanjaanmu. Nggak perlu bawa-bawa terlalu banyak uang, atau takut uangmu ludes kalau dompetmu ternyata hilang. Tinggal telpon bank agar kartumu di blokir, maka semua aman.

Kartu debit [Image Source]
Kartu debit [Image Source]
Nah, tapi belanja dengan cara seperti ini juga terkadang berpotensi bikin boros kalau kamu nggak bisa mengendalikan diri. Belanja dengan cara ini tidak terasa seperti benar-benar mengeluarkan uang, meski sebenarnya saldomu berkurang. Akhirnya yang tidak bisa mengontrol hasrat belanjanya jadi terus-terusan menggesek kartunya. Apalagi ada kesan prestise dengan belanja pakai kartu debit atau kartu kredit. Yang nggak bisa pinter-pinter mengatur keuangan bakal mengalami kantong kering bahkan sebelum sampai tanggal tua nih.

5. Delivery Order

Sektang pun kalau merasa lapar kamu juga sudah bisa dapat makanan langsung ke depan pintu rumahmu. Nggak perlu masak, tinggal telepon saja ke restoran atau rumah makan yang memberikan pelayananan delivery order dan kamu tinggal menunggu makanan yang kamu pesan datang ke rumah.

Delivery order [Image Source]
Delivery order [Image Source]
Tapi, terlalu sering pesan delivery order juga bisa keluar lebih banyak uang. Bagaimana tidak, harga makanan restoran kan juga tidak murah dan itu hanya untuk sekali makan. Coba deh kalau kamu masak sendiri, uang buat beli makan satu porsi makanan justru bisa digunakan untuk makan satu hari.

Bukan hal yang salah kok memanfaatkan segala kemudahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ingat untuk selalu mengontrol diri dan tidak menjadi ketergantungan dengan segala kemudahan tadi agar tidak boros, ya. Menurutmu, kemudahan apa lagi yang bisa membuat kita makin boros?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA