5 Kelakuan Anak Kos Saat Kehabisan Duit yang Bikin Jengkel

oleh Febri
12:00 PM on Nov 14, 2015

Hidup jadi anak kos itu memang ada suka dukanya. Jauh dari keluarga membuat para penghuni kos harus bisa mandiri dan juga pintar-pintar ngatur keuangan. Namun sepintar- pintarnya ngatur, jika udah datang yang namanya ‘godaan’, hampir semua anak kos pernah ngalamin kehabisan uang.

Niat awal sih emang mau ngirit, tapi tanpa diduga ada aja godaan seperti biaya tugas kuliah, jalan-jalan sama teman-teman atau bahkan tergiur makanan lezat di restoran mahal yang
seketika membuat kantong bolong. Nah, karena tidak mungkin lagi meminta pada orang tua, beberapa anak kos nekat melakukan upaya-upaya bertahan hidup seperti berikut ini.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Celana Dalam Side A, Side B

Gak bisa nyuci baju karena kehabisan duit memang cukup bikin pusing bagi anak kos. Dengan niat ingin ngirit, apapun akan dilakukan. Termasuk soal memakai celana dalam,  sebagian anak kos memiliki kebiasaan menggunakan celana dalam dengan metode
‘side a, side b’.

Celana Dalam Side A, Side B
Celana Dalam Side A, Side B [image source]
Maksudnya, setelah seharian digunakan, celana dalam dibalik kemudian digunakan kembali. Sehingga posisi bagian yang sebelumnya di dalam, jadi berada di sisi luar. Padahal dari kacamata kesehatan, hal ini dirasa kurang aman. Karena kuman bisa saja berpindah dari side a ke side b.

2. Makan di Warung Tanpa Bayar

Soal urusan makan terkadang ada juga kelakuan anak kos yang tergolong menjengkelkan. Alasannya sih masih sama yaitu gara- gara kehabisan uang sebagian anak kos akan melakukan apa saja agar bisa kenyang. Salah satunya adalah dengan makan di warung.

Makan di Warung Tanpa Bayar
Makan di Warung Tanpa Bayar [image source]
Datang ke warung dengan muka sok berduit kemudian makan ini itu sepusanya. Tapi giliran pas udah bayar, tinggal keluarin aja mantera ampuh “Buk Saya Nggak Punya Uang Nih Buat Bayar, Gimana  Dong?”. Tak ayal hal itu membuat si pemilik warung jengkel dan marah-marah. Tapi ada juga anak kos yang beruntung makan di warung yang pemiliknya baik hati dan mengikhlaskan makanan yang baru saja masuk perut mereka.

3. Ngutang Teman

Jika tidak punya nyali mengadu nasib mencari makanan gratis ke warung nasi. Paling-paling alternatif yang dipilih adalah dengan ngutang ke teman. Cara ini adalah cara yang paling
praktis bagi anak kos untuk mendapatkan uang tambahan.

 Ngutang Teman
Ngutang Teman [image source]
Tak hanya duit, tapi barang-barang lain terkadang juga dijadikan sebagai objek ajang pinjam meminjam di antara para penghuni kos. Mulai dari pakaian, sepatu, bahkan juga
kendaraan. Dan yang bikin jengkel itu saat barang yang dipinjam kemudian nggak kembali ke asalnya.

4. Numpang Makan di Kamar Sebelah

Yang gak mau ngutang ada cara lain lagi, tapi butuh mental yang cukup kuat. Yaitu numpang makan di kamar kos sebelah. Ada satu moto yang terkenal di kalangan para penghuni kos saat bertamu atau mengunjungi kamar kos teman. Yaitu ‘Kalau lapar makan,
gengsi nggak bikin kenyang’.

 Numpang Makan di Kamar Sebelah
Numpang Makan di Kamar Sebelah [image source]
Maksudnya, makan apapun yang ada di kamar temen kos lain yang penting kenyang. Jika hal itu masih belum cukup, terkadang ada juga anak kos yang sampai hidup nomaden. Sekarang tinggal di kosnya si ini, besok di kosnya si itu dan yang terpenting mereka bisa kenyang tanpa mengeluarkan uang.

5. Macarin Anak ibu Kos

Kegalauan akan semakin bertamabah jika tiba waktunya membayar uang sewa kos. Makan aja susah, gimana mau bayar kos. Apalagi jika sampai nunggak berbulan-bulan. Ada saja cara unik yang dilakukan para anak kos demi mengatasi masalah tersebut.

 Macarin Anak ibu Kos
Macarin Anak ibu Kos [image source]
Selain ibu kos yang dibaik-baikkin, ternyata anak-anaknya juga dijadikan target agar mendapatkan keringanan soal membayar sewa kos. Tak sedikit juga anak kos yang berusaha mendekati anak ibu kos, syukur-syukur bisa jadi pacar dan akhirnya dengan keajaiban cinta, anak kos tersebut dapat bisa bebas tinggal di kos-kosan dengan gratis.

Itulah lima hal yang dilakukan anak kos saat kehabisan uang saku. Meskipun alasannya karena nggak punya duit, Melakukan hal-hal yang merugikan orang lain adalah hal yang tidak baik dan harus di hindari. Bagaimana menurut Anda, apakah Anda juga termasuk anak kos yang melakukan beberapa hal di atas? Silahkan tuliskan pengalaman Anda di bawah ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA