5 Kelakuan Nyeleneh dan Ngeselin Orang Indonesia Saat Berada di Angkutan Umum

Dalam angkot masih kosong, tapi lebih memilih gelantungan di pintu, ada? Pasti kamu juga pernah

oleh Arief Dian
15:00 PM on May 27, 2017

Kendaraan umum sampai saat ini masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Selain karena harganya yang sangat terjangkau, aksesnya juga menyebar di mana-mana. Dari pada capek atau ribet dengan kendaraan pribadi, kebanyakan orang lebih memilih naik bus atau angkot saja. Pokoknya serba praktis dah.

Angkutan umum memang luar biasa, tapi kalau diperhatikan, ternyata ada banyak kelakuan ngeselin para penggunanya yang bikin nggak nyaman ketika menggunakan moda transportasi massal ini. Kadang beberapa orang suka seenaknya, padahal sudah tahu kalau transportasi umum itu bukan buat dirinya sendiri melainkan orang lain juga. Lalu, seperti apa kelakukan ngeselin bin njengkelin saat ada di kendaraan umum tersebut? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Si ketiak basah

Terutama saat naik angkutan umum bus atau kereta, hal ini paling sering kita temui. Lantaran tidak kebagian tempat duduk, alhasil kita harus berdiri. Hakikatnya, agar aman dari goncangan, kita mesti berpegang pada pegangangan yang telah disediakan. Di sini mungkin fine-fine saja, masalahnya adalah saat ada orang yang juga ikut berdiri di sebelah kita. Karena salah satu tangannya berpegang pada pegangan, pasti otomatis bagian ketiak akan terbuka. Syukur deh kalau orang sebelah kita pakai deodoran, masalahnya seringnya mereka tidak memakai pewangi, alhasil kita deh yang mesti kuat lahir batin buat mencium bau badan mereka.

Teror ketiak [image source]
Saat tangan mereka diangkat, telihatlah bagian baju ketiak yang basah dan diimbuhi dengan aroma yang luar biasa. Asli semenit saja dengan orang seperti ini, rasanya sudah pingin muntah. Ingin rasanya loncat saja dari kaca dan pergi dari siksa neraka dunia itu. Tapi yang namanya kendaraan untuk umum, apalah daya kita.

Emak-emak selalu menang

Kalau lawan yang satu ini mending ngalah saja sudah. Berurusan dengan emak-emak, kita semua pasti sudah tahu endingnya. Tidak di jalan raya, tidak di rumah dan tidak pula di angkutan umum, memang mereka rajanya. Saat bertemu emak-emak, naik angkot misal, pasti barang bawaannya tidak terkira. Belum lagi kalau sudah masuk, tempat orang bakal di-claim sebagai tempat meletakkan barang mereka.

Emak emak adalah raja

Apalagi kalau di angkot para ibu-ibu ini sering banget merintah, “kamu pindah sini, kamu pindah situ” adalah hal yang wajar kita dengar. Anehnya, kita bisa nurut saja perkataan mereka. Hal yang terburuk adalah kalau ada dua sosok emak-emak, dalam satu angkot, bersiaplah mendengar gosip berjama’ah.

Asal nemplok sana sini

Pasti kamu sering kan misal di bus atau di kereta ada orang yang tiba-tiba bersandar di bahumu. Mending banget kalau cantik seperti Raisa, nah kalau bapak-bapak, kan jadinya geli sendiri. Kalau sudah dalam keadaan seperti itu semua jadi serba salah.

Asal nemplok [image source]
Mau dibangunkan malah nggak enak, mau dibiarkan kita yang sumpek sendiri. Apalagi kalau ditambah mereka ternyata ngorok, waduh malah semakin nggak tenang dibuatnya. Namun biasanya sih endingnya kita juga yang ngalah. Coba yang bersandar cewek cantik begitu, pasti bikin betah.

Si mesum curi kesempatan

Kalau diperhatikan, ada juga orang yang curi-curi kesempatan dalam kesempitan. Dan ya, tipe seperti ini memang paling perlu diwaspadai. Mungkin karena otaknya sudah terlalu banyak kecanduan video dewasa, jadinya asal ada tempat longgar langsung cari celah buat pegang-pegang.

Si mesum [image source]
Modus mereka, awalnya badan bersenggolan akibat goncangan di kendaraan, lama kelamaan dengan sengaja bagian tubuh tertentu sengaja terus menerus digesekkan. Kalau sudah seperti itu, mending langsung peringatkan orang yang bersangkutan, namun ternyata dia masih tambeng, ya teriak saja biar didengar oleh massa.

I believe i can fly

Dari semua kelakuan masyarakat di angkot, paling unik tentu yang satu ini. Pelakunya biasanya adalah para bocah yang baru pulang sekolah. Lantaran enggan merasakan penuh sesak di dalam angkot, para bocah ini lebih memilih gelantungan di pintu angkot.

Gelantungan [image source]
Bahaya tentu saja, tapi kesannya itu memang tidak bisa digantikan. Sensasi dari angin yang menerpa badan itu rasanya seperti terbang menggunakan sayap sendiri. Tapi, terlepas dari semenyenangkan hal ini, namun tetap saja bergelantungan di angkot adalah hal yang sangat mempertaruhkan nyawaa.

Ya, memang seperti itu beberapa hal nyeleneh yang dapat kita temukan saat naik kendaraan umum. Terutama nomor lima yang nampaknya masih sering ditemui dan selalu bikin ketar-ketir. Tentang kelakuan aneh di angkot ini, jelas harus berhenti dilakukan. Namun, untuk mendukung itu pemerintah juga harus siapkan moda transportasi yang aman dan nyaman pula.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA