Mengintip Hebatnya Kekuatan Militer Pakistan yang Sering Dianggap Sebelah Mata

oleh Rizal
11:59 AM on Nov 15, 2016

Berbicara soal negara dengan militer hebat, nama Pakistan bisa dikatakan tidak punya pamor. Dibandingkan dengan India, Israel, atau Iran, Pakistan cenderung tidak diunggulkan. Padahal nih, negara tetangga India ini sebenarnya sangat luar biasa. Mereka sesungguhnya sangat mematikan dan bahkan lebih unggul dari kita, Indonesia.

Pakistan mungkin tidak punya pamor, tapi di atas kertas, negara ini greget banget soal militer. Tak hanya tentang jumlah tentara termasuk yang level elit, negara tetangga India ini juga punya alutsista yang tak main-main. Bahkan, mereka juga punya senjata-senjata pemusnah massal yang mungkin bisa membuat separuh dunia ini rusak olehnya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Istilah jangan nilai buku dari covernya memang adalah hal yang sangat tepat. Seperti Pakistan ini, sering dianggap biasa-biasa saja, tapi sebenarnya mematikan. Lalu, seperti apa kekuatan negara satu ini? Simak ulasannya berikut.

Pakistan Punya Jumlah Tentara yang Begitu Banyak

Seperti yang kita tahu, Pakistan adalah salah satu negara dengan populasi manusia terbanyak. Tidak sebanyak India dan Tiongkok memang, tapi jumlahnya cukup melimpah, yakni hampir 200 juta orang. Nah, jumlah penduduk yang membludak ini akhirnya pun ikut berpengaruh kepada total tentara yang mereka miliki. Saat ini Pakistan memiliki kurang lebih 620 ribu tentara.

Kekuatan Tentara Pakistan [Image Source]
Kekuatan Tentara Pakistan [Image Source]
Jumlah ini lumayan besar lho jika dibandingkan dengan beberapa negara lainnya, misalnya Indonesia. Ya, negara kita jumlah penduduknya 255 juta orang namun hanya memiliki 400 ribuan tentara. Masih soal pasukan, Pakistan juga memiliki beberapa pasukan elit yang sangar. Salah satunya adalah SSG yang sudah punya pamor mendunia.

Kekuatan Alutsista Darat yang Mencengangkan

Pakistan sama sekali bukan negara kaya. Namun demikian, hal tersebut seolah tak menghalangi negara ini untuk memiliki alutsista yang mumpuni dengan jumlah mencengangkan. Misalnya di bagian darat, mereka punya banyak koleksi kendaraan tempur yang bikin negara lain ciut nyali.

Tank-tank mematikan Pakistan [Image Source]
Tank-tank mematikan Pakistan [Image Source]
Misalnya adalah jumlah tank. Coba tebak berapa banyak negara ini memilikinya? 2.924 buah! Jumlah itu sangat banyak untuk sebuah negara seluas 800 ribu kilometer. Tak hanya tank, mereka juga punya banyak kendaraan tempur dan juga mobil rudal yang masing-masing berjumlah 2.828 dan 134 buah.

Kekuatan Udara Pakistan juga Bikin Merinding

Dari ranah darat kita beralih ke udara. Di bidang ini, Pakistan juga lumayan greget dengan memiliki cukup banyak alutsista tempur udara. Misalnya jet perang mereka yang berjumlah 304 buah serta pesawat penyerang yang jumlahnya mendekati 400 buah.

Kekuatan udara Pakistan [Image Source]
Kekuatan udara Pakistan [Image Source]
Tak hanya itu saja, mereka juga punya koleksi helikopter tempur dengan jumlah yang lumayan, yakni 52 buah. Jumlah ini sendiri mengalahkan Inggris, Jerman, dan Prancis. Benar-benar tak bisa diremehkan!

Kekuatan Laut Pakistan Cukup Mumpuni

Soal kekuatan laut, Pakistan juga sama sekali tak dianggap seram apalagi mematikan. Pamor mereka benar-benar dilumat telak oleh India. Tapi, meskipun seperti itu, lagi-lagi adalah hal yang sangat salah jika kita memandang sebelah mata negara ini. Faktanya, kekuatan laut Pakistan itu cukup jadi momok.

Kekuatan laut Pakistan [Image Source]
Kekuatan laut Pakistan [Image Source]
Berbicara soal total kekuatan, di dunia ini Pakistan juara 11. Unggul cukup jauh dari Italia, Korea Selatan, bahkan Jepang. Namun, kalau dibandingkan dengan Indonesia, Pakistan kalah peringkat meskipun selisihnya hanya satu poin saja.

Jangan Lupa, Pakistan Itu Punya Nuklir

Dengan kekuatan militer yang sudah sangat mumpuni itu, Pakistan ternyata masih didukung satu lagi sokongan besar. Ya, hal tersebut adalah nuklir-nuklir yang mereka miliki. Selama ini Pakistan memang sangat aktif dalam mengembangkan energi luar biasa ini. Bahkan sering pula menguji coba senjata nuklir yang mereka miliki.

Nuklir Pakistan [Image Source]
Nuklir Pakistan [Image Source]
Hari ini mungkin nuklir Pakistan bukan yang paling hebat, tapi para ahli memprediksi kalau dalam beberapa tahun ke depan Pakistan akan mampu melesat menjadi yang paling mematikan di dunia. Diperkirakan di tahun 2025 nanti, negara ini bisa masuk tiga besar negara dengan nuklir paling ganas dan menakutkan.

Seperti inilah kekuatan Pakistan, negara yang sering dianggap sebelah mata oleh dunia padahal hebat luar biasa. Kalau berbicara soal peringkat secara keseluruhan, siapa yang menyangka jika negara tetangga Afghanistan ini berada di posisi 13 dunia. Unggul cukup jauh dari negara-negara yang dikenal horor macam Korea Utara atau bahkan Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA