4 Fenomena Manusia Masa Kini, Dari Keluarga Sampai Pacar Khayalan

oleh Rizal
11:26 AM on Jun 10, 2015

Harus diakui kalau kesepian adalah musuh terberat seseorang, selain nggak adanya barisan uang bernominal besar di dompet. Manusia bagaimana pun diciptakan untuk saling berpasangan dan terkumpul dalam sebuah relationship circle. Meskipun terdengar sangat mustahil menemukan orang yang tidak memiliki teman atau keluarga, ternyata orang-orang malang ini memang eksis lho.

Fenomena-Serba-Khayalan

Baca Juga
Menengok Profesi Juru Masak Kapal Selam yang Pendapatannya Tiga Kali Lipat Gaji Direktur
Inilah 5 Bukti Kalau Rusia Ngebet Banget Agar Bisa Jadi Teman Indonesia

 

Sehingga untuk mengusir kebosanan lantaran nggak ada teman, mereka kerap melakukan hal-hal unik. Mulai dari menggunakan aplikasi pacar khayalan sampai bikin keluarga dari manekin, ini nih hal-hal yang dilakukan para penyendiri yang kesepian.

1. Aplikasi Teman Virtual

Berbahagialah kalau kamu dibekali dengan skill unik anti kesepian misalnya pandai bergaul sampai gampang sekali berbaur dengan orang lain. Pasalnya, nggak semua orang punya hal-hal seperti itu. Sehingga kemudian banyak orang yang nggak bisa mengatasi lingkungannya akhirnya memilih menyendiri atau melarikan diri dengan menggunakan aplikasi teman virtual.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Di Korea Selatan ada nih aplikasi buat para penyendiri yang butuh teman. Berbekal kemampuan system yang bisa menganalisa, user dari aplikasi berbentuk messaging ini sangat dipuaskan karena kemampuan software tersebut membalas respon. Sehingga meskipun hanya sebuah mesin, tapi berasa punya teman baik beneran. Meskipun begitu, dampak buruknya akan membuat para penggunanya terlalu nyaman sehingga benar-benar malas mencari teman sungguhan.

2. Pacar Khayalan

Mungkin karena sering banget gagal mendapatkan pasangan, akhirnya banyak para single yang putar otak. Yup, bikin pacar sendiri! Asiknya sih, bisa mendeskripsikan si pacar khayalan ini dengan berbagai hal. Mulai dari wajah cantik, rambut panjang bahkan hal-hal mendetail seperti sifat dan kesukaan.

Tahun lalu, salah seorang fotografer di China, Lin Xi, memposting fotonya berdiri sendirian di beberapa tempat umum. Posenya seolah-olah sedang bersama orang lain. Ternyata sosok orang lain itu muncul setelah fotonya jadi, yakni dengan digambar seperti karakter manga atau anime.

Ilustrasi pacar khayalan [Image Source]
Ilustrasi pacar khayalan [Image Source]
Tidak begitu jelas apakah ini untuk tujuan ekspresi seni atau curahan hati. Namun banyak yang terperangah dengan fenomena dan foto-foto Lin Xi. Mungkin hasil karyanya telah ‘menyuarakan’ isi hati banyak orang.

Sebenarnya, imaginary relationship syndrome udah bisa dikategorikan kepada kelainan psikis dan harus mendapatkan terapi yang intens. Trauma dan takut gagal menjadi indikasi kuat kenapa banyak jomblo yang melakukan hal ini. Meskipun kamu gagal pacaran dan harus jomblo, jangan sampai deh bikin pacar khayalan sendiri. Aneh aja ketika kamu hang out di kafe ngobrol dan senyum-senyum sendiri padahal hanya ada kamu di sana.

3. Aplikasi Pacar Virtual

Kalau aplikasi teman virtual ada, maka besar kemungkinan kalau aplikasi pacar khayalan juga eksis. Yup, app ini emang ada lho dan diciptakan untuk para jomblo yang pengen ngrasain nikmatnya punya pacar impian mereka. Aplikasi bernama Invisible Boyfriend/Girlfriend ini diciptakan oleh Matthew Homann dan Kyle Tabor.

Hanya perlu membayar biaya USD 24,99 per bulan kamu bisa mendapatkan pacar model apa pun. Mulai dari perawakan sampai sifatnya, tapi yang pasti cuma virtual aja. Namun yang dilakukan system-nya benar-benar bikin takjub. Selain bisa membalas pesanmu dengan pas dan manis, robot yang ada di dalamnya juga bisa mengirimkan voice mail dan note. Sehingga rasanya benar-benar memiliki pacar sungguhan.

Aplikasi pacar virtual [Image Source]
Aplikasi pacar virtual [Image Source]
Tapi, aplikasi ini cukup rawan nih dampaknya. Mungkin aja karena saking nyamannya, para penggunanya sudah benar-benar ogah cari pacar beneran. Gandeng smartphone pun berasa menggenggam tangan kekasih. Bahaya tuh!

4. Keluarga Manekin

Mungkin kamu membayangkan seseorang yang ditinggal oleh keluarganya dan saking kesepiannya hingga akhirnya menciptakan keluarga manekin. Well, kejadian ini emang ada, tapi kalau sebabnya karena kesepian justru salah total. Perkenalkan Suzanne Heintz yang memutuskan untuk membuat keluarga manekin justru karena keinginan sendiri.

Yup, Suzanne mengalami masalah yang dialami para wanita paruh baya lain yang masih single. Apalagi kalau bukan pressure untuk menikah yang datang dari banyak orang. Wanita ini sebenarnya mau untuk menjalin hubungan. Namun ia beranggapan kalau membentuk keluarga nggak semudah membeli barang di supermarket.

Keluarga manekin Suzanne [Image Source]
Keluarga manekin Suzanne [Image Source]
Sehingga untuk membalas semua perkataan orang-orang kepadanya, akhirnya ia memboyong dua buah manekin berwujud laki-laki tampan dan seorang gadis kecil yang manis, lalu Suzanne pun menciptakan keluarganya sendiri. Wanita manis ini nampak sangat bahagia, bahkan beberapa kali mulai berani menunjukkannya di depan umum.

Pernah terpikirkan untuk melakukan hal-hal nggak penting seperti menciptakan pacar khayalan atau menggunakan aplikasi teman virtual? Mencoba sih boleh, tapi awas kebablasan. Mending mulailah beranjak dari kursi dan temukan teman atau pasangan sungguhan, karena kebahagiannya akan beneran terasa di hati.

Be a better person dan taruhan deh kalau kamu pasti nggak bakal kesepian. Kamu juga nggak perlu berdoa hujan lagi pas malam minggu karena sudah pasti banyak calon potensial yang mendekatimu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA