in

5 Kelebihan Bahasa Jawa yang Tidak Dimiliki Bahasa Lain di Dunia

5. Bisa Dikemas Arabik Atau Aksara Jawa

Keunikan bahasa Jawa adalah ia bisa dikemas dengan tiga cara. Pertama adalah latin atau aksara biasa, kedua bisa ditulis pakai bahasa arab dan ketiga dengan menggunakan aksara Jawa atau yang dikenal dengan istilah Hanacaraka.

Bahasa Jawa bisa dikemas menjadi aksara Jawa seperti ini [Image Source]
Bahasa Jawa bisa dikemas menjadi aksara Jawa seperti ini [Image Source]
Tak banyak bahasa yang bisa dikemas multi aksara seperti ini. Hal ini jadi bukti jika bahasa Jawa bisa diakulturasikan ke banyak tulisan. Bukti-bukti jika bahasa Jawa bisa ditulis arab adalah kitab-kitab lama. Sedangkan tulisan aksara Jawa bisa dilihat di banyak literatur kuno.

Baca Juga : Mengenal 7 Senjata Tradisional Asli Indonesia dan Nasib Mereka Hari Ini

Jika diamati dengan seksama, memang sepertinya hanya bahasa Jawa yang punya deretan kelebihan ini sekaligus. Mulai dari kemudahannya, tak terkait waktu hingga memiliki struktur level berdasarkan kepada siapa bahasa ini diucapkan. Oleh karenanya, jaga warisan budaya satu ini jangan sampai hilang dan sirna. Banyak pelajar asing yang ingin mempelajari bahasa ini karena keindahannya, maka kita hendaknya juga melakukan hal yang sama dengan cara melestarikannya di kehidupan sehari-hari.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Foto Anak-anak Dari Seluruh Dunia Ini Sanggup Membuat Orang Dewasa Kembali Merenung

7 Fakta di Balik Kemampuan Mario Teguh yang Membuat Hidupmu Lebih Super