4 Kelakuan Terpuji Supporter Indonesia di SEA Games yang Bikin Bangga Bumi Pertiwi

Meskipun di negeri orang, supporter Indonesia masih punya sopan santun

oleh Arief Dian
16:00 PM on Aug 26, 2017

Perilaku seorang supporter bisa dibilang sebagai cerminan dari para tim yang didukung. Jika kebanyakan suporter belaku anarkis dan suka kekerasan, bisa ditebak bagaimana perilaku tim yang didukung. Oleh sebab itu, para supporter harus menjaga sikap dan berperilaku baik agar tim yang didukung pun mendapat respek yang baik pula.

Rupanya perilaku baik supporter itu, ditunjukkan oleh para pendukung Indonesia di Malaysia beberapa waktu yang lalu. Buktinya, tanpa segan, para fans Indonesia ini rela memunguti sampah meskipun bukan di negerinya. Hal ini pastinya bikin bangga Indonesia dan bakal dapat apresiasi dari luar. Ternyata bukan itu saja, inilah beberapa hal terpuji yang dilakukan supporter Indonesia di SEA games.

Baca Juga
Mulai dari Tsunami Hingga Kiamat, Inilah 4 Prediksi Mengerikan Tahun 2018 yang Sempat Bikin Heboh
Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’

Tetap bersikap terpuji meskipun bukan di kandang sendiri

Memang biasanya orang Indonesia di luar negeri selalu identik dengan tidak menjaga kebersihan. Namun sepertinya stigma tersebut akhirnya dipatahkan pada ajang SEA Games di Kuala lumpur beberapa waktu yang lalu. Ya, para pendukung para atlet Indonesia ini rupanya menunjukkan citra sejati sebagai orang Indonesia yang selalu peduli pada kebersihan.

Bersih-bersih sampah [image source]
Meskipun mereka berada di Malaysia, namun ketika beranjak dari stadion yang ada di sana, para supporter Indonesia ini masih sempat membersihkan sampah yang ada di areal tribune dan stadion. Ini adalah bukti bagaimana bertanggung jawabnya dan kepedulian pada kebersihan yang dimiliki orang Indonesia. Bisa dibilang kalau ini adalah wajah asli para penduduk kita.

Tetap tabah meskipun diperlakukan tidak adil

Beberapa waktu yang lalu terjadi kejadian yang sangat disayangkan terhadap supporter Indonesia di Malaysia sana. Bagaimana tidak, mereka yang rela mendukung timnas jauh-jauh, rupanya mengalami ketidakadilan saat bertandang ke negeri Jiran. Kejadian itu terjadi saat para fans dari Indonesia datang ke stadion di Selangor untuk menonton timnas berlaga.

Supporter Indonesia [image source]
Namun saat berada di sana, keadaan menjadi ricuh dan berdesak-desakan, padahal semua suporter yang ada ternyata sudah memiliki tiketnya sendiri. Alhasil jadi sedikit kericuhan namun tidak berakibat fatal. Namun yang patut disayangkan adalah, pihak polisi Malaysia sempat menyemprotkan bubuk merica pada supporter Indonesia. Hal itu seharusnya tidak dilakukan mengingat kalau keadaan sudah kembali stabil. Namun demikian, para fans dari timnas ini tetap tabah, karena tujuan mereka datang ke sana adalah untuk melihat timnas berlaga.

Rela berkorban demi Indonesia

Sangat berbeda dengan Malaysia, supporter Indonesia bisa dibilang tidak musim-musiman. Ya, yang dimaksud musim-musiman di sini adalah para penggemar yang hanya akan muncul saat pertandingan besar saja. Buktinya bahkan dalam laga persahabatan pun para pendukung timnas akan datang meskipun berada di luar negeri. Hal ini sangat berbeda dengan di Malaysia yang penggemarnya hanya datang saat laga besar atau pertandingan di kandang.

Rela berkorban [image source]
Selain itu ternyata pengorbanan para fans Indonesia memang patut dibanggakan, buktinya, saat timnas berlaga pada SEA games, para TKI di Malaysia ini rupanya rela libur kerja demi mendukungnya. Pengorbanan fans Indonesia memang patut diacungi jempol.

Sikap bersahabat fans Indonesia pada supporter lainnya

Bisa dibilang kalau fans Indonesia ini sangat bersahabat saat bertemu dengan penggemar lainnya. Alhasil para pendukung dari Indonesia pun mendapatkan respek dari  para fans dari negara lain. Buktinya pada ajang SEA games kemarin, rupanya banyak pendukung Malaysia yang respek dengan kehadiran para fans timnas yang antusias. Selain itu, dalam beberapa ajang yang lalu Indonesia juga mendapatkan respek lain dari beberapa negara, semisal Thailand.

Respek dari yang lain [image source]
Ya, lantaran saling hadir saat pertandingan timnas kedua negara, satu sama lain saling meneriakkan yel-yel bersama. Indonesia menyebut Thailand, begitu pula sebaliknya.  Hal ini mungkin akan terjadi lagi jika Indonesia berhasil menang dengan Malaysia dan akhirnya menghadapi Thailand kembali di cabang sepak bola SEA Games.

Inilah wajah sejati dari Indonesia, dan akhirnya kita membuktikannya. Saat berada di manapun berada, tetap bersikap seperti ini, terus menjaga nama baik bumi pertiwi. Jangan sampai mencorengnya dengan hal-hal yang tidak terpuji.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA