in

5 Kekuatan Super yang Bisa Dimiliki Manusia Biasa

2. Echolocation

Echolocation adalah kemampuan milik beberapa hewan yang menggunakan bio sonar (sonar yang dihasilkan secara biologis dalam tubuh mereka) untuk penentuan lokasi, tempat, objek di sekeliling mereka. Lumba-lumba dan kelelawar adalah contoh hewan yang menggunakan bio sonar.

Cara kerja bio sonar sendiri adalah hewan-hewan ini menembakkan frekuensi suara kepada sebuah obyek. Kemudian frekwensi suara itu akan dipantulkan kembali ke mereka oleh obyek itu. Dari pantulan itu hewan ini dapat memperkirakan jarak, bentuk, dan keberadaan obyek itu.

Manusia pun sebenarnya bisa melakukannya. Pada banyak kasus, biasanya terjadi pada orang buta, mereka menggunakan gelombang suara untuk menentukan obyek, bentuk, dan lain-lain. Biasanya mereka menimbulkan bunyi sendiri berupa hentakan gigi, atau hentakan kaki untuk mengirimkan gelombang. Dengan mendengarkan gelombang itu mereka bisa beraktivitas seperti orang biasa! Orang-orang ini menjadi lumayan terkenal, contohnya seperti Daniel Kish dan Ben Underwood.

Sebenarnya tidak hanya orang buta saja yang bisa memiliki kemampuan ini. Orang normal pun bisa. Bahkan sebenarnya kita melakukannya sehari-hari dalam bentuk yang paling sederhana. Hanya saja mereka harus melakukan latihan bertahun-tahun setiap hari di dalam kegelapan baru bisa memiliki kemampuan ini.

Kesimpulan: Siapapun bisa jadi Daredevil asal mau latihan.

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Ketika Romantisme Pasangan Tidak Pudar Meski Telah 40 Tahun

7 Alasan Merantau Itu Adalah Hal Menyenangkan